Kisah Venjii Hernando, Pebisnis yang Punya Ribuan Outlet Kuliner dan Gaet Para Artis Jadi Brand Ambassador

Selasa, 31 Agustus 2021 16:01
Kisah Venjii Hernando, Pebisnis yang Punya Ribuan Outlet Kuliner dan Gaet Para Artis Jadi Brand Ambassador
Venjii Hernando / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Venjii Hernando adalah salah satu pebisnis di bidang kuliner yang begitu sukses. Pria kelahiran 29 Oktober 1984 itu diketahui memiliki sederet brand kuliner berbeda dan juga ribuan otlet yang tersebar di seuruh Indonesia.

Saking suksesnya, Venjii sendiri sampai berani menggaet sederet artis untuk jadi brand ambassador-nya, seperti Dwi Andhika (Tentang Kopi), Tora Sudiro (Foodpedia) dan Gilang Dirga (Pasta Kangen). Kepada awak media, Venjii pun menceritakan awal perjalanan bisnisnya.

"Awalnya saya itu kerja di perusahaan orang dulu selama 9 tahun, terakhir jabatan saya itu sebagai direktur marketing. Lalu pada akhir Oktober 2015 kemarin kita dirikan perusahaan. Jadi usia perusahaan kita ini baru 5 tahun," ungkap pemilik nama asli Hernando Yudha Setiawan itu saat dihubungi, Senin (30/8/2021).

"Di kuliner ini unik, karena ketika es teh manis yang modalnya katakanlah Rp 720 kita jual Rp 3000, orang bilang es teh manisnya murah. Padahal keuntungannya jauh berkali lipat, jadi karena peluang itu pilih bisnis kuliner karena untungnya berkali lipat dari pada yang lain," sambungnya.

 

1. Kisah Perjalanan Bisnis

Venjii membuka bisnis pertama bernama Pasta Kangen di 2015. Awalnya, menu khas Italia ini dijual di booth. Seiring berjalannya waktu, usahanya pun mulai berkembang pesat.

"Betul (dari booth) Pasta Kangen itu kan brand ya, awalnya memang booth atau gerobakan. Setelah kita berjalan enam bulan ada permintaan dari klien dan mitra kita untuk bikin di restoran atau ruko. Akhirnya karena banyak permintaan itu kami beranikan diri jual di restoran, ruko atau kedai," paparnya.

Masih di tahun yang sama, bisnisnya berkembang pesat. Sulung dari dua bersaudara ini membuka enam bisnis kuliner lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Foodpedia, Foodbank, Tentang Kopi, Kopi dari Hati, Barberpedia dan Gorengan Bahagia.

"Di perjalanan sekarang itu kesuksesan Kopi dari Hati. Karena 6 bulan sudah ada 600 outlet. Itu kembali lagi sih kepercayaan dan produk kita unggul dari yang lain. Mungkin itulah penyebabnya ya," tuturnya.

 

2. Bertahan di Tengah Pandemi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Venjii memiliki ribuat outlet kuliner. Dan uniknya, meski digempur pandemi Covid-19, Ia ternyata mampu memutar bisnisnya dengan baik.

"Sekitar 1800-an lah (total outlet) tapi karena adanya Covid-19 cukup banyak yang berguguran. Tapi buat aku pencapaian ini sangat membaggakan," tuntas Venjii.

 

(kpl/pur/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI