Langit Jambi Merah Akibat Kebakaran Hutan, Siang Jadi Malam

Minggu, 22 September 2019 09:15 Penulis: Dhimas Nugraha
Langit Jambi Merah Akibat Kebakaran Hutan, Siang Jadi Malam
Langit merah Jambi ©istimewa


Kapanlagi Plus - Media sosial dihebohkan dengan fenomena langit merah di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ilir, Muarojambi, Jambi, Sabtu (21/9/2019). Diketahui, fenomena memerahnya langit Jambi tersebut akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Suasana siang hari berubah menjadi gelap gulita seperti malam hari. Tak hanya itu, kabut asap yang sebelumnya berwarna putih berubah menjadi merah, layaknya tengah terjadi gerhana matahari. 

1. Kondisi Angin Membuat Api Semakin Besar

Melansir Merdeka.com, kondisi tersebut semakin parah ketika mendekati lokasi lahan bakar. Kendaraan yang melintas harus menghidupkan lampu utama demi keselamatan. 

Sumber lain menjelaskan, kondisi angin yang kuat membuat hembusan api semakin membesar dan gelap. 

"Tiupan angin memang kencang disertai suara gemuruh api yang membakar lahan yang berjarak dua kilometer lagi dari permukiman warga setempat," kata Eko dikutip dari Merdeka.com, Minggu (22/9/2019).

2. Harus Nyalakan Lampu di Siang Hari

Asap yang semakin pekat ini juga membuat aktivitas warga desa harus terhenti. Pasalnya, warga memilih untuk berdiam diri di dalam rumah demi keselamatan. 

Tak hanya itu saja, setiap warga terpaksa menyalakan lampu rumah mereka, karena kondisi sekitar yang gelap gulita seperti malam hari. 

Saat ini, Tim Satgas Karhutla Jambi dibantu pasukan TNI dan Brimob Polda Jambi masih terus berupaya memadamkan api. Sekitar 100 prajurit TNI dari Yonif 144 Bengkulu yang dikerahkan membantu pemadaman api karhutla di Muarojambi yang dibantu personel Brimob Polda Jambi

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha



MORE STORIES




REKOMENDASI