Negara Ini Memiliki Pasukan Tentara Elit Wanita Pertama di Dunia

Rabu, 19 April 2017 06:18 Penulis: Agista Rully
Negara Ini Memiliki Pasukan Tentara Elit Wanita Pertama di Dunia
NBC News

Kapanlagi Plus - Mengingat kondisi medan perang yang keras dan cenderung kejam, tak heran bila angkatan bersenjata tiap negara didominasi oleh kaum pria. Meski demikian kemampuan para wanita di era modern ini juga tak bisa diragukan lagi. Bahkan wanita bisa jadi senjata yang lebih mematikan di medan perang daripada pria lho!

Adanya peraturan signifikan di daerah tertentu yang harus dilindungi, seperti Afghanistan yang melarang tentara pria berkomunikasi dengan warga berjenis kelamin wanita. Adanya perlakuan khusus ini membuat kebutuhan akan tentara wanita yang terampil semakin meningkat.

Norwegia adalah satu-satunya negara yang memiliki pasukan elit berisi anggota wanita  NBC NewsNorwegia adalah satu-satunya negara yang memiliki pasukan elit berisi anggota wanita NBC News

Oleh sebab itu Norwegia menjadi negara NATO pertama yang memiliki pasukan elit sekelas Kopassus atau SWAT yang beranggotakan kaum Hawa. Ketika Amerika Serikat baru mencabut peraturan batasan jenis kelamin lebih dari satu tahun lalu, Norwegia telah melakukannya sejak tahun 1980.

Jegertroppen atau Pasukan Pemburu dibentuk pada tahun 2014 lalu. Unit ini berisi sejumlah tentara wanita dengan keterampilan mumpuni. "Ketika Norwegia ditugaskan ke Afghanistan, kami menyadari bahwa tentara wanita dibutuhkan. Para tentara wanita ini nantinya akan menyelamatkan Ibu dan anak-anak," ujar Kolonel Frode Kristofferson dilansir dari NBC News.

Untuk menjadi anggota pasukan ini, pendaftar harus lari sejauh 6 Kilometer dengan memanggul tas 27 kilogram dalam 52 menit  NBC NewsUntuk menjadi anggota pasukan ini, pendaftar harus lari sejauh 6 Kilometer dengan memanggul tas 27 kilogram dalam 52 menit NBC News

Para anggota unit Jegertroppen dapat melakukan semua hal yang dilakukan oleh para tentara pria bahkan sama baiknya. "Kami memanggul beban yang sama dengan yang dipanggul para pria. Kami juga melakukan tugas yang sama," ujar Tonje, salah seorang anggota pasukan spesial tersebut.

Untuk menjadi seorang pasukan Jegertroppen, para pendaftar harus bisa berlari sembari memanggul tas berisi peralatan militer seberat 27 Kilogram selama 52 menit, lebih 3 menit dari rekor para pria. Bila tak mampu maka tak akan lolos seleksi pasukan militer elit Norwegia tersebut. Tertarik untuk mencoba?

(nbc/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI