Mudik Gratis Ke-29, Sido Muncul Berangkatkan 13 Ribu Orang

Minggu, 10 Juni 2018 10:55 Penulis: Guntur Merdekawan
Mudik Gratis Ke-29, Sido Muncul Berangkatkan 13 Ribu Orang
Irwan Hidayat / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi Plus - Jelang lebaran, satu hal yang jadi pikiran para pelancong adalah mudik ke kampung halaman. Nah mengingat musim libur nasional, maka arus mudik pastnya sangat padat, hingga tak jarang banyak yang kehabisan tiket transportasi. Untuk itu, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk punya sebuah solusi.

Ya, sejak tahun 1991 silam setiap tahunnya Sido Muncul selalu menyelenggarakan Mudik Gratis yang utamanya ditujukan pada para pedagang jamu se-Jabodebatek. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-29, di mana Sido Muncul memberangkatkan sekitar 13 ribu pemudik. Jumlah bus yang disediakan pun tak main-main, yakni 220 bus. Nantinya, 114 bus akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (9/6). Sedangkan 106 bus lainnya akan diberangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, SErang, Cikampek, Bogor dan Cibinong.

Mudik Bareng Sido Muncul tahun ini yang ke-29 / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaMudik Bareng Sido Muncul tahun ini yang ke-29 / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya


Keberangkatan para pemudik dari Jakarta ini akan dilepas oleh jajaran orang pemerintahan loh! Mereka adalah Sekretaris Jenderal Menteri Perhubungan RI Djoko Sasono, Sekretaris Jenderal Menteri Kesehatan RI Dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Ilyas Asaad, MP, MH, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Walikota  Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. Bambang Musyarawdana, M.Si, Jenderal TNI (HOR) A.M. Hendropriyono, Keluarga Hatta, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan jajaran direksi Sido Muncul.

"Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Mudik Gratis Sido Muncul tahun ini. Seluruh bus yang digunakan adalah bus AC, sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang saat perjalanan pulang. Para pemudik akan diberangkatkan ke delapan kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan Gunung Kidul," ujar Irwan, direktur Sido Muncul.

"Kami bersyukur, Sido Muncul masih bisa mengadakan Mudik Gratis ini. Bahkan bisa mencapai 29 kali adalah sebuah mukjizat. Setiap tahun, usai acara mudik, kami turut senang karena bisa melihat kebahagiaan para pemudik," lanjutnya.

Bis yang disediakan tahun ini ber-AC! / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaBis yang disediakan tahun ini ber-AC! / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya


Untuk masalah keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan pun sudah sangat diperhitungkan baik-baik. Ya, Mudik Gratis Sido Muncul juga menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk mengamankan perjalanan mudik. Bahkan sebelum keberangkatan, seluruh pengemudi akan melakukan tes urine untuk memastikan kondisi fisik prima saat berkendara.

Selain itu, dalam acara tahunan ini, Sido Muncul juga melakukan launching produk Kuku Bima Energi Plus Vitamin C. Produk ini merupakan varian baru dari Kuku Bima Energi yang memadukan minuman berenergi dengan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

Perjalanan mudik dikawal oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaPerjalanan mudik dikawal oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya


Mudik Gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan di Lapangan Parkir Timur Senayan dengan menggunakan 17 bus diikuti oleh 1200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik bukan hanya para pedagang jamu ataupun jamu gendong, tapi juga para pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga. Mudik Gratis Sido Muncul telah dilaksanan sejak 1991 dan hingga 2018 telah memberangkatkan sekitar 347.400 pemudik ke kampung halamannya.

"Tahun ini jumlah peserta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan ekonomi para pedagang jamu yang semakin membaik. Di samping itu, saat ini banyak perusahaan atau institusi yang juga menyelenggarakan mudik secara gratis," sambung Direktur Utama Sido Muncul, David Hidayat pada kesempatan sama.

Peserta mudik tahun ini lebih sedikit dari sebelumnya / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaPeserta mudik tahun ini lebih sedikit dari sebelumnya / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya


Penyelenggaraan Mudik Gratis Sido Muncul ini merupakan ide dari Jonatha Sofjan Hidajat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Sido Muncul. Awalnya, selama tiga tahun, dari 1991 sampai 1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak dihadiri banyak pejabat pemerintah. Saat itu yang mewakili direksi untuk melepas para pemudik adalah Marketing Manajer, Kris Irawan.

Pada 1994, Sido Muncul menyelenggarakan Mudik Gratis secara terkonsep dan optimal dengan memberikan hiburan bagi para pemudik, mempromosikan produk-produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas keberangkatan, serta mempublikasikan kegiatan Mudik gratis dengan pedagang tamu.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI