Arti Sayonara Salam Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Ketahui Istilah Populer di Media Sosial

Rabu, 08 Juni 2022 11:55
Arti Sayonara Salam Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Ketahui Istilah Populer di Media Sosial
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Kata sayonara menjadi bahasa Jepang yang umum diketahui masyarakat. Meski begitu tidak sedikit orang pula belum memahami makna dan penggunaan arti sayonara.

Arti sayonara biasanya digunakan sebagai bentuk salam perpisahan. Namun ternyata ada makna dari arti sayonara yang tidak banyak diketahui loh. Karena itulah dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai arti sayonara dalam bahasa Jepang.

Selain memahami arti sayonara, terdapat beberapa kata ganti lainnya yang digunakan sebagai salam perpisahan. Untuk tahu penjelasan mengenai arti sayonara, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Karena ada pembahasan mengenai arti sayonara, makna dan penggunaannya. Yuk cek arti sayonara yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber sebagai berikut.

 

1. Arti Sayonara dalam Bahasa Jepang

Ada sejumlah bahasa Jepang populer yang dikenal masyarakat tanah air. Salah satunya kata sayonara yang sudah sangat familiar kalian dengar. Apalagi ada sebuah lagu anak-anak menggunakan kata sayonara. Oleh karena itu kata Sayonara sudah sangat akrab dan populer diketahui masyarakat luas.

Namun sudah tahukah kalian arti sayonara dalam bahasa Jepang? Ya, arti sayonara berasal dari bahasa Jepang yang memiliki makna tertentu. Kata sayonara memiliki arti selamat tinggal. Karena itulah kata sayonara kerap digunakan sebagai salam perpisahan dalam bahasa Jepang.

Melihat dari arti sayonara dalam bahasa Jepang, maka kata ini digunakan untuk menunjukkan salam perpisahan atau berakhirnya suatu hal. Beberapa istilah dengan kata sayonara misalnya saja sayonara patii (pesta perpisahan). Itulah penjelasan mengenai arti sayonara yang perlu kalian ketahui.

 

2. Arti Sayonara dan Maknanya

Lekat dengan arti sayonara adalah perpisahan, namun makna dari sayonara tidak sesederhana itu loh KLovers. Karena merujuk pada sejumlah sumber, disebutkan bahwa kata sayonara tidak selalu digunakan oleh orang Jepang untuk salam perpisahan.

Pasalnya makna arti sayonara digunakan apabila perpisahan tersebut merupakan perjumpaan terakhir kalinya. Dengan kata lain, arti sayonara dan maknanya diungkapkan apabila seseorang terpisah dalam waktu yang lama atau bahkan tidak akan bertemu lagi.

Bahkan menurut sebuah survey kebanyakan orang Jepang diketahui tidak menggunakan kata sayonara untuk salam perpisahan yang sesaat. Karena kata tersebut cenderung menunjukkan sikap yang dingin. Itulah penjelasan mengenai arti sayonara dan maknanya.

 

3. Penggunaan Ungkapan Kata Sayonara

Lalu kapan kata sayonara digunakan? Setelah tahu arti sayonara, pahami juga kapan waktu yang tepat menggunakan kata sayonara. Seperti diketahui sebelumnya, kata sayonara adalah ungkapan yang digunakan sebagai ucapan selamat tinggal. Namun kata ini dipakai jika seseorang tidak akan berjumpa lagi dengan seseorang lainnya dalam waktu sangat lama bahkan tidak pernah bertemu lagi.

Karena itulah kata sayonara biasanya digunakan ketika seseorang akan pindah ke suatu tempat yang jauh dengan waktu sangat lama. Namun kata tersebut tidak berlaku jika kalian berpisah dengan seseorang dalam waktu sementara saja. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan kata sayonara sebagai salam perpisahan jika kalian hanya berpisah dalam waktu singkat. Apalagi saat ini kebanyakan orang Jepang justru memilih menggunakan kata ganti lain untuk salam perpisahan.

 

4. Salam Perpisahan Selain Sayonara

Setelah tahu arti sayonara dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa salam perpisahan lain yang dapat menjadi alternatif kalian selain sayonara. Oleh karena itu, di bawah ini beberapa opsi salam perpisahan selain sayonara.

1. Jaa Ne: Artinya salam perpisahan yang berarti sampai jumpa. Ungkapan ini biasanya digunakan saat seseorang berpamitan.

2. Ittekimasu: Artinya salam perpisahan yang bermakna aku pergi dulu. Umumnya digunakan ketika seseorang hendak pergi menjalani kegiatannya baik ke kantor dan lainnya.

3. Bai Bai: Artinya salam perpisahan yang bermakna serupa dengan bye bye atau sampai jumpa lagi.

4. Gokigenyou: Artinya salam perpisahan yang bermakna halo atau sampai jumpa lagi.

5. Osaki ni shitsurei shimasu: Artinya salam perpisahan yang bermakna permisi, aku pergi dulu.

6. Otsukaresama desu: Artinya salam perpisahan yang bermakna terima kasih atas kerasnya hari ini.

 

5. Istilah Populer dalam Bahasa Jepang

Tidak hanya kata sayonara saja yang populer diketahui masyarakat, pasalnya masih ada beberapa istilah populer dalam bahasa Jepang. Apalagi istilah populer ini pernah trend di media sosial. Adapun ulasan tentang istilah populer dalam bahasa Jepang dapat kalian simak di bawah ini.

1. Ganbatte kata populer berarti semangat.

2. Kawaii kata populer yang berarti imut.

3. Sugoi kata populer yang berarti hebat

4. Dame kata populer yang berarti jangan.

5. Ogesada ne! Kata populer yang berarti berlebihan atau terlalu lebay.

6. Senpai kata populer yang berarti senior.

7. Ossu kata populer yang berarti Halo.

8. Betsu ni kata populer yang berarti tidak usah dipikirkan.

9. Baka kata populer yang berarti bodoh.

10. Kimoi kata populer yang berarti menjijikan, menggelikan atau mengerikan.

Itulah penjelasan mengenai arti sayonara yang perlu kalian ketahui. Sehingga nggak bingung lagi memahami makna dan penggunaan arti sayonara.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI