Menabung Itu Bukan Soal Privilege, Cek 4 Situasi yang Bikin Kamu Terjebak Kesalahan Finansial

Selasa, 27 Juli 2021 10:00 Penulis: Iwan Tantomi
Menabung Itu Bukan Soal Privilege, Cek 4 Situasi yang Bikin Kamu Terjebak Kesalahan Finansial
credit via shutterstock

Kapanlagi Plus - "Kerja bertahun-tahun masa nggak punya tabungan?" Mungkin sekali dua kali kamu pernah menerima pertanyaan seperti itu. Apalagi jika kenyataannya memang benar adanya. Nggak perlu merasa tersinggung lebih dulu. Sebaliknya, cobalah untuk menyikapinya secara baik-baik sebagai evaluasi diri, kenapa hal tersebut bisa sampai kamu alami.

Lagi pula, menabung sendiri bukanlah perkara privilege. Sebab, mau enam atau tujuh digit nominal gajimu, mestinya bisa tetap punya tabungan, kan? Sambil mencari tahu penyebabnya, coba cek dulu beberapa kesalahan berikut ini, siapa tahu telah menjadi jebakan finansial yang nggak kamu sadari.

Nggak Pernah Menjadikan Tabungan Sebagai Prioritas

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Saat menerima gaji untuk pertama kalinya hasil jerih payah sendiri, rasanya memang menyenangkan. Sampai-sampai segala hal yang ingin dimiliki sebelumnya, ingin segera diwujudkan. Sayangnya, beberapa orang terlena, hingga lupa nggak pernah menjadikan tabungan sebagai prioritas. Baru sadar, ketika ada yang menanyakannya.

Nggak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri, daripada terus disesali mending mulai prioritaskan untuk menabung dari sekarang. Bagaimanapun masa depanmu bergantung pada seberapa siap kamu menabung sejak dini, kan?

Selalu Tergoda Belanja Karena Gengsi

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Pergaulan yang luas, memang kerap mengundang gengsi. Lebih-lebih di era media sosial seperti ini, di mana melihat teman punya sesuatu yang baru, rasanya seolah nggak mau kalah dan ingin memilikinya juga. Akibatnya, godaan belanja meningkat. Belum lagi jika ada banyak promo menarik dari e-commerce favorit. Alih-alih berguna, gaji malah habis untuk kesenangan sesaat demi menuruti sebuah gengsi.

Pengeluaran Jajan yang Selalu Over Budget

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Nggak hobi belanja barang-barang mewah, tapi sering banget nongkrong bareng kawan-kawan, juga bisa jadi penyebab kenapa bisa sampai nggak punya tabungan. Tanpa disadari kebiasaan dikit-dikit hangout atau ngopi-ngopi dari kafe ke kafe cukup bikin pengeluaran membengkak.

Jika tidak, rasa mager dan kurang produktif selama di rumah saja, biasanya juga memicu craving berlebihan. Maunya ngemil terus. Segala makanan yang terlihat di aplikasi, penginnya dibeli. Tiba akhir bulan, baru sadar jika pengeluaran untuk jajan ternyata over budget. Imbasnya, jangankan menabung, kadang sampai perlu mengais sisa-sisa recehan untuk bertahan hidup di akhir bulan.

Selalu Telat Membayar Tagihan Bulanan

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Sebagai pekerja muda yang kadang masih belum memiliki tanggungan menafkahi keluarga, ada semacam kebebasan untuk menikmati hidup dengan berfoya-foya. Padahal, tagihan bulanan masih ada, entah bayar listrik, air, asuransi, maupun kartu kredit. Akibat telat melunasi tagihan, gaji jadi kerap berkurang banyak untuk membayar denda. Makin menyedihkan lagi jika jebakan finansial ini terjadi berulang kali, akibatnya hampir nggak ada sepeser uang yang bisa disisihkan untuk ditabung.

Setelah membaca beberapa poin tersebut, kira-kira kesalahan mana yang paling sering menjebakmu? Jangan dibiarkan begitu saja, karena lama-lama bisa mengancam kondisi finansial masa depan. Biar hidup #BebasDrama, saatnya mulai prioritaskan menabung dengan memanfaatkan DANA Goals. Kamu bisa membuat pos-pos untuk menyimpan dana sesuai tujuan yang dicapai. Dana yang tersimpan juga bisa kamu ambil sewaktu-waktu secara mudah, sehingga bisa diandalkan juga sebagai dana darurat.

Biar nggak telat bayar tagihan bulanan, manfaatkan saja fitur Subscription di DANA. Lewat fitur ini, kamu bisa mendaftarkan tagihan atau pembayaran penting pada aplikasi DANA, sehingga nggak sampai terlewat dari batas waktu pembayaran yang ditentukan. Fitur Subscription ini sangat membantumu untuk membayar beberapa tagihan bulanan secara tepat waktu, seperti listrik, air, asuransi, internet, telepon, kartu kredit maupun cicilan lainnya.

Selain itu, biar gaji nggak berlalu begitu saja sekadar buat menikmati gaya hidup, belajarlah untuk mengelolanya dengan mulai berinvestasi secara mudah lewat fitur DANA eMAS. Hadir dengan beragam kemudahan baik proses pembayaran maupun penjualan, DANA eMAS dapat kamu andalkan sebagai tumpuan hidup di masa depan. Bahkan, buat kamu yang ingin lebih serius menyongsong rencana pernikahan, DANA eMAS cocok dijadikan platform untuk mulai menyicil maskawin.

See? Menabung benar-benar bukan privilege buat orang kaya, tapi semua orang mampu melakukannya. Yuk, lepaskan diri dari jebakan finansial dan bikin masa depan lebih cerah dengan sadar menabung dari sekarang.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI