Lapis Legit, Si Manis yang Sedap di Setiap Lapisannya

Selasa, 03 Agustus 2021 16:42 Penulis: Jeffrey Winanda
Lapis Legit, Si Manis yang Sedap di Setiap Lapisannya
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Mencari cake yang disajikan di momen spesial atau dijadikan hantaran ke orang-orang tersayang? Lapis legit bisa jadi pilihan yang tepat. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis yang pas, cake berlapis indah ini cocok dinikmati bareng secangkir kopi atau teh di tengah obrolan yang hangat. Sederhana penampilannya, nyatanya ada beberapa fakta menarik dari kue tradisional Indonesia ini.

Warisan Zaman Kolonial

Tergolong cake legendaris, lapis legit yang punya aroma khas ini ternyata dibuat pertama kali di masa penjajahan Belanda. Diberi nama Spekkoek yang berasal dari bahasa Belanda spek artinya lemak dan koek yang berarti kue. Uniknya, sebutan ini diberikan karena lapisan-lapisannya dianggap mirip dengan lemak babi. Resep ini kemudian dimodifikasi menjadi lapis legit, yang memberikan citarasa manis di setiap gigitannya.

Menantang Skill dan Kesabaran

Banyak yang mundur teratur saat berniat membuat lapis legit. Punya tingkat kesulitan yang tinggi, karena kue ini punya total 18 lapisan, bahkan ada juga yang membuatnya hingga 22 lapis. Setiap lapisnya dipanggang bertahap, mulai dari lapisan pertama yang dipanggang hingga setengah matang. Nggak heran kalau proses pembuatannya butuh waktu lumayan lama, antara 4-6 jam.

Harga Selangit

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Lapis legit dianggap sebagai salah satu cake yang harga jualnya cukup tinggi. Bukan hanya prosesnya yang memakan waktu dan butuh skill tersendiri, tapi juga bahan-bahannya. Selain butter berkualitas premium, adonannya juga membutuhkan 30-40 butir telur ayam. Bahkan, ada juga yang menggunakan telur ayam kampung untuk citarasa yang lebih gurih.

Simbol Kemakmuran

Sering dihadirkan dalam momen perayaan keagamaan, seperti Lebaran dan Natal, lapis legit juga dihidangkan sebagai jamuan Tahun Baru Cina alias Imlek. Bukan hanya rasanya yang lezat, cake ini juga dianggap sebagai simbol kemakmuran. Cake dengan banyak layer ini diharapkan akan membawa rezeki yang berlapis-lapis seakan nggak ada habisnya.

Pernah Masuk Daftar Cake Terlezat di Dunia

Selain rendang, kamu wajib bangga karena menjadi penikmat atau bahkan pembuat lapis legit. Pasalnya, kue berempah ini pernah masuk dalam daftar 17 kue nasional terlezat di dunia pada tahun 2016. Berada di posisi ke-14, lapis legit berhasil mengalahkan dorayaki dari Jepang dan posisinya tepat berada di bawah Baklava dari Turki dan Victoria Sponge khas Inggris.

Mendadak craving akan kelezatan lapis legit? Nggak perlu menunggu momen istimewa, kamu bisa membelinya dengan pre-order di sini lho.

Lapis Legit Prunes dari Affinois di Medan

 

(c) Manis dan Sedap / Affinois(c) Manis dan Sedap / Affinois

Lapis Legit Basah dari Dapur Qla di Lampung

(c) Manis dan Sedap / Dapur Qla(c) Manis dan Sedap / Dapur Qla

Lapis Legit Plum Butter Wysman dari Gunada Kitchen di Depok

(c) Manis dan Sedap/Gunada Kitchen(c) Manis dan Sedap/Gunada Kitchen

Lapis Legit Cokelat dari YoleeCake di Surabaya

(c) Manis dan Sedap/YoleeCake(c) Manis dan Sedap/YoleeCake

Lapis Legit Mandarin Raisin Malica Cake dari Onri Snack di Surabaya

(c) Manis dan Sedap/Onri Snack(c) Manis dan Sedap/Onri Snack

Cari lebih banyak pre-order Lapis Legit di daerahmu. Intip daftarnya di ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI