Kontingen Atlet Asian Para Games 2018 Ingin Lewati Target Medali dari Presiden Jokowi

Kamis, 27 September 2018 18:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Kontingen Atlet Asian Para Games 2018 Ingin Lewati Target Medali dari Presiden Jokowi
Asian Para Games 2018 © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Kesuksesan kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 sepertinya ingin diulangi lagi dalam Asian Para Games 2018. Presiden Jokowi sendiri memberikan target untuk membawa pulang 19 medali emas dari ajang ini.

Wakil Deputi 1 Games Operation Inapgoc, Richard Sam Bera berharap atlet Indonesia di para atlet dapat melampaui target medali yang ditetapkan presiden. Richard optimis dengan kemampuan para atlet Merah Putih di Asian Para Games 2018 ini.

Mengingat Asian Para Games akan dibuka pada tanggal 6 Oktober nanti, sejumlah persiapan dari para atlet pun semakin dikebut. Bahkan Presiden Jokowi pun ikut meninjau latihan atlet di komplek Gelora Bung Karno pada Kamis (27/9/2018) pagi.

1. Berharap Masuk 10 Besar

"Kita berharap dalam Asian Para Games 2018 ini Indonesia masuk target 8 besar. Tapi, kepeleset juga gak apa-apa, asal 4 besar. Kepelesetnya jangan ke bawah, tapi ke atas," ujar Presiden Jokowi.

Richard sendiri mengatakan jika kontingen tanah air memang ditargetkan berada di posisi 10 besar pada akhir acara. Jika bisa tembus 4 besar malah lebih baik lagi.

"Target kita di Asian Para Games 2018, yakni 7 besar dengan 16-19 medali emas. Saya harap ini meleset, tapi melesetnya ke atas. Pak Jokowi juga tadi bilang maunya lima besar," tutupnya.

2. Dimulai Tanggal 6 Oktober

Selepas Asian Games 2018, Indonesia masih belum bisa berleha-leha. Kali ini, tanah air diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018.

Ajang ini akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2018. Karena ini adalah event yang bertaraf internasional, 42 negara akan ikut ambil bagian dalam event ini, mereka akan berjuang memperebutkan medali dari 18 cabang olahraga.

Sekitar 2.800 atlet, 1.200 official serta 500 media dari seluruh benua Asia diperkirakan akan tumplek blek di Indonesia. Untuk tahun ini, atlet tanah air diberikan target untuk meraih 19 medali emas.

3. Target 19 Emas!

"Target 19 emas tentunya peringkat tujuh. Namun, harapannya kita terinspirasi untuk mengikuti jejak para atlet Indonesia dalam Asian Games 2018 atau minimal 5 besar," ujar Sekretaris Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc), Bayu Rahardian, pada hari Rabu (5/9).
Inapgoc sendiri telah melaksanakan prosesi pengambilan api untuk obor Asian Para Games 2018. Api obor ini diambil di sumber Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Tak berbeda dengan Asian Games, obor tersebut nantinya juga akan diarak melalui beberapa kota. Dimulai dari Solo, obor tersebut akan dibawa ke Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan berakhir di Jakarta.

Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

(kpl/lip/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI