Meski Kalah di Piala Dunia, Tim Jepang Bereskan Ruang Ganti Sendiri Sampai Bersih

Selasa, 03 Juli 2018 17:00 Penulis: Rahmi Safitri
Meski Kalah di Piala Dunia, Tim Jepang Bereskan Ruang Ganti Sendiri Sampai Bersih
Tim Jepang © AFP PHOTO/ATTA KANARE

Kapanlagi Plus - Jepang adalah negara harapan Asia di pentas Piala Dunia Rusia 2018. Mereka adalah satu-satunya negara Asia yang bertahan di babak 16 besar, walaupun pada akhirnya langkah mereka terhenti setelah gagal menahan Belgia yang memang menjadi unggulan banyak orang tahun ini.

Jepang bukan cuma mendapat pujian soal semangat mereka di atas lapangan hijau, Keisuke Honda dkk juga layak dicontoh lewat aksinya di luar pertandingan. Aktor top Indonesia yang juga mantan atlet, Joe Taslim, pun membagikan apa yang dilakukan oleh tim Jepang yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Joe mengunggah sebuah foto yang ternyata adalah ruang ganti tim Jepang saat melangsungkan pertandingan. Foto itu diambil Joe dari akun Twitter @priscillaboca yang sepertinya bertugas sebagai salah satu staf Piala Dunia yang mendampingi Jepang selama Piala Dunia.

"Ini adalah ruang ganti Jepang setelah kalah dari Belgia selama 94 menit. Mereka berterima kasih pada pendukung di stadion, membersihkan segalanya (bangku dan ruang ganti) dan bicara pada media. Bahkan meninggalkan catatan bertuliskan 'terima kasih' dalam bahasa Rusia. Contoh yang bagus untuk semua tim. Keuntungan bekerjasama dengan mereka," kata Priscilla, yang merupakan pengatur venue.

Begini rapinya ruang ganti pemain Jepang © twitter.com/priscillabocaBegini rapinya ruang ganti pemain Jepang © twitter.com/priscillaboca

Apa yang dilakukan tim Jepang ini juga benar-benar menyentuh hati Joe Taslim. Bintang film SURAT KECIL UNTUK TUHAN ini pun teringat pada event Asian Games yang sebentar lagi akan berlangsung di Indonesia. Joe berharap apa yang dilakukan Jepang ini bakal terjadi lagi di Asian Games mendatang.

"Sesuatu yang baik untuk kita semua jadikan inspirasi. Dalam olahraga kalah menang itu biasa, tapi di saat kita sudah memberikan yang terbaik untuk negara, itulah kehormatan tertinggi lebih dari medali dan berdiri di podium. Itulah esensi utama dari sportivitas olahraga dan nasionalisme olahraga, tidak membuat malu citra bangsa, image bangsa dan itulah mental juara sejati. Asian Games sudah dekat, mari kita resapi semangat positif ini untuk semua tim Indonesia yang berlaga di Asian Games nanti, memberikan performance hanya yang terbaik, tapi juga dengan nilai nilai baik, jujur, semangat, sportif, semangat tempur sampai titik darah penghabisan, tapi tetap kehormatan bangsa di atas segala-galanya," tulis Joe.

Mari doakan yang terbaik buat tim Indonesia di Asian Games mendatang! Semangat!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI