Menikmati Nyepi di Bali, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Jum'at, 04 Desember 2020 07:29 Penulis: Wuri Anggarini
Menikmati Nyepi di Bali, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Bali selalu menjadi destinasi yang sempurna untuk menikmati liburan yang mengusir penat. Apalagi banyak destinasi cantik yang menawarkan keindahan tersendiri di Pulau Dewata. Bali juga menjadi lokasi yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati escape getaway untuk mendapatkan ketenangan. Hal ini bisa kamu rasakan dengan maksimal saat menikmati momen Hari Raya Nyepi di Bali, lho.

Namun, sebagai hari besar yang dirayakan sebagian besar masyarakat Bali, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menikmati Nyepi di Bali agar liburan lebih maksimal. Apa saja?

Pahami Dulu Esensi Nyepi Itu Sendiri

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Nyepi adalah sebuah hari besar di mana masyarakat Hindu melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan. Mulai dari amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak pergi), amati geni (tidak menyaalakan api), hingga amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Meskipun kamu tidak merayakan nyepi, tapi setiap orang yang ada di Bali wajib menghormati masyarakat Bali yang sedang melakukan ritual di hari Besar tersebut. Nyepi sendiri biasanya dilakukan dalam waktu 24 jam yang dimulai dari setelah matahari terbit atau sekitar jam 06.00 pagi. Tapa brata penyepian ini sendiri selesai pada pukul 06.00 WIB keesokan harinya.

Panduan Membeli Tiket Transportasi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Karena saat Hari Nyepi seluruh aktivitas yang ada di Bali berhenti total. Jadi jika ingin melakukan perjalanan, sebaiknya perhatikan tanggal-tanggalnya. Hindari perjalanan yang bertepatan dengan Nyepi karena seluruh bandara dan terminal tutup total. Makanya penting banget memperhatikan tanggal pergi dan pulang jika ingin menikmati Nyepi di Bali.

Borong Makanan Favorit Sebelumnya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Semua industri tutup ketika hari raya Nyepi tiba. Jadi, demi bisa menikmati Nyepi dengan tenang di Bali, nggak ada salahnya menyiapkan persediaan makanan ringan atau makanan yang mudah dikonsumsi lainnya supaya nggak kelaparan saat akan menikmati liburan saat Nyepi di Bali.

Nggak Ada Koneksi Internet Saat Nyepi

Selain meniadakan aktivitas fisik, koneksi internet di Bali juga diputus saat Nyepi tiba, kecuali untuk obyek vital seperti kantor polisi, rumah sakit, BASARNAS, BMKG, pemadam kebakaran, dan sebagainya. Hal ini sudah menjadi kebijakan pemerintah provinsi Bali selama beberapa tahun dikarenakan koneksi internet dianggap sebagai bentuk hiburan. Jadi, biar nggak mati gaya nggak ada salahnya kamu save offline dulu untuk film atau serial yang ingin ditonton selama staycation nanti.

Agenda Liburan saat Nyepi: Staycation

(c) Citadines(c) Citadines

Momen Nyepi adalah saat yang tepat untuk menikmati staycation dengan maksimal. Saat hari besar ini berlangsung, kamu dilarang jalan-jalan di luar hotel. Namun, keliling dan menikmati fasilitas di sekitar hotel dengan tetap memperhatikan tata krama masih diperbolehkan kok. Inilah saat yang tepat untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalam hotel dengan maksimal.

Saat berada di dalam hotel, menyalakan lampu di kamar tetap diperbolehkan, tapi pastikan tirai jendela tertutup rapat. Jangan lupa perhatikan tata krama selalu. Misalnya hindari mengobrol terlalu keras dan perhatikan volume musik atau film yang sedang diputar. Jika sakit saat Nyepi, hubungi petugas hotel agar memanggilkan ambulans. Saat Nyepi, satu-satunya kendaraan yang boleh beroperasi hanya ambulans.

Dengan memperhatikan dos and don'ts saat menikmati Nyepi di Bali, liburan pun bisa berlangsung dengan maksimal. Cocok banget nih buat kamu yang ingin mencari ketenangan selama liburan. Biar pengalaman liburan semakin berkesan, pastikan pilih hotel yang menyediakan fasilitas lengkap untuk staycation di masa Nyepi. Citadines Berawa Beach Bali yang akan segera dibuka di tahun 2021 ini bisa jadi rekomendasi terbaik yang membuat liburan semakin menyenangkan nih!
Berlokasi di Canggu, Citadines Berawa Beach Bali berada di lokasi yang strategis dengan berbagai pusat hiburan. Begitu Nyepi usai, kamu bisa melangkahkan kaki dengan bebas buat main-main di Pantai Berawa.

Serunya lagi, hotel yang satu ini menawarkan konsep pet friendly. Jadi, kamu bisa menikmati liburan sambil membawa hewan kesayangan yang pastinya bisa jadi pengalaman lebih menyenangkan. Soal fasilitas juga nggak kalah memanjakan para pengunjungnya. Kamu bisa menikmati kolam renang, gym, spa, all day dining restaurant atau social kitchen yang ada di rooftop.

Kenyamanan yang diberikan juga semakin maksimal karena Citadines Berawa Beach Bali menerapkan protokol kesehatan ketat dengan standar Ascott Cares yang dikembangkan oleh para ahli Bureau Veritas Health, Safety and Hygiene. Beberapa protokol kesehatan yang dijalankan antara lain penggunaan APD, menyediakan sarana cuci tangan dan memberlakukan aturan jaga jarak. Pihak Ascott Cares juga menyediakan kamar khusus untuk kondisi darurat yang bekerja sama dengan fasilitas kesehatan setempat.

Citadines Berawa Beach Bali bakal jadi hotel yang memberikan pengalaman staycation di Bali dengan aman, nggak perlu merasa was-was!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI