Kenali Kanker Darah Lebih Jauh, Penyakit Yang Diidap Ani Yudhoyono

Kamis, 14 Februari 2019 08:22 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Kenali Kanker Darah Lebih Jauh, Penyakit Yang Diidap Ani Yudhoyono
Ilustrasi Kanker Darah credit: merdeka.com dan liputan 6.com


Kapanlagi Plus - Kanker darah barangkali bukan penyakit yang terdengar asing bagi KLovers. Namun yang cukup mengejutkan, penyakit ini ternyata diidap oleh Ani Yudhoyono, istri dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal itu diketahui kemarin (13/2) saat SBY melakukan konferensi pers di Singapura.

Penyakit ini kerap diidentikkan dengan leukemia, padahal leukemia bukan satu-satunya jenis kanker darah. Ada banyak gejala serta fakta-fakta soal kanker darah yang perlu kamu tahu. Apa aja sih?

 

 

1. Pengertian Kanker Darah

Nggak seperti penyakit pada umumnya, kanker darah nggak punya ciri-ciri yang jelas kecuali jika penyakit ini sudah mencapai taraf yang cukup parah. Dilansir dari liputan6.com, kanker darah adalah kanker yang terjadi pada sel-sel yang membentuk darah dalam sumsum tulang serta sistem limfa.

Selain itu, masih dilansir dari liputan6.com, kanker darah juga mempengaruhi sel darah putih. Sel darah putih adalah sel darah yang berfungsi untuk melawan infeksi. Dengan begitu kanker darah bikin sel darah putih jadi tumbuh abnormal, misalnya jadi terproduksi secara berlebihan dan nggak sempurna sehingga nggak bisa berfungsi dengan baik.

2. Gejala Kanker Darah

Dilansir dari liputan6.com, kanker darah punyai sejumlah gejala, antara lain:
1. Demam atau menggigil

2. Rasa lelah atau lemah yang berkepanjangan

3. Infeksi yang berulang

4. Menurunnya berat badan

5. Pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan hati atau empedu

6. Mudah berdarah atau memar

7. Mimisan berulang

8. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang tidak dapat hilang

9. Keringat berlebihan, terutama pada malam hari

10. Nyeri pada tulang

3. Fakta-Fakta Soal Kanker Darah

Dilansir dari merdeka.com, selain gejala dan penjelasan seputar kanker darah, ada beberapa fakta yang perlu KLovers tahu, di antaranya:

1. Leukimia bukan satu-satunya kanker darah. Ada 2 jenis kanker darah lainnya yakni Lymphoma dan Myeloma. Lymphoma merupakan kanker yang menjangkit sistem limfa, sementara Myeloma menyerang sel plasma darah.

2. Usia ternyata jadi perhatian khusus dalam riset seputar kanker darah. Orang-orang berusia di bawah 45 tahun jarang terkena Myeloma, sementara orang yang berusia di atas 67 tahun beresiko tinggi menderita kanker ini.

3. Masih soal usia, anak berusia di bawah 15 tahun ternyata sepertiga kasus kematiannya disebabkan oleh Leukemia.

4. Jenis kelamin juga jadi perhatian. Pria memiliki resiko 31 persen lebih tinggi terkena Leukemia. Nggak cuma itu, pria juga beresiku lebih besar akibat penyakit ini.

5. Leukimia adalah jenis kanker ke-10 yang paling banyak diidap manusia dari seluruh ras dan etnis.

6. Di Amerika Serikat, lebih dari satu juta orang hidup dengan Leukemia, Lymphoma, atau Myeloma.

7. Di Amerika Serikat juga setiap 4 menit sekali 1 orang terdiagnosis mengidap kanker darah serta setiap 10 menit sekali 1 orang meninggal karena kanker darah.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI