Meski Pandemi Covid 19 Belum Mereda, Influencer Satu Ini Malah Sukses Hadirkan Kuliner Rendah Kalori

Senin, 25 Oktober 2021 13:27 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Meski Pandemi Covid 19 Belum Mereda, Influencer Satu Ini Malah Sukses Hadirkan Kuliner Rendah Kalori
Richard Theodere © KapanLagi.com/ Irfan Kafril


Kapanlagi Plus - Banyak Pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) Susah Menghadapi Bisnisnya yang sulit berkembang apalagi pada masa pandemi. Meski begitu, sebenarnya tetap ada cara untuk memanfaatkan peluang pengembangan usaha meski ditantang oleh pandemi yang belum benar-benar reda.

Keberhasilan mengubah tantangan pandemi jadi peluang bisnis yang menjanjikan itu setidaknya tercermin dari bisnis yang dilakoni influencer Richard Theodere. Pemuda lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) Alam Sutera ini berhasil mengembangkan bisnis kuliner kekinian bersama dua sahabatnya, Renaldo Akhira dan Muh Faraz Nazari yang diberi nama Summer Minibar.

Saat ini mereka sudah memiliki lebih dari 50 cabang di seluruh Indonesia dalam waktu 2 tahun sejak pertama kali bisnis mereka dibuka. Ceritanya dimulai ketika Richard memutuskan resign sebagai karyawan di sebuah perusahaan dan membuka usaha sendiri dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

1. Awal Bangun Usaha

credit: KapanLagi.com/ Irfan Kafrilcredit: KapanLagi.com/ Irfan Kafril

Awal membangun usaha ini sangat tidak mudah, salah satunya yaitu mengedukasi dan membangun kesadaran produk kepada konsumen di market yang belum terlalu peduli tentang low calory & healthy produk. Melalui Summer Minibar Richard Thedore ingin memperkenalkan sekaligus menyajikan minuman dan makanan rendah calory serta bisa mejadi pilihan utama bagi customer yang ingin makan sehat, low calory, dan affordable.

"Sehingga konsumen juga nggak worry untuk mengkonsumsi rutin setiap hari produk kami," uangkap Richard dalam rilis yang diterima, Senin (25/10).

"Summer Minibar memfokuskan sebuah bisnis yang opex dan capex-nya kecil kami focus membuat konsep GRAB & GO yang bisa memaksimalkan sales atau pendapatkan dengan memaksimalkan semua sales channel-nya online maupun offline," lanjutnya.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa untuk biaya operasional pun terbilang low budget. Dengan konsep booth berukuran 3 x 2,2 atau 4 x 2,2 meter, Summer Minibar bisa pencatat penjualan jutaan sorbet per hari dengan kapasitas 50 cabang.

"Angka ini menjadi perbandingan 1 tahun sewa kami, 1 bulan sewa competitor brand lain. Jadi kami sudah menang dalam sisi cost untuk investasinya (Capex). Dengan 1 outlet mencapai sales 120 - 250 juta per bulannya," pungkasnya.

Ada banyak pilihan kuliner rendah kalori dengan beragam manfaatnya. Bisa pesan di ManisdanSedap.com dengan hadirkan banyak menu yang pastinya sehat dan enak. Yuk buruan order!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/irf/lmp)

Reporter:

Irfan Kafril



MORE STORIES




REKOMENDASI