Makan Siang Bareng Wakil Walikota Machida, Puti Soekarno Teringat Pokemon

Jum'at, 09 Februari 2018 17:00 Penulis: Wuri Anggarini
Makan Siang Bareng Wakil Walikota Machida, Puti Soekarno Teringat Pokemon
(c) facebook/putiguntur.soekarno9

Kapanlagi Plus - Puti Guntur Soekarno punya hubungan yang sangat spesial dengan Jepang. Ketertarikan sebuah perguruan tinggi di Negeri Sakura itu terhadap sepak terjang Bung Karno membuat Mbak Puti makin akrab dengan negara yang dikenal dengan masakan sushi tersebut.

Masyarakat Jepang tampaknya sangat kagum dengan cara Bung Karno menyatukan ribuan pulau Indonesia menjadi Nusantara. Mereka ingin tahu, bagaimana cara sang proklamator menyatukan banyak suku dan etnis menjadi Pancasila. Bagi para peneliti, ide gagasan Bung Karno tentang Pancasila bisa menjadi sebuah alternatif bagi perdamaian dunia. Inilah yang kemudian membuat cucu Bung Karno tersebut diundang untuk menjadi dosen tamu di Kakushikan University, Tokyo, Jepang.

Dari banyak undangan untuk datang ke sana, putri dari Guntur Soekarno ini pun punya banyak kenalan orang Jepang. Salah satunya adalah orang-orang di pemerintahan Machida, Tokyo. Di akhir tahun lalu Wakil Walikota Machida, Mr. Yamada dan rombongan datang ke Indonesia untuk kunjungan balasan, sekaligus makan siang.

©facebook/putiguntur.soekarno9

Di laman Facebook-nya Mbak Puti mengakui bahwa ia sudah pernah dua kali berkunjung ke kota tersebut. Ia mengingat bahwa Machida merupakan kota yang asri dan tenang. Tapi ada satu hal unik yang disampaikan Mbak Puti, kedatangan rombongan dari Machida membuatnya ingat pada Pokemon, lho?

©facebook/putiguntur.soekarno9

Ingat Pokemon bukan berarti Mbak Puti sibuk main game Pokemon Go saat berkunjungke Machida. Ia menjelaskan bahwa kota tersebut adalah inspirasi dari lahirnya Pokemon. Sang pencetus, Satoshi Tajiri lahir dan tumbuh di Machida.

Terinspirasi kegiatan masa kecilnya, yaitu berburu serangga di sekitar Machida, Satoshi Tajiri kemudian menjadikan kota itu sebagai model dari Pallet Town. Fans berat Pokemon pasti tahu karena ini adalah kota di dalam Pokemon Red dan Blue. Siapa sangka, kondisi geografis kota Machida yang saat itu merupakan kota suburban yang hijau bisa memberi inspirasi untuk lahirnya salah satu game legendaris.

Wah, pengetahuan wanita yang akrab disapa Mbak Puti tentang Jepang ini layak banget diacungi jempol ya, KLovers. Istri dari Joy Kameron ini memang dikenal sebagai sosok wanita yang cerdas, punya wawasan luas dalam berbagai bidang, dan memiliki kepekaan tinggi terhadap masyarakat di sekitar.

Beberapa waktu yang lalu, Puti juga resmi mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur sebagai cawagub yang mendampingi Saifullah Yusuf atau yang sering disapa Gus Ipul. Keputusan ini nggak hanya semata dilakukan karena pengaruh kekuasaan. Pengaruh ajaran sang kakek membuat Puti menjadi politisi yang memandang politik bukan hanya semata kekuasaan saja. Tapi juga tentang pengabdian dan cinta pada tanah air.

Kolaborasi Gus Ipul dan Mbak Puti jika terpilih menjadi pemimpin Jawa Timur nanti semoga bisa bikin Jawa Timur semakin maju ya, KLovers!

(kpl/wri/wri)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI