Parkir di Trotoar, Ibu Ini Malah Marah Waktu Mobilnya Diderek

Sabtu, 15 April 2017 14:18 Penulis: Agista Rully
Parkir di Trotoar, Ibu Ini Malah Marah Waktu Mobilnya Diderek
sudinhub_jakbar

Kapanlagi Plus - Kesadaran untuk menaati peraturan lalu lintas di Indonesia tampaknya masih kurang. Hal ini sering ditemui dari banyaknya pelanggaran yang terjadi di jalan raya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya angka pelanggaran lalu lintas yakni minimnya pengetahuan tentang rambu, peraturan, dan marka lalu lintas, kebiasaan melihat pelanggaran lalin yang dibiarkan, hingga praktik 'damai'.

Tak heran bila masih banyak pengguna jalan di Indonesia yang cenderung ugal-ugalan dan berlaku seenaknya sendiri. Seperti seorang Ibu berpenampilan trendi di Jakarta ini. Dalam akun instagram resmi Dinas Perhubungan Jakarta Barat, terdapat seorang Ibu yang justru marah-marah saat mobilnya diderek karena parkir di trotoar.

Jadi kalo parkir di trotoar kaga boleh di derek gitu ? #dishub #dishubdki #dinasperhubungandkijakarta #dinasperhubungan #sudinhubjb #derek #jktinfo

A post shared by suku dinas perhubungan jakbar (@sudinhub_jakbar) on Apr 13, 2017 at 2:35am PDT

Parkir di trotoar masih termasuk ke dalam tindakan parkir liar yang melanggar Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebab dalam pasal tersebut disebutkan bahwa trotoar adalah fasilitas pendukung yang dikhususkan bagi pejalan kaki.

Part 2/3

A post shared by suku dinas perhubungan jakbar (@sudinhub_jakbar) on Apr 13, 2017 at 2:29am PDT

Sesuai dengan Pasal 247 Ayat 2 UU LLAJ, siapapun yang menyalahgunakan trotoar dan mengganggu fungsi trotoar bagi orang lain akan mendapatkan hukuman pidana paling lama 1 tahun atau denda Rp 24 juta. Sayangnya Ibu berambut panjang yang marah-marah pada petugas Dishub ini tak memahami hal tersebut.

Dalam video yang diunggah Kemarin (14/04), sang ibu malah berteriak dan enggan turun dari mobilnya. Tentu saja video ini menjadi viral, hingga saat ini saja video ini telah ditonton lebih dari empat ribu kali. "Jadi kalau parkir di trotoar nggak boleh diderek begitu?" tulis administrator akun Dinas Perhubungan Jakarta Barat tersebut.

Pada faktanya tindakan Ibu satu ini memang salah dan tidak dibenarkan secara undang-undang, seharusnya si Ibu tidak melawan balik para petugas Dinas Perhubungan ya KLovers? Usahakan untuk tidak meniru tindakan negatif ibu ini ya.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI