Lahir Berkepala Dua, Bayi Ini Tak Berumur Panjang

Kamis, 19 Januari 2017 12:30 Penulis: Agista Rully
Lahir Berkepala Dua, Bayi Ini Tak Berumur Panjang
© dailystar.co.uk

Kapanlagi Plus - Kembar siam merupakan keadaan anak yang tubuh keduanya menjadi satu. Hal ini disebabkan oleh pembelahan zigot yang tak sempurna. Kasus kembar siam cukup jarang terjadi, hanya satu di antara 200 ribu kelahiran. Tragisnya, hanya 5% yang mampu bertahan hidup.

Kondisi kembar siam tiga kali lebih banyak terjadi pada bayi perempuan daripada bayi laki-laki. Kondisi kembar siam juga beragam, ada yang dempet dada, kepala, tulang belakang, dan panggul. Namun ada pula suatu kasus yang lebih langka lagi yakni kembar siam parasitik. Kondisi ini terjadi apabila salah satu bayi kembar berukuran lebih kecil dan terbentuk tidak sempurna.

Seorang bayi yang dilahirkan di Meksiko ini termasuk dalam kategori kembar siam parasitik. Sebab bayi yang rekaman videonya menjadi viral ini hanya memiliki satu tubuh dan dua kepala. Sayangnya, bayi yang lahir pada 9 Januari lalu ini tidak hidup lama, bayi ini hanya berusia satu hari.

Bayi berkepala dua asal Meksiko ini  hanya hidup sehari © dailystar.co.ukBayi berkepala dua asal Meksiko ini hanya hidup sehari © dailystar.co.uk

Kasus langka ini terjadi di Kota Ciudad Juarez, Meksiko. Bayi berkepala dua ini berbagi satu organ dalam saja. Prosedur operasi juga tidak dapat dilakukan mengingat usia yang masih sangat riskan bagi bayi laki-laki ini.

Sebelumnya, di India juga terdapat kasus bayi kembar siam yang menyatu di bagian pinggang dan juga bayi berkepala dua di Pakistan pada tahun 2016 lalu. Bayi berkepala dua dari Pakistan ini juga tak selamat dan hanya hidup satu hari saja.

Adapun kasus kembar siam paling populer adalah Ladan dan Laleh yang berasal dari Iran dan meninggal karena gagal menjalani operasi pemisahan beberapa tahun lalu. Lalu ada kembar siam Yuliana-Yuliani dari Indonesia yang berhasil dipisahkan pada tahun 1987 dan menjadi tonggak sejarah bidang kedokteran Indonesia.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI