Ngeri! Seorang Wanita Nyaris Buta Karena Tak Lepas Soft Lens 5 Bulan

Kamis, 31 Agustus 2017 08:18 Penulis: Agista Rully
Ngeri! Seorang Wanita Nyaris Buta Karena Tak Lepas Soft Lens 5 Bulan
© istimewa

Kapanlagi Plus - Para pengguna softlens pasti paham betul soal larangan pemakaian benda ini saat tidur. Rupanya larangan ini ada bukan tanpa alasan, pemakaian lensa kontak saat tidur dapat menyebabkan aliran oksigen ke mata jadi terganggu. Akibatnya, kornea jadi iritasi dan yang paling parah bisa menyebabkan kebutaan.

Adalah Chen (nama samaran), wanita yang kerap menggunakan lensa kontak saat tidur. Harga yang harus dibayarnya juga tinggi akibat kebiasaan buruk ini. Chen nyaris buta!

Gadis berusia 21 tahun ini baru tahu tentang kondisi matanya yang tidak bagus setelah merasa penglihatannya terganggu. Berdasarkan analisa dokter, ternyata ada lapisan di bola mata Chen. Lapisan tersebut adalah lensa kontak yang telah menyatu dengan matanya sehingga menyebabkan pembengkakan dan iritasi.

Chen, seorang wanita China harus dioperasi karena mengenakan soft lens selama 5 bulan tanpa dilepas © World of BuzzChen, seorang wanita China harus dioperasi karena mengenakan soft lens selama 5 bulan tanpa dilepas © World of Buzz

"Itu tidak mungkin! Aku tidak mengenakan lensa kontak akhir-akhir ini," sanggah Chen saat didiagnosis sang dokter. Tapi Chen barulah ingat bahwa dia memang tidak melepas lensa kontaknya selama lima bulan bahkan lensa kontak tersebut dikenakannya ketika tidur dan beraktifitas kembali keesokan pagi.

Dilansir dari World of Buzz, kornea mata Chen pun sampai berlubang. Akibat lubang ini, mata sebelah kanannya buta total dan dia baru bisa melihat kembali bila dilakukan transpaltasi kornea baru.

Chen harusnya merasa beruntung karena usai operasi pengambilan lensa kontak yang tertinggal tersebut, matanya tidak cidera berlarut-larut. Dokter memberinya perawatan anti inflamasi dan Chen akhirnya dilarang mengenakan soft lens lagi. Dokter pun menyarankan bagi pengguna lensa kontak untuk tidak mengenakannya lebih dari 6 jam per hari dan rutin melepasnya saat hendak tidur. Nah, dengarkan pesan dokter ya KLovers.

(wor/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI