Libur Panjang Lebaran Bikin Mager Balik Kerja, Siapkan Strategi Pendongkrak Semangat

Sabtu, 07 Mei 2022 13:25 Penulis: Wuri Anggarini
Libur Panjang Lebaran Bikin Mager Balik Kerja, Siapkan Strategi Pendongkrak Semangat
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Lebaran tahun ini memang menyimpan cerita keseruan tersendiri. Setelah 2 tahun nggak bisa melakukan silaturahmi langsung, akhirnya kondisi pun mulai membaik di Lebaran tahun ini yang bikin kamu bisa mudik. Berbagai keceriaan dirasakan hingga tanpa sadar sebentar lagi sudah waktunya kembali masuk kerja.

Euforia bertemu saudara dan mencicipi lezatnya opor ayam di kampung halaman mungkin jadi beberapa alasan yang bikin susah move on. Rasanya mager banget harus kembali bekerja setelah libur panjang Lebaran. Tapi, jangan sampai hal ini mempengaruhi produktivitasmu, ya! Saatnya siapkan strategi yang bisa mendongkrak semangat bekerja, yuk!

1. Berikan Waktu Transisi untuk Diri Sendiri

Setelah seru-seruan bertemu keluarga di kampung halaman dan sama sekali nggak memikirkan pekerjaan dalam waktu yang lama, sudah kebayang dong malasnya kembali menyentuh pekerjaan. Supaya nggak mengalami ‘jetlag’ pasca libur panjang Lebaran, pastikan berikan waktu transisi untuk diri sendiri.

Caranya adalah dengan menyiapkan waktu luang untuk beristirahat dari padatnya arus balik mudik sekaligus menjadi masa transisi pasca liburan sebelum kembali berkutat dengan pekerjaan. Dengan begitu, nggak hanya tubuh yang mendapatkan waktu untuk beristirahat, tapi sekaligus mempersiapkan mental agar lebih semangat dan produktif menyambut kembali ke kantor.

2. Bangun Lebih Pagi dan Persiapkan Diri

Setelah mendapatkan istirahat yang cukup sebelum kembali ke kantor, di hari H saatnya bangun lebih pagi untuk mempersiapkan diri. Hal ini mencegahmu dari berbagai kemungkinan terlambat yang bisa merusak mood saat hari pertama ngantor.

Lakukan persiapan diri sebaik mungkin yang bisa menjadi mood booster agar bekerja lebih produktif. Mulai dari olahraga ringan, mandi air dingin untuk menyegarkan tubuh, pilih pakaian yang standout, hingga sarapan. Yup, jangan lewatkan makan pagi karena sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh buat beraktivitas sepanjang hari. Pilih menu sarapan sehat yang bisa bikin kamu makin semangat.

3. Bikin To Do List agar Pekerjaan Lebih Tergorganisir

Hari pertama ke kantor setelah libur panjang biasanya dihadapi dengan kebingungan, tugas apa yang akan diselesaikan lebih dulu. Untuk mengatasinya, kamu bisa datang ke kantor lebih pagi agar memiliki waktu lebih panjang untuk mengorganisir pekerjaan yang ada.

Manfaatkan waktu yang ada untuk membuat to do list atau daftar pekerjaan apa saja yang perlu dilakukan di hari pertama tersebut. Catat apa saja yang perlu dilakukan, selanjutnya tentukan skala prioritas mana yang akan kamu selesaikan terlebih dulu berdasarkan deadline atau tingkat urgensinya.

4. Temani dengan Musik atau Kopi Favorit

Setelah mulai bekerja, hal yang paling penting adalah menjaga mood agar tetap produktif. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan bekerja sambil ditemani oleh musik favorit yang bisa menjadi mood booster, atau secangkir kopi yang dapat meningkatkan fokus saat bekerja.

Suasana hati alias mood menjadi salah satu faktor penting yang mendukung kerja jadi lebih produktif dan semangat. Jadi, penting banget untuk selalu menjaga mood agar tetap baik sehingga kamu bisa bekerja dengan maksimal.

5. Jangan Menunda Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Hari Ini

Hal yang nggak kalah penting adalah untuk selalu fokus bekerja. Hindari menunda-nunda pekerjaan yang bisa dilakukan hari ini. Hal tersebut sangat penting agar pekerjaan nggak menumpuk keesokan harinya, yang malah menyusahkan diri kamu sendiri.

Jadi, semalas apapun rasanya, berikan semangat untuk diri sendiri agar bisa menyelesaikan pekerjaaan yang jadi tugas. Jika dibiarkan menumpuk, maka keesokan harinya sudah pasti bakal menumpuk dengan berbagai pekerjaan baru.

Gimana, sudah siap buat kembali ke kantor, KLovers? Jangan hanya dibaca saja,  saatnya benar-benar praktikkan agar produktivitas tetap terjaga saat kembali ke kantor nanti.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI