Memperingati WORLD SIGHT DAY 2021, OPTIK SEIS Bagikan Kacamata dan Berikan Pemeriksaan Gratis

Selasa, 19 Oktober 2021 15:59 Penulis: Editor KapanLagi.com
Memperingati WORLD SIGHT DAY 2021, OPTIK SEIS Bagikan Kacamata dan Berikan Pemeriksaan Gratis
Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Tepat pada tanggal 14 Oktober 2021 kemarin merupakan perayaan hari penglihatan sedunia. Mata yang merupakan salah satu alat vital terpenting pada tubuh ini pastinya sangat riskan dan harus mendapatkan perawatan yang lebih agar membuatnya tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Namun sangat disayangkan kesadaran masyarakat mengenai menjaga mata masih sangat kurang.

Dikutip dari WHO, peringatan hari penglihatan pada Oktober tahun ini akan memusatkan perhatian pada gangguan penglihatan yang mana salah satunya adalah kebutaan. Sehingga tema untuk kampanye kali ini adalah LOVE YOUR EYES, agar masyarakat sadar betapa pentingnya dalam menjaga dan mencintai mata.

Tema ini tentu saja tidak berangkat dari satu dua kasus yang terjadi di dunia. Menurut WHO, setidaknya terdapat 1 Miliar orang yang menderita atau memiliki rabun jauh atau rabun dekat yang belum tertangani dengan benar. Hal ini tentu memprihatinkan apalagi dalam data tersebut range umur yang ditunjukkan pun beragam bahkan banyak anak-anak yang masih berusia belia dan remaja yang sudah terkena rabun jauh atau rabun dekat.

Melihat kondisi ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Jika kita melihat data yang ada di Indonesia saja - yang mana data ini diambil dari data tumbuh kembang anak, Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak RI, pada usia sekolah umur 5 hingga 19 tahun, setidaknya ada sekitar 10 persen dari 66 juta anak Indonesia yang mengalami gangguan mata akibat kelainan refraksi.

Data lain pun ikut berbicara, pada Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan pada tahun 2013 membuktikan 4,6 persen dari total populasi penduduk Indonesia memakai kacamata refraksi atau kacamata minus. Dan lebih mengkhawatirkannya lagi bahwa setidaknya 90 persen dari kasus gangguan penglihatan ini diderita oleh masyarakat berpenghasilan atau menengah ke atas.  

Ini tentu saja belum terhitung data orang-orang yang mengalami gangguan mata lainnya seperti katarak yang tidak mendapatkan tindakan operasi, degenerasi makula, glaukoma, infeksi pada mata, dan trauma lainnya yang akhirnya memberi dampak yang sangat besar terhadap kesehatan mata.

Keadaan ini tentu saja harus benar-benar diberi perhatian lebih, tidak hanya pada pemulihannya tetapi juga pada proses pencegahannya yang harus dimulai sejak dini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Lewat hari penglihatan sedunia yang membawa tema LOVE YOUR EYES, OPTIK SEIS melakukan aktivitas sosial untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya yang anak-anak dengan mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR yang mana kegiatan ini OPTIK SEIS memberikan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata secara gratis.

1. Kontribusi OPTIK SEIS Pada WORLD SIGHT DAY 2021

Peduli terhadap kesehatan mata masyarakat Indonesia, OPTIK SEIS - salah satu optik ternama di Indonesia, memberikan kontribusi nyata dengan terjun langsung ke masyarakat dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia. Tidak hanya memberikan kacamata gratis namun dalam kesempatan ini OPTIK SEIS juga memberikan pemeriksaan mata secara gratis kepada masyarakat khususnya anak-anak.

 “CSR pemeriksaan mata untuk anak anak adalah kegiatan rutin OPTIK SEIS untuk dalam rangka World Sight Day  Kami  melihat banyak anak anak yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya membutuhkan kacamata. Kami mendapati bahwa 30 – 50% anak yang kami periksa memiliki masalah dengan penglihatan mereka. Kami berharap akan lebih banyak lagi anak yang diperiksa matanya sehingga masalah masalah mata mereka dapat lebih cepat dihindari” demikian yang disampaikan  Rudhy Buntaram, Director OPTIK SEIS.

Karena hal tersebut, sehingga pada peringatan tahun ini OPTIK SEIS JAYA bekerja sama dengan ESSILOR INDONESIA akan melaksanakan CSR untuk memperingati WORLD SIGHT DAY 2021 ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan di SMP Pangerasan Bogor yang merupakan sekolah yang dibina oleh YAYASAN SOEKARSENO PEDULI, miliki keluarga Cinta Laura.  

Di SMP Pangerasan Bogor ini terdapat lebih dari 250 siswa dan guru mengikuti kegiatan CSR yang dilakukan oleh OPTIK SEIS. Hasilnya, dari semua jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini, 25% diantaranya harus memakai kacamata minus dan juga mereka menemukan adanya siswa yang menderita minus hingga minus 3 dan hal tersebut tidak disadari oleh yang bersangkutan.

Selain memberikan pemeriksaan gratis dan juga melakukan edukasi mengenai kesehatan mata, pada kesempatan kali ini juga digunakan oleh OPTIK SEIS untuk memberikan donasi NoteBook kepada para tenaga pengajar dan siswa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi OPTIK SEIS dalam mendukung perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Cinta Laura, selaku Wakil Ketua Yayasan Soekarseno. Selebriti lulusan Columbia University itu juga hadir dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh OPTIK SEIS di sekolah binaannya. Dalam kesempatan itu pun, Cinta menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak OPTIK SEIS yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Ia juga ikut serta menghimbau kepada masyarakat luas agar sekiranya mereka dapat memeriksakan mata 6 bulan sekali.

Ditulis oleh Siti Radibah Imatufariq

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI