Patut Ditiru, Aksi Pemuda Punguti Sampah di Area GBK!

Sabtu, 25 Agustus 2018 07:04 Penulis: Iwan Tantomi
Patut Ditiru, Aksi Pemuda Punguti Sampah di Area GBK!
© Merdeka

Kapanlagi Plus - Aksi keren dan patut ditiru baru-baru ini datang dari kelompok pemuda di Jakarta. Lewat dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mereka gotong royong membersihkan area GBK. Kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari kampanye Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) yang digagas Kemenpora.

Lewat kegiatan GBK Clean Up Road to Asian Games 2018 bekerjasama dengan 13 komunitas peduli lingkungan seperti World Cleanup Day, Generation Foundation, Green Generation Indonesia, Youth For Climate Change Indonesia, Asean Reusable Bags, Pramuka, KMPA Eka Citra UNJ dan lain sebagainya, mereka memunguti sampah yang masih ada di sekitar kawasan GBK.

"Untuk tahun ini ada Asian Games yang harus kita meriahkan dan titik fokus utama sebagai tuan rumah agar tidak dikatakan sebagai bangsa yang jorok, yang tidak bersih," Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (12/8).

Menurutnya, pada acara ini ada sekitar 1.000 orang pemuda. Namun, pada saat Asian Games nanti pihaknya akan menerjunkan relawan di venue-venue di GBK paling tidak 1.500 pemuda yang setiap harinya akan membersihkan sampah-sampah di GBK.

"Semoga Indonesia bersih, bebas sampah dan pencetus penggunaan zero plastic di dunia dengan gerakan kita yang besar pada 2025," tambahnya.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM, Iptek dan Maritim Kemenko Maritim, Syafri Burhanuddin mengatakan Gerakan Indonesia Bersih ini adalah langkah awal sebelum sampah-sampah di Indonesia sampai ke laut, dan GBK Clean Up ini merupakan cerminan bangsa di mata ribuan tamu asing Asian Games.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI