Mirip Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Angel Hair, Bucatini, Fettucine, dan Spaghetti

Rabu, 26 Mei 2021 11:00 Penulis: Wuri Anggarini
Mirip Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Angel Hair, Bucatini, Fettucine, dan Spaghetti
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Banyak menghabiskan waktu di rumah, membuatmu punya kesempatan untuk memiliki hobi baru, termasuk memasak. Selain menghemat dana pesan makanan via ojol, bakat kuliner yang terasah juga bisa jadi modal membuka usaha, lho. Salah satu makanan yang mudah dibuat dengan ragam citarasa yang menggugah selera adalah pasta.

Ternyata, ada 500 bentuk pasta di negara asalnya, Italia. Tapi kali ini, yuk ulik beberapa pasta yang serupa tapi tak sama dan sering dijumpai di Indonesia.

Angel Hair

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Dianggap mirip dengan helaian rambut berwarna emas seperti malaikat, pasta ini lebih dikenal dengan sebutan Angel Hair. Untuk menghadirkan Little Italy in Style, pasta yang disebut juga Capellini ini bisa dihidangkan bersama saus marinara yang sederhana atau saus berbahan susu yang ringan.

Pastikan saja menguasai trik memasaknya, agar nggak overcooked yang bikin teksturnya terlalu lembek dan mudah hancur. Sambil menunggu air mendidih, panaskan saus marinara dan olive oil di wajah sedang menggunakan api kecil. Masak angel hair dalam air mendidih yang sudah diberi garam selama 2 menit. Langsung tarik pasta langsung dari air dan tambahkan langsung ke wajah berisi pasta. Sajikan selagi hangat dan hiasi dengan keju parmesan.

Bucatini

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berasal dari kata buco yang berarti lubang dalam bahasa Italia, pasta ini masih dibuat secara tradisional di Roma. Cocok untuk hampir semua jenis saus, pasta yang bentuknya mirip sedotan ini menjadi bahan utama hidangan khas Bucatini all'Amatriciana, yang dibuat dengan daging babi pedas dan saus tomat.

Butuh waktu 8-12 menit untuk memasak Bucatini, tapi kebanyakan justru memasaknya menjadi al dente dengan waktu memasak yang lebih singkat. Jika memilih pasta segar, gunakan saus berbahan dasar krim atau susu seperti Alfredo atau carbondara. Sedangkan pasta yang kering atau instan disarankan menggunakan saus berdaging dengan tekstur yang lebih kental.

Fettuccine

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berbeda dengan pasta sebelumnya, fettuccine dikenal sebagai pasta yang lebih tebal. Berarti pita kecil dalam bahasa Italia. Disebut-sebut sebagai salah satu jenis pasta tertua, pembuatannya mirip dengan mie telur. Berkat teksturnya yang tebal, pasta ini cocok dipadukan dengan saus krim alfredo.

Kalau ingin mencoba mencicipi Little Italy in Style, kamu bisa membuat campuran krim, mentega, keju, dan lada hitam. Bisa disajikan polos, maupun ditambahkan potongan daging ayam atau udang. Resep lainnya yang nggak kalah sedap adalah fettuccine carbonara yang dibuar dengan bacon, krim, telur, peterseli, keju, dan lada hitam. Super yummy and easy!

Spaghetti

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Salah satu jenis pasta yang paling terkenal dan jadi favorit pecinta kuliner, spaghetti biasanya berbentuk untaian yang cukup tipis. Berasal dari Napoli, ada berbagai cara untuk memasak spaghetti. Mulai dari spaghetti carbonara, meatball sauce, Bolognese, oglio olio, hingga yang lagi viral spaghetti brulee dengan serbuan keju bercitarasa gurih. 

Tak sulit mengusung nuansa Little Italy in Style, karena kini ada beragam saus spaghetti siap saji. Tinggal rebus pasta hingga al dente, lalu campurkan dengan saus instan untuk menu praktis dan lezat.

Ingin menikmati menu khas Italia tapi lagi mager mau beli bahan-bahannya? Tenang, beli saja di Lotte Mart yang ada di iStyle.id. Menawarkan berbagai bahan masakan yang lengkap, harganya pun cukup terjangkau, apalagi ada diskon hingga 27% yang bisa bikin uang belanjamu makin irit.

(*/eth/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI