Ok Google Bagaimana Cara Menggunakan Perintah Ini di HP, Pahami Langkah Mengaktifkannya

Kamis, 07 Oktober 2021 17:11 Penulis: Nurul Wahida
Ok Google Bagaimana Cara Menggunakan Perintah Ini di HP, Pahami Langkah Mengaktifkannya
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Mengucapkan kata 'OK Google Bagaimana Cara' menjadi langkah pertama menggunakan fitur Google Assistant. Pengguna bisa mengaktifkan aplikasi ini melalui ponsel secara gratis. Sedangkan cara menggunakan OK Google di perangkat juga sangat mudah bahkan praktis banget.

Kecanggihan teknologi saat ini memang sangat membantu setiap orang melakukan berbagai hal. Salah satunya produk bentukan Google yakni Google Assistant, memudahkan pengguna mencari kebutuhan mereka di perangkat ponsel secara praktis.

Di mana kalian dapat mencari berbagai hal hanya dengan mengucapkan kata Ok Google. Nantinya Google Assistant akan merekam suara kalian dan melakukan penelusuran informasi yang kalian butuhkan.

Misalnya saja 'Ok Google Bagaimana Cara Membuat Kue Bolu', maka nantinya Google Assistant akan menelusuri berbagai informasi yang tersedia di internet. Sehingga kalian tak perlu repot lagi mengetik dan menelusuri secara manual.

Nah berikut ulasan lengkap 'Ok Google Bagaimana Cara' menggunakan fitur ini di HP. Selengkapnya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang fitur Ok Google.

1. Kegunaan Google Assistant

Adanya fitur bernama Google Assistant memang sangat memudahkan setiap orang mencari dan mengetahui sesuatu hanya dengan memberi perintah pada Google Assistant. Ada banyak sekali kegunaan Google Assistant yang perlu pengguna ketahui. Selengkapnya berikut kegunaan Google Assistant yang sangat beragam.

- Google Assistant dapat digunakan untuk mengirimkan pesan baik elektronik mail ataupun pesan lainnya.

- Google Assistant bisa digunakan untuk menelpon seseorang dari ponsel kalian hanya dengan memberi perintah pada Google Assistant.

- Google Assistant dapat digunakan untuk membuat pengingat.

- Google Assistant bisa difungsikan untuk translate bahasa sesuai kebutuhan kalian.

- Google Assistant bisa digunakan untuk mengatur penjadwalan aktivitas kalian.

- Google Assistant bisa diperintahkan untuk mengunjungi situs tertentu sesuai kebutuhan kalian.

- Google Assistant bisa diperintahkan untuk membuka aplikasi.

 

2. Cara Mengaktifkan Ok Google di Ponsel

Setelah tahu kegunaan Google Assistant seperti ulasan sebelumnya, kalian juga perlu tahu cara mengaktifkan fitur ini di ponsel. Namun perlu diketahui bahwa fitur Google Assistant pada smartphone Android bisa diakses pada versi Android 5.0 ataupun aplikasi Google versi 6.12. Berikut cara mengaktifkan Ok Google di ponsel.

- Pertama buka aplikasi Google pada ponsel Android kalian.

- Lalu pilih Foto Profil atau Nama kalian pada bagian kanan atas.

- Pilih Setelan.

- Lalu pilih Suara.

- Setelah itu bagian Ok Google, klik Voice Match.

- Lalu Aktifkan Ok Google.

- Maka fitur Ok Google secara otomatis akan aktif.

 

3. Cara Menggunakan Perintah \'Ok Google Bagaimana Cara\'

Cara menggunakan 'Ok Google Bagaimana Cara' sebenarnya sangatlah mudah. Kalian hanya perlu masuk Google Assistant pada perangkat ponsel di mana Google Assistant ini biasanya sudah tersedia di ponsel. Namun buat kalian yang belum memiliki aplikasi Google Assistant dapat mengunduh dan menginstalnya melalui Play Store.

Selain itu kalian bisa mengatur berbagai bahasa untuk melakukan penelusuran dengan Ok Google. Beberapa bahasa yang bisa digunakan untuk memberikan perintah yakni seperti bahasa Arab, Indonesia, Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Spanyol, dan seterusnya.

Lalu bagaimana cara menggunakan perintah 'Ok Google Bagaimana Cara'. Kalian bisa menggunakan fitur Ok Google Bagaimana Cara melalui tombol home ataupun aplikasi Google. Selengkapnya berikut cara menggunakan perintah 'Ok Google Bagaimana Cara'.

1. Cara Menggunakan 'Ok Google Bagaimana Cara' via Tombol Home

- Pertama tekan dan tahan tombol Home pada ponsel kalian sambil ucapkan Ok Google.

- Nantinya akan muncul notifikasi Google Assistant, aktifkan jika fitur ini belum aktif pada perangkat kalian.

- Lalu kalian bisa memberikan perintah dengan mengucapkan Ok Google Bagaimana Cara.

2. Cara Menggunakan 'Ok Google Bagaimana Cara' via aplikasi Google

- Pertama buka aplikasi Google di ponsel.

- Setelah itu tekan ikon mikrofon lalu ucapkan Ok Google.

- Kalian dapat memberi perintah 'Ok Google Bagaimana Cara…'

 

4. Contoh Perintah \'Ok Google Bagaimana Cara\'

Setelah mengetahui beberapa penjelasan tentang fitur Ok Google, kalian bisa menggunakan beberapa perintah yang bisa diakses dengan fitur ini. Sehingga dapat memudahkan kalian mencari dan menelusuri informasi sesuai kebutuhanmu. Selain itu Ok Google juga bisa digunakan untuk pengingat atau alarm. Nah berikut ini contoh perintah Ok Google Bagaimana Cara.

- Ok Google Bagaimana Cara Masak Menu Ikan.

- Ok Google Bagaimana Cara Memasang Tali Sepatu.

- Ok Google Tunjukkan Rute ke Pantai.

- Ok Google Bagaimana Cara Membuat Artikel.

- Ok Google Bagaimana Cuaca Hari ini.

Selain itu kalian bisa menggunakan perintah lainnya untuk memanfaatkan fitur Ok Google secara mudah. Di mana nantinya kalian hanya perlu mengucapkan perintah sesuai kebutuhan selanjutnya Ok Google akan merekam dan mendeteksi suaramu. Jika kalian ingin menggunakan perintah Ok Google untuk kirim Email maka nantinya kalian bisa menunjukkan isi pesan ataupun alamat email yang dituju.

Nah itulah ulasan tentang Ok Google bagaimana cara menggunakan perintah ini di HP. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu menggunakan fitur Ok Google lebih maksimal.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI