Mudik ke Ciamis? 10 Kuliner Lezat Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Selasa, 14 Mei 2019 18:12 Penulis: Iwan Tantomi
Mudik ke Ciamis? 10 Kuliner Lezat Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Tinggal beberapa hari lagi, musim mudik bakal segera tiba. Beberapa orang pun berbondong-bondong melakukan perjalanan ke kampung halaman. Salah satu daerah yang kerap jadi tujuan mudik lebaran adalah Ciamis, Jawa Barat. Menariknya, selain keindahan alam yang memesona, Ciamis ternyata surga kuliner yang tak boleh kamu lewatkan saat mudik lebaran ke sana.

Saking lezatnya, bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui #PesonaMudik2019 di Ciamis sungguh luar biasa. Pesona destinasinya bersanding manis dengan kuliner yang dimilikinya.

"Kuliner Sunda itu sangat khas dan selalu menjadi pilihan banyak wisatawan. Ini yang membedakannya. Apalagi dengan suasana Tanah Parahyangann yang begitu indah menambah nikmat kuliner di Ciamis," kata Menpar Arief Yahya, Selasa (14/5).

Penasaran ada tempat kuliner apa saja di Ciamis? Berikut #10TopPesonaKulinerLebaran Ciamis yang mampu menggoyang lidah.

Pindang Gunung

Jangan mengaku penggemar ikan pindang, jika belum merasakan nikmatnya ikan pindang gunung, yang menjadi salah satu ciri khas masakan obyek Wisata Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.

Dengan rasa asem dan pedas, ikan laut jenis kakap yang diaduk dengan rempah-rempah tradisional ini, siap memanjakan lidah anda, selain itu anda juga bisa langsung melihat proses pembuatan pindang gunung.

Pindang Gunung adalah makanan sejenis Sop Ikan yang mempunyai rasa berbeda karena campuran bumbunya yang khas. Jenis makanan ini banyak dijumpai di Ciamis Selatan, khususnya Pangandaran, Parigi, Cijulang dan Cimerak.

Mie Glosor

Sesuai dengan namanya, Jenis mie ini mempunyai tekstur yang licin dan mudah untuk diseruput. Sebenarnya makan ini bukan hanya makanan khas Ciamis saja, Anda juga dapat menemuinya di daerah Tasikmalaya dan Bogor. Namun resep asli mie glosor paling populer adalah dari Ciamis.

Jika dibandingkan dengan mie biasa, ukuran mie glosor lebih besar. Kesan licin dan warna kuning pada mie ini dikarenakan bahan dasarnya adalah tepung kanji. Banyak yang mengatakan bahwa mie glosor ini merupakan gabungan antara pasta spagetti dan potongan panjang rumput laut.

Mie glosor bisa disajikan sebagai mie kuah maupun mie goreng. Namun di Ciamis, mie ini terkenal dengan penyajiannya sebagai mie bakso. Sensasi licin pada mie disertai dengan potongan daging dan bakso serta kuah yang menyekarkan akan menggoyangkan lidah.

Mie Bakso Agah H. Oding

Yang suka mie bakso jangan lupa mampir ke Mie Baso Agah H. Oding ini, Tempatnya memang berada di pertigaan Condong Ciamis atau dekat LP Ciamis. Pokoknya kalau pulang dari Pangandaran terlewati.

Mie bakso yang satu ini memang berbeda dengan mie yang lazim menemani semangkok bakso. Mie buatan H Oding ini memiliki cita rasa yang khas. Warnanya kuning serta diolah dari bahan tepung kanji (aci). Bila ditelisik, wujudnya mirip seperti rumput laut dan spagheti.

Saat dimakan atau lebih tepatnya diseruput, mie ini tergolong licin. Tak perlu rumit melunakkannya karena mie ini langsung meluncur lembut ke tenggorokkan.

Nasi Tutug Oncom

Perjalanan kuliner selanjutnya adalah ke warung nasi TO (Tutug Oncom) di depan SMP 2 Ciamis, atau 500 meter sebelah timur Polres Ciamis. Menu andalannya adalah nasi TO spesial ayam goreng.

Nasi tutug oncom merupakan masakan khas Sunda yang dibuat dengan campuran nasi dengan oncom serta bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ini terdiri dari bawang, kencur dan berbagai jenis rempah lainnya.

Selain tutug oncom yang jadi menu andalannya, warung makan ini juga memiliki ragam menu lain seperti ayam goreng atau ikan goreng yang enak dinikmati bersama dengan lalapan plus sambal pedas.

Galendo

Galendo adalah penganan yang dihasilkan dari proses membuatan minyak kelapa ini memang identik dengan kota Ciamis. Galendo terbuat residu yang dihasilkan dalam proses pembuatan minyak kelapa atau disebut juga sebagai minyak keletik.

Dalam perkembangannya, selain dijual dengan rasa original atau asli, kini galendo juga divariasikan dengan makanan lain. Misalnya, dikombinasikan dengan coklat sehingga menghasilkan rasa dan nama yang unik, yaitu galecok, atau galendo coklat (galecok dalam bahasa sunda berarti ngobrol dengan akrab).

Rumah Makan Jeruk

Sekitar 400 meter dari tanjakan Cibeka kamu juga akan menjumpai rumah makan yang sangat terkenal. Bangunannya memang sederhana, tapi pengunjungnya sampai antre untuk mencicipi sedapnya Pepes Ikan yg menjadi Menu andalannya.

Pemilik Warung Jeruk juga tetap mempertahankan interior bangunannya yang hanya  terbuat dari bilik bambu. Tak hanya Pepes Ikan yg menjadi incaran pengunjung, ada juga Sambal dan Lalapan lainnya.

Zorojoy

Tempat Makan ini terletak di daerah Perumahan Kertasari Ciamis. Tempatnya jauh dari hirup pikuk keramaian kota. Suasana pesawahan dan kolam  ikan yg mengelilinginya menambah nikmati berwisata kuliner di restoran ini.

Menu Spesial dari Zorojoy adalah bakar ikan. Namun ada lagi menu lainnya yg tak kalah nikmat. Ada Tempe Mendoan, Oseng kangkung/Genjer, pencok leunca, Karedok, Sup Gunung Ikan Gurame, Gurame Asam Manis dan lain-lain.

Rumah Makan AMPERA

Masih disitu letaknya juga di Kawassan Alun-alun Ciamis, Rumah Makan ini juga sangat terkenal. Lagipula pendiri Rumah Makan ini adalah asli Ciamis dan sekaligus membanggakan Ciamis juga pastinya.

Rumah Makan AMPERA Ciamis ini terletak tepat di depan Samping Taman Raflesia/Alun-alun Ciamis. menyajikan makanan khas sunda. Rumah  Makan Ampera ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota ciamis, tidak mengunjungi wisata kuliner yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Cocorot

Cocorot merupakan makanan yang terbuat dari gula aren dan beras yang dikemas dalam daun pisang muda. Cocorot ini dibungkus dengan bentuk yang unik. Yep, bentuk makanan ini terlihat mirip dengan terompet. Unik sekali, bukan? Cocorot memiliki cita rasa manis. Makanan satu ini dijamin bisa membuatmu ketagihan.

Makanan ini diolah pribadi dari tangan masyarakat lokal dengan materi sederharna tercipta makanan-khas yang sangat digemari dari masa ke masa. Makanan yang satu ini banyak dijumpai di wilayah Ciamis bagian Selatan, khususnya di daerah Pangandaran, Cimerak, Cijulang dan Parigi.

Sale Pisang

Bila kamu melakukan perjalanan ke daerah Kabupaten Ciamis, sebaiknya mampir dulu di Outlet Pak Tarwa yang jaraknya dari pusat kota kurang lebih lima kilometer, tepatnya di Kecamatan Cijeungjing, yaitu arah menuju Kota Banjar. Di sini yang terkenal adalah makanan khas Sale Pisang. Sale pisang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain memiliki rasa yang gurih, pisang yang digunakan juga merupakan pisang pilihan.

Makanan yang satu ini mungkin sudah nggak asing lagi. Tapi yang beda dari sale pisang khas Ciamis ini adalah dibuat dengan menggunakan bahan dasar cau ambon (pisang ambon) asli Ciamis. Kabarnya sale pisang ini juga sudah terkenal dan dijual ke mancanegara. Sentra produksi dari sale pisang ini terletak di kecamatan Banjarsari, Padaherang, Lakbok dan Cijeungjing.

(*/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI