Kenang Stephen Hawking, Dari Astronot Hingga Seleb Ungkap Penghormatan Terakhir

Rabu, 14 Maret 2018 16:34 Penulis: Editor KapanLagi.com
Kenang Stephen Hawking, Dari Astronot Hingga Seleb Ungkap Penghormatan Terakhir
cdni.rt.com

Kapanlagi Plus - Meninggalnya Stephen Hawking memberi duka yang mendalam bagi dunia. Fisikawan satu ini nggak cuma dikenal dengan teori-teori, serta pemikirannya yang kolosal, tapi semangat hidupnya juga mendunia. Bagaimana tidak, 50 tahun lebih Stephen berjuang hidup melawan penyakit Amyotropical Lateral Sceloris (ALS).

Kehilangan Stephen Hawking tidak hanya dirasakan oleh keluarga atau para ilmuwan saja, namun juga dirasa oleh berbagai kalangan. Rasa-rasanya dunia banyak berhutang pada Hawking.

Dikutip dari The Guardian, ada banyak orang yang mengungkap penghormatan terakhirnya di sosial media. diantaranya Sir Tim Berners-Lee. Sir Tim Berners-Lee, pendiri world wide web ini adalah salah satu yang pertama menanggapi berita kematian Hawking. Ia mengatakan di Twitter "Kami telah kehilangan pikiran yang kolosal dan semangat yang indah".

CEO Microsoft ini menunjukkan kesannya terhadap Hawking di media sosial.CEO Microsoft ini menunjukkan kesannya terhadap Hawking di media sosial.

Selain itu, National Aeronautics and Space Administration (NASA) juga ungkap kesannya terhadapa Hawking di Twitter dengan mengatakan "teorinya membuka sekumpulan kemungkinan yang kita & dunia jelajahi."

dari kalangan ilmuwan duka cita juga bermunculan. Astrofisikawan Harvard, Jonathan McDowell, mengingat tekad Hawking untuk beri ceramah meskipun sulit bicara. Dr. Brad Tucker, seorang peneliti di Observatorium Mount Stromlo di Universitas Nasional Australia punya kesan tersendiri tentang Hawking. "Pemimpin dalam kosmologi dan astrofisika, tapi juga mendorong kita semua - to challenge ourselves and the unknown."

Neil deGrasse Tyson menuliskan duka citanya di twitter.Neil deGrasse Tyson menuliskan duka citanya di twitter.

Ada juga Sean Carroll, seorang profesor fisika di universitas AS Caltech yang mengatakan: "Stephen Hawking adalah ilmuwan terkenal langka yang pantas mendapatkan semua ketenarannya. Seorang fisikawan yang brilian dan orang yang inspirasional. Dan cukup karakter. "

Tak hanya ilmuwan, para pejabat publik juga merasa kehilangan. Perdana Menteri India, Narendra Modi menulis duka citanya di twitter resminya, "Profesor Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan dan akademisi yang luar biasa. Keteguhan dan kegigihannya mengilhami orang-orang di seluruh dunia”. Sementara Nicola Sturgeon, menteri pertama Skotlandia, juga turut ungkap dukanya dengan bilang bahwa Stephen telah mengubah cara orang melihat dunia.

Ada juga duka yang diungkap Astronot AS, Chris Hadfield. Ia menyesalkan kematian Hawking dengan mengatakan "Genius is so fine and rare. Selamat tinggal Profesor Hawking. Anda mengilhami kita semua." Rekannya, astronot Scott Kelly mengatakan bahwa kematian Hawking adalah 'kerugian bagi semua umat manusia'.

Ungkapan duka juga datang dari dunia hiburan. Errol Morris yang membuat film A BRIEF HISTORY OF TIME mengungkap duka. A BRIEF HISTORY OF TIME adalah Film yang didasarkan pada konsep yang dibahas dalam buku Hawking. Morris menulis bahwa Hawking adalah "manusia yang benar-benar hebat".

Errol Morris yang membuat film A BRIEF HISTORY OF TIME mengungkap duka.Errol Morris yang membuat film A BRIEF HISTORY OF TIME mengungkap duka.

Ada juga Foo Fighters yang mengatakan bahwa Hawking adalah ‘legenda sialan', sementara aktor Macaulay Culkin memberi penghormatan dengan menyebut Hawking sebagai ‘seorang jenius dan karakter Simpsons favorit saya'. sementara Penyanyi Katy Perry mencatat bahwa Hawking meninggal pada Hari Pi, perayaan tahunan untuk pi konstan matematika. Ia menulis "ada lubang hitam besar di hati saya." Steven Tyler dari band Aerosmith menulis di Twitter "Anda mengubah dunia”.

Disadur oleh Tantri D. Rahmawati dari The Guardian

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI