Penyandang Disabilitas Bisa Nonton Asian Para Games 2018 Gratis!

Sabtu, 08 September 2018 10:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Penyandang Disabilitas Bisa Nonton Asian Para Games 2018 Gratis!
Asian Para Games 2018 © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Setelah Asian Games 2018, Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah bagi Asian Para Games 2018. Sebagai tuan rumah, ada beberapa fasilitas dan keistimewaan yang disiapkan untuk mendukung event ini.

Salah satunya adalah para penyandang disabilitas nantinya akan mendapat fasilitas oleh komunitasnya masing-masing. Fasilitas tersebut digunakan untuk memperoleh akses gratis ke lokasi pertandingan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari. Dirinya mengatakan jika hal tersebut adalah permintaan khusus dari Presiden Jokowi.

1. Permintaan Presiden Jokowi

"Saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games," pinta Jokowi dalam rapat tersebut, seperti dilansir Liputan 6.

Raja sendiri mengatakan jika akan langsung berkoordinasi dengan Kementerian Sosial terkait permintaan tersebut. Dirinya akan langsung berembuk mengenai skema seperti apa yang akan dipakai.

"Kami melalui badan dari Kementerian Sosial. Mekanisme tiketnya nanti dibuat skemanya, tetapi kita memilih untuk ke kelompok-kelompok (komunitas) untuk sampai ke tangan yang tepat," tutupnya.

2. 42 Negara Ikut Ambil Bagian

Selepas Asian Games 2018, Indonesia masih belum bisa berleha-leha. Kali ini, tanah air diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018.

Ajang ini akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2018. Karena ini adalah event yang bertaraf internasional, 42 negara akan ikut ambil bagian dalam event ini, mereka akan berjuang memperebutkan medali dari 18 cabang olahraga.

Sekitar 2.800 atlet, 1.200 official serta 500 media dari seluruh benua Asia diperkirakan akan tumplek blek di Indonesia. Untuk tahun ini, atlet tanah air diberikan target untuk meraih 19 medali emas.

3. Target 19 Emas!

"Target 19 emas tentunya peringkat tujuh. Namun, harapannya kita terinspirasi untuk mengikuti jejak para atlet Indonesia dalam Asian Games 2018 atau minimal 5 besar," ujar Sekretaris Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc), Bayu Rahardian, pada hari Rabu (5/9).

Inapgoc sendiri telah melaksanakan prosesi pengambilan api untuk obor Asian Para Games 2018. Api obor ini diambil di sumber Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Tak berbeda dengan Asian Games, obor tersebut nantinya juga akan diarak melalui beberapa kota. Dimulai dari Solo, obor tersebut akan dibawa ke Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan berakhir di Jakarta.

Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

(kpl/lip/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI