Lagi Marak Modus Penipuan Link Palsu DANA Kaget, Pastikan Kamu Tahu 3 Langkah Penting Ini!

Penulis: Iwan Tantomi

Diperbarui: Diterbitkan:

Lagi Marak Modus Penipuan Link Palsu DANA Kaget, Pastikan Kamu Tahu 3 Langkah Penting Ini!
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Belakangan ini modus penipuan online semakin menjadi-jadi. Salah satunya adalah penipuan yang mengatasnamakan dari pihak e-wallet atau aplikasi dompet digital tertentu, seperti DANA. Modusnya, pelaku mengirimkan link palsu DANA Kaget, kemudian dengan modus tersebut mereka akan melancarkan aksinya.

DANA Kaget sendiri merupakan fitur pada aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna berbagi Saldo DANA kepada teman-teman dan kerabatnya dalam satu waktu secara bersamaan. DANA Kaget dibagikan dalam bentuk tautan yang dapat dikirimkan oleh pengguna DANA Premium kepada pengguna DANA lainnya melalui berbagai aplikasi pengirim pesan.

Sayangnya, tak sedikit korban yang terkena jebakan badman melalui link palsu DANA Kaget ini. Oleh karena itu, biar kamu tak menjadi sasaran para pelaku penipuan e-wallet berikutnya, pastikan untuk memahami modusnya.

Lewat campaign #AwasJebakanBadman, DANA ingin membantu kamu supaya kamu bisa terhindari dari jebakan oknum tidak bertanggung jawab ini. Yuk, simak 3 langkah pentingnya!

1. Jika Ada Aktivitas Mencurigakan, Lakukan Monitor!

Sadari dan deteksi jika ada aktivitas mencurigakan yang menghubungimu lewat pesan tertentu. Biasanya pesan tersebut datang dari nomor yang tidak dikenali. Jika oknum tersebut mengirim link DANA Kaget, pastikan dulu apakah link tersebut asli atau tidak ya. Ingat, format link DANA Kaget yang asli itu yang berawalan https://link.dana.id/, jika formatnya beda, jangan di klik ya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pastikan Kebenarannya dengan Melakukan Konfirmasi

Sambil lalu, periksa kembali aktivitas mencurigakan tersebut dengan cek kebenarannya. Konfirmasi apakah benar informasi tersebut dari sumber terpercaya? Kamu bisa konfirmasi langsung ke penyedia layanan. Misalnya, untuk konfirmasi apakah link DANA Kaget itu sendiri asli atau palsu, kamu bisa cek langsung di bagian fitur DANA Protection yang tersedia di dalam aplikasi DANA.

3. Jangan Ragu untuk Melaporkan Oknum Penipuan Link Palsu DANA Kaget

Setelah melakukan monitoring dan dapat dikonfirmasi jika aktivitas mencurigakan yang kamu terima mengarah ke modus penipuan, maka jangan ragu untuk melaporkan oknum yang mengirim kamu link palsu DANA Kaget tersebut lewat fitur DANA Protection karena akan langsung terhubung ke layanan dari Kominfo. Jangan lupa untuk blokir nomor yang tidak dikenali tadi dan laporkan juga ke penyedia layanan, agar tak ada lagi masyarakat yang menjadi korban modus penipuan lewat link palsu DANA Kaget ini.

Apabila ada modus penipuan e-wallet berupa link Palsu DANA Kaget, waspadalah! #AwasJebakanBadman! Sebab, DANA Kaget yang asli hanya bisa dibuka di aplikasi DANA bukan browser. Selain itu, DANA Kaget asli bisa langsung diklaim di aplikasi DANA jika akun dalam status Log In.

Gak cuma itu, kamu juga perlu ingat beberapa hal ini supaya bisa aman dari modus penipuan: Jangan download dan install aplikasi DANA dari link yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram dan lainnya. Selalu rahasiakan PIN dan Kode OTP kamu, jangan pernah dibagikan ke siapa pun termasuk DANA. Habis itu, segera ganti PIN jika terlanjur mengklik link tidak jelas, atau terlanjur membagikan PIN dan Kode OTP. Perlu diketahui, jika akun resmi media sosial DANA Cuma yang bercentang biru, jadi jangan sampai terkecoh akun serupa lainnya, ya.

Itulah beberapa langkah penting yang wajib kamu pahami dan terapkan dalam keseharian, agar tak sampai menjadi korban jebakan badman berupa link palsu DANA Kaget ini. Selalu berhati-hati ketika menerima pesan mencurigakan. Lakukan monitoring, konfirmasi dan segera melaporkannya di fitur DANA Protection dalam aplikasi DANA. Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi

Rekomendasi
Trending