Kisah Menarik sampai Mengharukan di PEMILU 2019, Ada yang Meninggal Saat Bertugas

Kamis, 18 April 2019 16:33 Penulis: Mahardi Eka Putra
Kisah Menarik sampai Mengharukan di PEMILU 2019, Ada yang Meninggal Saat Bertugas
AFP/ Timur Matahari

Kapanlagi Plus - Pemilihan Umum 2019 telah selesai dilakukan. Sebagian besar warga negara Indonesia turut berpartisipasi memberikan suara mereka untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di kursi pemerintahan, termasuk Presiden dan Wakil Presiden. Partisipasi mereka pun ditunjukkan lewat mengunggah foto jari ungu di media sosial, tak terkecuali para selebriti.

Hajatan lima tahun sekali ini juga meninggalkan banyak kisah menarik untuk diikuti. Mulai dari kisah unik sampai duka yang mengharukan. Yuk, simak rangkuman kami dari penelusuran Merdeka.com dan Liputan6 ini.

1. Banjir? Ya Tetap Nyoblos di TPS Dong

Warga Bandung yang pemukimannya terendam banjir tak surut semangatnya untuk memberikan suara mereka. Dari pantauan Merdeka, sejumlah warga menggunakan perahu karet saat menuju TPS, Rabu (17/4). Warga memilih untuk berjalan kaki di genangan air, memakai perahu karet bersama-sama dengan warga yang lain atau menunggangi ban karet. Semua dilakukan untuk bisa memberikan suara. 

©AFP/Timur Matahari©AFP/Timur Matahari

2. Pasien Gangguan Jiwa Tetap Punya Hak Pilih

Pasien Gangguan Jiwa RSJ Radjiman Wediodiningrat, Malang juga turut merayakan Pemilu 2019 lho. Salah satu ruang dalam RS tersebut, gunakan sebagai TPS keliling. Mulanya RS mengajukan 460 pasien, tetapi yang terverifikasi memiliki hak di Kabupaten Malang hanya 31 pasien. Karena sebagian pasien sudah pulang, hingga hari pemilihan hanya 16 pasien yang menyalurkan hak pilihnya. Mereka mencoblos dengan pengarahan dan pengawasan dari petugas PPK dan RSJ

3. Ada Giveaway dari Pak Menteri

Menteri Pariwisata Arief Yahya menggelar kuis berhadiah atau giveaway bertajuk Coblosan Dulu Baru Piknik dan mengundang kaum milenial untuk berpartisipasi. Dia mengajak kaum milenial untuk menunjukkan jari mereka yang telah tercelup tinta sebagai bukti telah menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

"Tunjukkan tinta ungu di jemari kalian dengan background putih kalian di screen kamera, capture, lalu di posting di Media Sosial. Jangan lupa hastagnya #NyoblosItuKeren dan #IniJarikuManaJarimu," kata Arief dikutip Antara, Rabu (17/4).

Arief mengaku telah menyiapkan hadiah khusus berupa kaos Wonderful Indonesia untuk pemenang dengan postingan paling menarik, yang akan diumumkan pada 23 April 2019.

4. Pemilu Bikin Berkah

Muhammad Fahrur Safi'i berkreasi membuat sebuah karya yang luar biasa dari penggunaan kembali limbah kampanye seperti diunggahnya ke laman Instagram miliknya @tejyet. Diwawancari melalui pesan elektronik, Harits Alfadri Dewanto merupakan seorang seniman juga founder dari produk jasa custom lukis apparel Funky Scars atau dalam media sosial Instagram @funkyscars.

Fadri yang merupakan mantan mahasiswa DKV ini juga merasakan keresahan ketika melihat bendera-bendera berlogo partai-partai terpampang dan melukai pohon-pohon pinggir jalan raya, menutupi lampu jalan, menutupi jalur pejalan kaki dan lain sebagainya. Masa kampanye pun berakhir dan bendera-bendera tersebut pun tidak lagi terpakai. Daripada menjadi limbah tak berguna, Fadri pun menyulap bendera-bendara parpol menjadi sesuatu yang berguna. Ya, ia mengubah bendera prapol menjadi jaket super stylish.

5. TPS yang Super Seru

Tempat pemungutan suara Pilpres 2019 di Indonesia yang hadir dengan beragam ornamen rupanya kembali mencuri perhatian. Kali ini TPS unik di Tanah Air di antara yang memiliki penampakan mirip pelaminan sebuah pesta pernikahan. Lengkap dengan bunga-bunga dekorasi yang jadi latar kotak suara tempat pemilih pemilu 2019 menyalurkan hasrat politiknya.

Yang tak kalah unik dan jadi sorotan sejumlah media asing pada Rabu (17/4/2019), adalah kehadiran sejumlah tokoh film horor dari Indonesia dan sejumlah negara. Mulai dari pocong, vampir hingga valak. Media Asia The Straits Times memuatnya dengan artikel bertajuk "Indonesia votes: 'Ghosts and vampires' draw voters to ballot box". Kehadiran para tokoh dari serial film horor itu menyambut para pemilih di TPS bilangan Jakarta Selatan.

Keunikan satu ini sampai-sampai bikin media mancanegara kagum. Kapanlagi coba ada vampir, zombie, dan superhero menyambutmu ketika mau mencoblos.

6. Dua Polisi Gugur Demi Menjaga Suara Rakyat Tersalurkan di Pemilu 2019

Petugas gabungan antara KPU, Bawaslu, TNI hingga POlri bahu membahu bekerja keras untuk menyukseskan Pilpres 2019 agar berjalan lancar dan damai. Namun, Polri harus rela kehilangan dua anggota terbaiknya demi menjaga suara rakyat tersalurkan dalam pemilu tahun ini.

"Almarhum Brigadir Prima Leion Nurman Zasono meninggal kecelakaan sepeda motor ketika hendak berangkat menuju tempat pengamanan Pemilu 2019 sesuai dengan tempat yang ditugaskan di daerah Bondowoso, Jawa Timur. Mohon doanya agar almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran," seperti dikutip Instagram Divisi Humas Polri, Rabu (17/4).

Sementara itu, Aiptu M. Saepudin meninggal karena kelelahan saat mendistribusikan kotak suara.

7. Ketua KPPS Meninggal Dunia Saat Jalani Tugas

Ketua KPPS 017, Tamansari, Jakarta Barat berinisial AS ditemukan tak bernyawa menjelang pemungutan suara Pemilu 2019. Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Metro Tamansari, AKBP Ruli Indra Wijayanto.

"Sebelumnya kalau menurut keterangan sudah punya sakit, mungkin kondisinya kecapean, mungkin kondisinya punya sakit juga, beberapa kali sudah disarankan temen-temannya ya mungkin sakitnya ya meninggal," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (17/4).

Katanya, AS memghembuskan napas terakhirnya saat menjalani tugas. Di mana ia pamit kepada temannya untuk tidur sejenak di dalam ruangan salah satu kantor yang dekat dengan TPS tempat ia bertugas. 

Nah, apakah KLovers punya kisah-kisah lain seputar Pemilu 2019. Share dengan kami ya. 

 

(kpl/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI