Memahami Arti Clingy, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya dalam Hubungan

Rabu, 08 Juni 2022 13:44
Memahami Arti Clingy, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya dalam Hubungan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Arti clingy mungkin sudah dipahami banyak orang, terutama yang cukup aktif di media sosial. Pasalnya, pembahasan mengenai sifat atau karakter ini di media sosial sebenarnya cukup sering dilakukan.

Biasanya, arti clingy dipahami sebagai sesuatu yang negatif. Sifat yang dimiliki orang clingy merujuk pada hal-hal yang membuat orang di sekitarnya tidak nyaman. Pendeknya, arti clingy adalah bergantung atau selalu ingin dekat dan dibantu pasangannya setiap waktu.

Clingy jelas berbeda dengan perhatian atau kepedulian. Sifat ini cenderung mengganggu dan tak jarang berujung kepada pertengkaran. Nah, agar lebih jelas, silakan simak informasi mengenai arti clingy, ciri-ciri, dan cara menghilangkannya dalam hubungan berikut ini.

 

1. Arti Clingy

Istilah clingy memang semakin sering terdengar dalam obrolan. Oleh karena itu, kalian juga perlu mengetahui apa arti clingy. Istilah ini erat kaitannya dengan suatu hubungan. Seseorang dikatakan clingy saat orang tersebut memiliki sifat atau karakter yang cenderung bergantung kepada pasangannya. Parahnya, orang clingy akan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu tanpa ditemani oleh pacar, sahabat, atau orangtua.

Orang dengan karakter seperti itu biasanya karena terlalu dekat secara emosional. Selain bergantung, ia juga ingin selalu dilindungi. Tingkat kedekatan tersebut sudah tidak bisa dianggap wajar, bukan lagi selayaknya sahabat atau pasangan. Padahal, jika dilihat setiap kegiatannya tidak terlalu sulit dan seharusnya bisa dilakukan sendiri. Namun, dia akan terus meminta bantuan kepada orang lain.

Sifat clingy sebenarnya tidak serta merta muncul tanpa sebab. Sifat ini bisa muncul dari rasa kurang percaya diri, cemas kepada pandangan, hingga ketakutan atas kemungkinan terburuk dalam suatu hubungan. Meski begitu, sifat seperti ini tak seharusnya dibiarkan karena akan membuat orang yang di dekatnya merasa tak nyaman.

 

2. Ciri-Ciri Clingy dalam Hubungan

Setelah mengetahui arti clingy, kalian juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Hal ini perlu diperhatikan agar kalian bisa cepat sadar jika ternyata sedang berhadapan dengan orang clingy. Bahkan bisa juga kalian sendiri yang ternyata memiliki sifat clingy dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

1. Selalu Ingin Tahu Lokasi

Sosok yang clingy selalu ingin tahu lokasi atau keberadaan kalian. Sikapnya sering berlebihan saat meminta bukti berupa foto, video call, hingga share loc. Hal tersebut dilakukan hanya untuk memastikan bahwa kalian tidak bohong. Mungkin, sekilas ini akan terasa perhatian. Namun, segera sadarilah jika tingkahnya sudah mulai mengganggu dan mengekang.

2. Tidak Menyukai Teman Kalian

Ini merupakan salah satu hal yang bikin tidak nyaman. Orang clingy juga sering mengganggu urusan pribadi. Bahkan, bisa juga merasa tak suka pada teman atau rekan kerja kalian. Selanjutnya, hal itu akan berubah menjadi sikap posesif.

3. Terus Mengirim Pesan Jika Tidak Dibalas

Hal ini bisa langsung diperhatikan, bahkan pada orang yang baru saja kenal. Jika kalian dekat dengan orang yang melakukan hal ini, sebaiknya segera dihindari. Pesan yang dimaksud bukan sesuatu yang penting atau darurat ya, melainkan berupa pesan untuk cari perhatian. Seiring bertambahnya waktu, hal ini jelas bisa makin parah.

4. Mendatangi Tanpa Izin

Orang clingy akan merasa berhak mendatangi kalian tanpa izin atau tanpa diminta. Dia tak peduli dengan kondisi kalian yang sebenarnya sudah ada janji dengan orang lain.

5. Tak Punya Teman

Biasanya, sosok yang clingy sering kali meninggalkan teman-temannya setiap kali ingin menghabiskan waktu bersama pasangan. Bahkan, dia seperti tak butuh hobi atau kegiatan pribadi. Artinya, dia hanya ingin fokus kepada pasangan terus-menerus. Wajar jika kemudian sosok clingy jadi susah mendapatkan sahabat.

3. Cara Menghilangkan Sifat Clingy

Memiliki kedekatan dengan orang clingy memang tak menyenangkan. Oleh karena itu, jangan sampai orang dekat kalian terganggu jika ternyata kalian sendiri merupakan sosok clingy tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk menghilangkan tips tersebut.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Clingy menjadikan orang terlalu fokus pada pasangan. Dengan memiliki waktu luang untuk diri sendiri, kalian bisa mengurangi intensitas dalam "mengganggu" pasangan. Bahkan, kebiasaan buruk itu lama-lama juga akan hilang.

2. Membicarakannya dengan Pasangan

Saat sudah menyadari bahwa kalian merupakan orang clingy, coba bicarakan hal itu dengan pasangan. Meski mungkin ada perasaan sedih, kalian justru bisa membicarakannya bersama pasangan untuk menemukan jalan keluar.

3. Habiskan Waktu dengan Teman

Keinginan untuk menemui pasangan tak harus selalu tercapai. Saat butuh bertemu orang lain, kalian juga bisa menemui teman. Daripada marah karena pacar sedang sibuk atau tak bisa ditemui, lebih baik kalian alihkan emosi ke hal positif untuk bersenang-senang dengan teman.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti clingy, ciri-ciri, dan cara menghilangkannya.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI