Presented by A-Mild

Kreasi Kerajinan dari Kayu Bekas untuk Bikin Furnitur Berkelas

Sabtu, 05 November 2022 08:00 Penulis: Iwan Tantomi
Kreasi Kerajinan dari Kayu Bekas untuk Bikin Furnitur Berkelas
Credit: AWAKE

Kapanlagi Plus - Kayu bekas packaging acap berakhir sebagai sampah jika tak dimanfaatkan. Hal ini pun jarang terpikirkan di benak banyak orang, hingga membuat kayu bekas biasanya maksimal dijadikan kayu bakar saat ada momen barbekyu di rumah bersama orang terdekat. Bisa juga kayu bekas packaging ini dijual lagi, kendati harganya tak seberapa. Paling sering diletakkan saja di luar rumah, biar diambil orang lain yang membutuhkannya.

Padahal, selain dibuang atau dibiarkan begitu saja di gudang misalnya, benda tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dari kayu bekas. Andai bisa berpikir sejenak saja, kayu bekas itu pun sebenarnya masih bisa disulap menjadi bermacam-macam karya menarik. Terlebih inspirasinya juga banyak ditemukan di internet. Termasuk diantaranya bisa disulap menjadi beberapa furnitur berkelas di rumah.

Tak terbayangkan, bukan? Benar di balik fungsinya sebagai pengaman barang pesanan, kayu bekas packaging sebenarnya tak terlalu buruk kualitasnya. Malah kayu tersebut cukup kokoh untuk dijadikan beragam perabotan. Sebut saja kreasi kursi cafe kayu bekas, meja unik dari kayu bekas, rak piring dari kayu bekas, meja kompor dari kayu bekas, beberapa perabotan tersebut hanyalah contoh kecil dari pemanfaatan kayu bekas sebagai furnitur yang lebih berguna dan bahkan bisa menjadi lebih berkelas, apabila didesain dengan sangat bagus.

Hal ini pula yang membuat beberapa cafe atau kafe modern sekarang ini tak ragu untuk menggunakan perabotannya dari kayu bekas. Sebab, jika ditata dengan bagus dan didesain dengan sangat baik, maka akan melahirkan keunikan tersendiri. Bukan saja tampak lebih berbeda, tetapi juga estetik dipandang mata. Berkaca dari hal tersebut, janganlah lagu ragu untuk mulai membuat beragam perabotan dari kayu bekas packaging di rumah. Berikut beberapa inspirasi menariknya!

Jenis Kayu yang Sering Digunakan untuk Kerajinan

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Sebelum mulai membuat kerajinan dari kayu bekas, ada baiknya untuk mulai memahami jenis kayu apa saja yang cocok dan sering digunakan buat kerajinan di rumah terlebih dulu. Beberapa jenis kayu bekas yang dapat dimanfaatkan berserta alasannya, antara lain:

1. Kayu Jati

Pertama ada kayu jati, yang secara kualitas banyak dipilih sebagai bahan baku utama dalam membuat beragam perabotan atau furnitur. Kayu jati memiliki beberapa keunggulan, seperti awet dan tahan lama, dan daya retaknya sangat rendah. Di samping itu, tekstur seratnya lurus dan kasar, sehingga cocok dijadikan mebel.

2. Kayu Pinus

Selanjutnya ada kayu pinus. Jenis kayu satu ini acap kali dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah, khususnya lemari, meja serta tempat tidur. Di samping harganya lebih terjangkau, kayu pinus juga punya bobot lebih ringan. Kayu pinus banyak pula dimanfaatkan untuk membuat kerajinan yang estetik, sekaligus cocok dijadikan bahan baku untuk membuat aneka perabotan minimalis.

3. Kayu Trembesi

Jika bicara jenis kayu yang paling mudah dijumpai penggunaannya, maka kayu trembesi menjadi salah satunya. Kayu trembesi memilki warna yang menarik, yaitu warna putih di pinggirannya dan bagian tengahnya berwarna cokelat. Seringnya, kayu trembesi ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat meja, tetapi juga cukup kokoh dijadikan beragam furnitur lainnya.

4. Kayu Mahoni

Selain itu, ada kayu mahoni yang juga banyak dijadikan bahan baku pembuatan beragam kerajinan untuk perabotan atau furnitur rumah hingga tempat makan. Secara harga, kayu mahoni lebih terjangkau dari kayu jati. Akan tetapi pemanfaatannya juga sangat beragam. Tingkat ketahanan dan awetnya yang dirasa pas, membuat kayu mahoni banyak dijadikan sebagai bahan baku untuk beragam kerajinan, baik itu perabotan rumah, alat musik hingga sebagai komponen untuk membuat beberapa jenis peralatan olahraga.

5. Kayu Akasia

Di antara jenis kayu yang ada, kayu akasia termasuk jenis kayu yang memiliki serat paling padat dan kuat, sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat beragam perabotan. Hanya saja, hal tersebut akhirnya membuat bobot kayu akasia ini menjadi lebih berat dibandingkan jenis kayu lainnya. Tekstur seratnya yang menarik, bikin kayu akasia biasanya dipilih oleh para pembuat kerajinan seni dari kayu.

Apakah Kayu Bekas Packaging Cocok Digunakan untuk Kerajinan?

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Pertanyaan selanjutnya, apakah kayu bekas packaging cocok digunakan untuk kerajinan? Sebagian besar kayu yang digunakan untuk packing barang biasanya adalah kayu randu dan kayu mahoni. Kedua jenis kayu tersebut harganya relatif terjangkau, sehingga banyak dipilih untuk proses pengemasan barang-barang sebelum dikirimkan ke berbagai tujuan oleh penjual.

Namun, secara kualitas, kayu randu tidak tahan lama, sehingga kurang cocok dijadikan beragam kerajinan seperti furnitur rumah. Sebaliknya, apabila kayu bekas packaging tadi ternyata merupakan kayu mahoni, maka masih bisa dimanfaatkan. Ini karena kayu mahoni lumayan awet dan tahan lama, di samping juga mudah dikreasikan menjadi beragam kerajinan dari kayu bekas.

Macam-Macam Kerajinan dari Kayu Bekas yang Berkelas

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Ada banyak karya dari kayu bekas yang bisa coba dibuat oleh siapa saja di rumah. Inspirasinya pun bisa digali dengan mudah di internet. Bahkan, tak sedikit yang unik dan menarik, hingga jika diperhatikan sekilas hampir tak bisa dikenali jika kerajinan tersebut ternyata dibuat dari kayu bekas. Lebih lanjut, berikut ini macam-macam kerajinan dari kayu bekas yang bisa dijadikan sumber inspirasi buat berkarya:

1. Rak Mini Samping Tempat Tidur

Kehadiran rak mini atau meja kecil di samping tempat tidur memang amat membantu. Selain itu menempatkan lampu tidur, juga untuk meletakkan beberapa barang yang biasa dimanfaatkan sebagai peneman waktu tidur. Dari buku-buku bacaan, ponsel, kacamata, sampai pengharum ruangan. Rak mini di samping tempat tidur ini pun biasa dikreasikan sendiri dari kayu bekas packaging. Inspirasinya pun banyak dijumpai di internet.

2. Tempat Duduk Bergaya Vintage

Tanpa harus dibongkar dulu, kayu bekas packaging juga bisa disulap menjadi tempat duduk bergaya vintage. Pastikan kayunya kokok, lalu bagian atasnya kasih bantal yang juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan baju-baju bekas. Biar bisa ditempatkan di berbagai ruangan di rumah, bagian bawahnya juga bisa dikasih roda khusus untuk kaki kursi. Jika perlu cat ulang sesuai warna kesukaan, niscaya hasilnya akan tampak begitu estetik.

3. Rak Buku yang Estetik

Punya hobi membaca memang menyenangkan, karena bisa memperbarui wawasan setiap saat. Akan tetapi jumlah buku yang banyak di rumah, kadang cukup memakan tempat. Supaya tetap rapi, manfaatkan kayu bekas packaging ini sebagai rak buku yang estetik. Bisa dibikin bertumpuk, bisa pula digantung di dinding. Sesuaikan dengan warna dindingnya, agar lebih nyaman dilihat.

4. Loker di Bagian Luar Rumah

Semisal kayu bekas packaging ini cukup banyak di rumah, bisa pula disulap menjadi loker yang tak hanya untuk interior rumah, melainkan juga bisa ditempatkan di bagian luar rumah. Misalnya saja, di samping rumah ada kebun kecil, maka bisa memanfaatkan kayu bekas untuk dijadikan tempat menyimpan bibit tanaman, pupuk dan keperluan bercocok tanam lainnya. Biar lebih menarik, jangan lupa dicat. Hal ini pun akan membuat barang-barang di luar rumah turut tertata dengan baik pula, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk beli rak atau lemari.

5. Meja untuk Ruang Tamu

Jangan salah, jika dirangkai sedemikian rupa lalu dicat dengan sangat bagus, kayu bekas packaging juga dapat disulap menjadi meja untuk ruang tamu. Tak hanya unik, kreasi satu ini juga akan menyita perhatian para tamu yang datang. Sebab, tak ada yang menyangkan, jika barang bekas tersebut bisa disulap menjadi perabot rumah yang hemat biaya, ramah lingkungan serta terlihat estetik untuk menghias ruangan.

6. Meja Kerja yang Nyaman

Ide lainnya yang juga tak jarang disangka-sangka adalah menyulap kayu bekas packaging menjadi meja kerja yang nyaman. Hal ini dilakukan dengan cara menumpuk beberapa kayu bekas packaging, hingga membentuk meja kerja yang nyaman dipakai. Tentunya, kayu bekas yang dipilih harus kuat, mengingat meja kerja biasanya dipenuhi benda yang cukup berat, seperti komputer, monitor, kibor dan sebagainya.

7. Rak Tempat Sepatu

Jika di rumah sepatu acap berserakan karena belum tersedia cukup tempat yang muat, maka jangan buru-buru rak sepatu baru dulu. Sebaliknya, manfaatkan saja kayu bekas packaging yang ada di gudang, untuk menjadi rak sepatu yang minim biaya tapi tetap punya nilai guna. Tinggal tentukan posisinya, kira-kira mau ditempatkan di sebelah mana rak sepatu tersebut. Usahakan tak makan tempat, tetapi tetap tak menganggu pandangan. Dengan begitu, rumah lebih rapi dan sepatu tak lagi berserakan.

Ide Kreasi Rak Dinding dari Kayu Bekas Packaging

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Dari ulasan sebelumnya, dapat diketahui jika kayu bekas packaging ternyata bisa dimanfaatkan menjadi beragam kerajinan yang berguna dan estetik untuk perabotan rumah. Salah satunya dijadikan rak dinding. Hal ini mengingat fungsi rak sendiri amatlah beragam dan menyesuaikan lokasi penempatannya.

Jika di dekat pintu masuk rumah, maka rak dinding bisa difungsikan untuk menaruh kunci kendaraan, topi, payung dan lainnya. Sementara kalau di ruang tengah atau ruang tamu, bisa digunakan untuk menempatkan beragam pajangan, seperti piala, vas, pigura atau buku-buku buat yang hobi banget membaca. Demikian juga untuk rak dinding di dapur, biasanya difungsikan tak jauh dari perabotan macam piring, gelas dan semacamnya.

Maka dari itu, jika ingin membuat rak dinding dari kayu bekas packaging, pastikan dulu tujuannya buat apa. Hal ini sekaligus untuk menentukan ukurannya, mau sebesar apa, dan penempatannya, agar tak terlalu memakan ruang dan mengganggu pandangan. Jika sudah, baru kemudian tentukan konsepnya.

Apakah mau dibikin menjadi beberapa tingkat tanpa pintu, atau pakai pintu. Jika pakai pintu mau dibikin transparan atau tidak? Kemudian, warnanya mau dibikin natural saja, atau justru dicat dengan beragam warna? Semua bebas ditentukan sesuai kreativitas dan konsep interior rumah secara keseluruhan, agar saat ditempatkan tak terlalu mencolok, tapi justru menyatu dengan perabot lainnya.

Cara Bikin Rak Dinding dengan Kayu Bekas Packaging

Credit: Shutterstock.comCredit: Shutterstock.com

Apabila semua hal tersebut dapat dipahami, maka bisa dengan mudah melanjutkan untuk mulai berkreasi di rumah. Kerajinan dari kayu bekas ini pun dapat dilakukan dengan mulai memilah dan memilih mana jenis kayu bekas packaging yang layak digunakan untuk menjadi rak dinding.

Jika sudah siapkan alat dan bahan lainnya, seperti ampelas untuk menggosok kayu agar lebih halus, kemudian paku dan palu. Gergaji juga diperlukan bila ingin memotong beberapa bagian kayu bekas tadi agar lebih pas dijadikan rak misalnya. Selain itu, siapkan meteran, untuk menyesuaikan ukuran rak yang ingin dibuat dengan area penempatannya di dalam rumah.

Tak kalah penting, siapkan pula cat. Jika interior rumah mengusung gaya industrialis, maka cat kayu warna cokelat dapat dijadikan pilihan. Sementara jika konsep ruangan warna-warni, maka bisa bermain warna untuk mengecat rak dinding dari kayu bekas tadi. Pilihlah warna yang kontras dengan warna dinding, agar rak tersebut terlihat lebih estetik. Dengan beberapa langkah tersebut, kerajinan dari kayu bekas untuk melengkapi perabotan rumah pun dapat diwujudkan!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI