Merasa Dicurangi, Ahok Marah-Marah Pada Petugas TPS Osaka Jepang

Senin, 15 April 2019 11:22 Penulis: Guntur Merdekawan
Merasa Dicurangi, Ahok Marah-Marah Pada Petugas TPS Osaka Jepang
Basuki Tjahaja Purnama © Instagram/ahokbtp


Kapanlagi Plus - Pemilihan Umum 2019 di Indonesia baru dimulai pada Hari Rabu (17/4). Namun bagi WNI yang sedang berada di luar negeri, event 4 tahunan ini dilakukan lebih cepat, yakni antara 9 hingga 14 April. Basuki Tjahaja Purnama (BTP) contohnya. Beliau menggunakan hak pilihnya di Osaka, Jepang pada Hari Minggu (14/4) kemarin.

Nah ada sebuah kejadian menghebohkan pada saat Ahok nyoblos di Negeri Matahari. Dari sebuah video yang beredar, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat marah besar pada para petugas TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Ahok dengan gaya khasnya yang tegas, menyuarakan kritik dan protesnya di hadapan publik dengan nada yang lantang dan berapi-api. Yang jadi pertanyaan, apa pemicu dari amarah Ahok kala itu?

 

 

1. Merasa Dicurangi

Dari percakapan yang terdengar, Ahok marah karena merasa antreannya diserobot orang lain. Tentu saja pria kelahiran Bangka Belitong ini tak terima. Beliau khawatir jika hal ini terus terjadi, maka banyak orang yang akan kehilangan hak suaranya karena kehabisan surat suara.

"Walaupun saya nomor 8, tapi kalau ini duluan lalu surat suara habis, hilang hak suara saya, pak. Itu buat yang belum terdaftar pak, saya terdaftar. Layanin yang punya ini dulu, baru mereka," ujar Ahok dengan nada lantang.

Pihak TPS sendiri kala itu berusaha menjelaskan dan menenangkan Ahok. Sayangnya, suara mereka tak terdengar dengan jelas pada video yang beredar.

 

2. Sudah Nyoblos

Terlepas dari polemik yang terjadi, Ahok akhirnya menyumbangkan satu suaranya pada Pemilu 2019. Hal itu ditunjukkannya lewat sebuah postingan di akun Instagram sambil mengkampanyekan anti golput untuk warganet.

"Baru saja selesai memberikan hak suara pada Pemilu 2019 di Osaka, Jepang. Ayo Memilih, Jangan Golput!," tulis Ahok pada caption foto postingannya.

Ahok juga mengacungkan jari telunjuk yang telah dicelupkan ke dalam tinta ungu sebagai bukti telah mencoblos. Sementara itu pada latar belakang terlihat banner besar bertuliskan Pemilu 2019 Osaka.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI