Liburan ke Malang? Florawisata Sajikan 700 Jenis Aneka Bunga di Lahan 4 Hektar

Selasa, 31 Desember 2019 16:30 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Liburan ke Malang? Florawisata Sajikan 700 Jenis Aneka Bunga di Lahan 4 Hektar
Kapanlagi/Darmadi Sasongko


Kapanlagi Plus - Florawisata San Terra de Lafonte di Kabupaten Malang menyajikan 700 jenis aneka bunga di lokasi lahan seluas 4 hektar. Bunga-bunga kaya warna dikemas dalam desain taman dan spot yang indah dengan latar deretan pengunungan.

Aneka spesies bunga terdiri dari bunga lokal dan impor di antaranya didatangkan dari Eropa dan Amerika. Pengelola merawat dalam desain taman indoor dan outdoor yang tertata sesuai kontur tanah.

Lokasi Florawisata San Terra de Lafonte berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Lokasi lahan keseluruhan seluas 7 hektar, namun baru 4 hektar yang dapat dikunjungi wisatawan, sementara sisanya masih dalam tahap pengembangan.

Para wisatawan selain dapat menikmati hawa sejuk pegunungan, selain dimanjakan oleh aneka warna-warni bunga. Bahkan jika tertarik pengunjung juga bisa membawa pulang dengan membeli bunga-bunga tersebut.

"Ini akan menjadi wisata terintegrasi. Selain untuk wisata, juga dikembangkan sebagai tempat pembibitan bunga," kata Hubertus Setiono, Relation Officer Florawisata San Terra de Lafonte, Senin (30/12).

 

1. Dibuka Untuk Wisatawan

Florawisata San Terra de Lafonte baru dibuka untuk wisatawan sepekan lalu, atau tepatnya Selasa (24/12/2019) untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Pastinya bunga-bunga selalu terjaga oleh tenaga yang secara rutin memberi perhatian khusus agar selalu tetap asri dan segar. Selain itu juga secara periodik bunga-bunga akan diganti agar dapat 'menyambut' wisatawan yang berkunjung.

Pengelola juga melakukan pengelompokan tanaman yang salah satunya didasarkan pada jenis bunga. Sehingga memang taman-tamannya didesain tertentu dengan mengedepankan nilai keindahan (estetika).

Jenis tanaman tertentu membutuhkan tempat luas, salah satunya untuk tempat merambat tangkai-tangkainya. Namun beberapa jenis bunga cukup digantung atau dijajar membentuk desain tertentu.

2. Bunga Diganti Per 3 Bulan

Begitupun untuk jenis bunga yang butuh banyak air dan bunga yang tahan air atau harus dalam kondisi kering, ditata sedemikian rupa. Beberapa bunga bisa hidup di musim hujan, tetapi jenis bunga tertentu justru perkembangannya terganggu.

"Setiap musim bunga juga beda-beda beradaptasinya. Sehingga per tiga bulan bunga diganti," tegasnya.

Florawisata San Terra de Lafonte juga dilengkapi dengan bangunan tematik guna menambah keindahan lokasi wisata tersebut. Bangunan bersifat properti ditambahkan dengan tema tertentu di beberapa kawasan, termasuk fasilitas zona permainan dan spot selfie.

Pengunjung seolah dapat merasakan suasana taman-taman di negara empat musim, seperti musim gugur atau musim semi. Sehingga para pengunjung dapat mengabadikan suasana penuh bunga sebagai momen berharga dalam perjalanan berwisata.

(kpl/dar/frs)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI