Mau Wisata ke Gunung Bromo? Harus Booking Via Online Dulu Mulai Bulan Depan

Rabu, 20 November 2019 16:30 Penulis: Rahmi Safitri
Mau Wisata ke Gunung Bromo? Harus Booking Via Online Dulu Mulai Bulan Depan
Gunung Bromo © Shutterstock


Kapanlagi Plus - Gunung Bromo adalah salah satu wisata andalan Jawa Timur. Pemandangannya yang indah bukan hanya menarik wisatawan dalam negeri tapi juga mancanegara. Buat yang dalam waktu dekat mau ke sana, ada sedikit informasi yang wajib diperhatikan.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) akan menerapkan tiket masuk melalui sistem booking online terhitung mulai 1 Desember 2019. Petugas tidak akan melayani pembelian tiket langsung secara manual di loket masuk atau lokasi. Kepala BB TNBTS, John Kenedie mengatakan, penerapan pembelian tiket secara online sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan bagi wisatawan. Namun sementara masih diberlakukan kepada wisatawan yang menggunakan jasa travel, operator wisata dan event organizer (EO).

"Kami akan terapkan sistem tiket masuk melalui booking online bagi pengunjung dengan menggunakan travel agent, tour operator dan event organizer," kata John Kenedie dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/11/2019).

 

1. Cara Pembelian Tiket

Para wisatawan perorangan atau non jasa travel agent, tour operator dan event organizer masih diberikan toleransi pembelian tiket masuk secara manual namun hanya pada waktu tertentu. Pembelian tiket masuk secara manual dilayani pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB. Tetapi pengunjung perorangan harus tetap membeli tiket secara daring mulai pukul 16.01 WIB sampai 07.29 WIB keesokan harinya. Pembelian tiket secara online melalui www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

"Selanjutnya secara bertahap, kami akan terapkan booking online sepenuhnya bagi seluruh pengunjung yang akan ke Bromo dan sekitarnya," tegas John.

2. Sudah Melalui Persiapan Panjang

Penerapan pembelian tiket secara online telah melalui persiapan cukup panjang dengan proses pembicaraan dengan para stakeholders. Sehingga diharapkan memudahkan pelayanan pengunjung kawasan Bromo, serta optimalisasi pengelolaan TNBTS.

Kawasan Bromo Tengger Semeru merupakan destinasi wisata unggulan Jawa Timur. Jumlah wisatawan 2018 mencapai 853.016 orang, dengan wisatawan dalam negeri sejumlah 828.247 orang, sementara sisanya dari mancanegara.

 

(kpl/dar/pit)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI