Kenalan Dengan Wachyu Ichwandardi, Animator Re-Make Star Wars Asal Indonesia

Selasa, 12 September 2017 14:26 Penulis: Tyssa Madelina
Kenalan Dengan Wachyu Ichwandardi, Animator Re-Make Star Wars Asal Indonesia
Sumber: Brillio

Kapanlagi Plus - Penggemar Star Wars di Indonesia mungkin akan semakin histeris ketika mengetahui bahwa salah satu anak bangsa berhasil membuat trailer versi jadul STAR WARS: THE LAST JEDI. Apalagi film ini akan rilis di akhir tahun nanti.

Berawal dari rasa penasaran mengenai bagaimana sebuah trailer film modern apabila dibuat di komputer jadul, animator asal Surabaya ini memutuskan untuk mengumpulkan gadget elektronik lamanya, yang salah satunya adalah Apple IIc tahun 1984, dengan dibantu sebuah program bitmap untuk memberdayakan karyanya.

Trailer Star Wars di komputer jadulTrailer Star Wars di komputer jadul

Bukan perkara yang mudah bagi Wahyu untuk mengerjakan trailer tersebut. Pria yang saat ini menetap di Amerika tersebut menyimpan karya animasi hasil kerja tiga pekan ke dalam disket. Padahal saat ini, disket termasuk barang langka yang susah didapat. Total, pria yang juga akrab disapa Pinot ini menghabiskan 48 disket, untuk satu disketnya memiliki kapasitas 140 kb. "Wah kalau disket satu terabyte ibaratnya kayak nyimpen disket satu lemari es." ujarnya seperti dilansir berbagai media.

Kendala lainnya ia temukan dalam keterbatasan teknologi komputer yang ia gunakan. Seperti yang telah dilansir dari situs Makemac, salah satu contohnya adalah aplikasi Dazzle Draw yang belum mengenal sistem layering pada gambar, sehingga Wahyu harus bekerja secara manual untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan di beberapa adegan, ayah dari tiga anak ini mencetak gambar yang membutuhkan detail tinggi dari video Star Wars: The Last Jedi lewat komputer Macbook Pro ke plastik transparan dan menjadikannya sebagai pola dasar untuk "melukis" di Dazzle Draw.

STAR WARS THE LAST JEDI akan tayang 15 Desember mendatang. Film kedelapan dalam saga STAR WARS masih dibintangi oleh Daisy Ridler, Jon Boyega, dan Adam Driver. Seperti apa hasil akhir karya Wachyu dalam menggarap trailernya ini? Tonton selengkapny di bawah. 

(kpl/TMD)



PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI