Kronologi Viralnya Kasus Surat Keberatan EIGER Pada Seorang Youtuber, Berujung Permintaan Maaf

Kamis, 28 Januari 2021 23:05
Kronologi Viralnya Kasus Surat Keberatan EIGER Pada Seorang Youtuber, Berujung Permintaan Maaf
Image: Istimewa


Kapanlagi Plus - Salah satu brand outdoor equipment top Tanah Air, Eiger sedang jadi buah bibir di media sosial, utamanya Twitter. Bahkan hari ini, Kamis (28/1) malam, nama Eiger menempati urutan pertama trending topic di Indonesia. Semua kehebohan ini berawal dari sebuah cuitan akun atas nama @duniadian.

Ceritanya, sang pemilik akun yang bernama Dian Widiyanarko adalah seorang Youtuber yang kerap membuat konten review tentang berbagai macam produk. Nah, pada salah satu videonya, Dian me-review produk kacamata milik Eiger. Review dari Dian sendiri cenderung positif, tak ada niatan menjatuhkan sama sekali.

Uniknya, Dian malah mendapat 'surat cinta' dari pihak Eiger. Surat tersebut berisikan tentang rasa keberatan pihak Eiger terkait video review yang dibuat Dian di channel Youtube-nya. Permasalahannya, poin-poin yang disebutkan pada surat tersebut cenderung merendahkan.

1. Isi Surat Teguran Pihak Eiger yang Viral

Berikut bunyi surat dari pihak Eiger untuk Dian:

Dengah hormat,

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih kepada saudara yang telah mengunggahvideo review produk kami melalui channel Youtube milik saudara. Kami dari PT.Eigerindo Multi Produk Industri selaku distributor produk EIGER ingin menyampaikan keberatan terhadap video yang saudara unggah melalui channel Youtube milik saudara dengan judul 'REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda'. Adapun keberatan yang ingin kami sampaikan, antara lain:

1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk kami terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.

2. Adanya suara di luar video utama yang dapat menganggu (noise) sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.

3. Setting lokasi yang kurang proper bagi pengambilan video," tulis pihak Eiger pada suratnya yang diikuti.

Dari poin keberatan tersebut, kami berharap saudara dapat memperbaiki dan/atau menghapus konten review produk kami yang saudara unggah di channel Youtube milik saudara. Demikian surat keberatan ini kami sampaikan. Kami berharap saudara dapat menjadi seorang Youtuber yang lebih baik lagi dalam mereview video.

2. Curhatan Dian Widiyanarko

Mendapati 'surat cinta' tersebut, Dian pun kaget, kesal dan marah. Ia lantas membagikan kisahnya ke akun media sosial Instagram dan juga Twitter miliknya, yang berujung jadi viral bukan main.

"Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri. Ya maaf kalau gak sempurna karena saya Youtuber kaki lima, belum bintang lima yang alatnya cinematik. Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tonenya positif," tulis Dian pada caption foto postingannya di Instagram.

"Ini bad PR banget. FYI saya ini konsumen setia EIGER sejak lama. Tapi okelah kalau anda keberatan, saya terima keberatannya dan saya mohon maaf. Tapi permintaan untuk menghapus, sory gak bisa. Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya Youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda," tuntasnya penuh emosi.

3. Dimanfaatkan Tetangga Sebelah

Mengetahui kisah surat cinta EIGER yang viral, beberapa brand saingan yang bergerak di bidang serupa pun tak tinggal diam begitu saja. Mereka memanfaatkan celah ini untuk mempromosikan produknya dengan nada sindiran yang ngena banget, seperti yang dilakukan Arei.

Dengan ini, kami pihak Arei Outdoorgear dan manajemen menyatakan, bahwa seluruh masyarakat baik pengguna dan bukan pengguna, baik pelanggan maupun bukan pelanggan, baik yang bersangkutan maupun yang tidak bersangkutan, BERHAK untuk me-review produk kami dengan:

1. Sesuka hati, dengan cara apapun
2. Dengan kamera apapun
3. Dengan tema apapun
4. Dengan lokasi di manapun, kami ikhlas.

Selain itu ada pula beberapa brand lain yang juga mengeluarkan surat bernada sindiran serupa, bahkan ada yang sampai mengadakan giveaway. Pada akhirnya, mereka pun ikut jadi viral.

4. Permintaan Maaf Pihak EIGER

Mengetahui kasus ini viral bukan main dan nama baiknya dipertaruhkan, pihak EIGER pun tak mau berlama-lama tutup mulut. Belum lama ini, mereka merilis surat klarifikasi sekaligus permintaan maaf resmi kepada seluruh masyarakat, terutama Dian.

Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan:

1. Surat yang diunggah melalui akun Twitter @duniadian benar dikirimkan oleh tim internal kami
2. Kami sadari, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan awal kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa cara penyampaian kami salah.

Demikian surat ini kami sampaikan. Sekali lagi, dengan kerendahan hati kami memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan kami. Kami berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada Eigerian yang dengan upaya keras mau meluangkan waktu dan tenaga untuk berkreasi membuat konten berhubungan dengan EIGER. Terima kasih banyak. Semoga Tuhan selalu menyertai niat baik kita.

Apa pendapatmu mengenai kasus yang sedang viral ini, KLovers? Tulis komentarmu ya!

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI