Perbedaan Alat Masak Dulu dan Sekarang, Lebih Kiyut Mana?

Rabu, 16 Oktober 2019 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
Perbedaan Alat Masak Dulu dan Sekarang, Lebih Kiyut Mana?
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Bagi yang punya hobi memasak, peralatan di dapur sudah pasti jadi hal yang wajib masuk dalam bucket list. Seiring berkembangnya zaman, kehadiran peralatan baru yang lebih modern sudah pasti menggantikan alat-alat tradisional. Kalau dibandingkan peralatan masak dulu dan sekarang, kira-kira lebih kiyut mana ya?

Kuali vs Panci Stainless Steel

Kuali yang terbuat dari tanah liat menjadi alat masak tradisional bahkan ada yang masih mempertahankannya hingga sekarang. Ada berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga, proses pematangan masakan pun cukup lambat apalagi jika dimasak di atas api tungku kayu bakar.

Kini, teknologi modern memudahkan siapa saja di dapur dengan adanya panci stainless steel. Bahannya yang dapat menghantar panas dengan cepat dapat mempersingkat waktu memasak. Selain itu, bahannya yang bebas karat bikin alat masak ini cukup awet digunakan memasak selama bertahun-tahun.

Alat Masak Tradisional vs Digital

Identik dengan alat memasak tempo dahulu, alat masak tradisional biasanya terbuat dari tanah liat, kayu, maupun bambu. Namun, terlalu sering terpapar panas atau lembap bisa bikin kondisinya kurang awet dan gampang rusak. Selain itu, pemakaiannya pun cukup tricky karena nggak bisa memprediksi waktu yang diperlukan untuk memasak. Terkadang, hidangan bisa jadi kurang matang atau sebaliknya gosong.

Teknologi modern menghadirkan berbagai alat masak digital yang memudahkan hidupmu. Tinggal pencet tombolnya lalu atur waktunya, makanan bisa disajikan tepat waktu. Bahkan kini ada satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai hidangan, mulai dari mengukus, memanggang, hingga merebus.

Masak dengan Kayu Bakar vs Kompor LPG

Orang-orang zaman dahulu menggunakan tungku sebagai satu-satunya cara untuk memasak. Di tiap rumah, ada satu atau dua lubang yang di bawahnya merupakan perapian tempat kayu dibakar. Nggak heran jika dulunya harus bersusah payah untuk mencari dan mempersiapkan kayu bakar kering sebelum memasak.

Kini, tak perlu repot memastikan persediaan kayu bakar, mau memasak kapan pun tinggal memutar kenop kompor. Alat masak dan dapur pun terjaga tetap bersih dari asap dan legam arang yang dihasilkan oleh tungku kayu bakar.

Kalau disuruh memilih masak dengan kayu bakar atau LPG, pastinya kamu lebih memilih LPG dong karena lebih ringkas dan nggak memakan banyak waktu. Tapi masih khawatir dengan isu gas bocor? Untungnya sekarang sudah ada Bright Gas yang memiliki fitur keamanan Double Spindle Valve System yang terjamin aman dari kebocoran gas. Fitur ini merupakan perlindungan ganda, ketika ada satu katup gas yang bocor, maka masih ada katup lain yang membuatnya tetap aman sehingga tak perlu khawatir lagi.

(c) Instagram/brightgas(c) Instagram/brightgas

Segel hologram pada tabung Bright Gas menjadi jaminan keaslian isi produk karena dilengkapi dengan fitur Optical Color Switch yang nggak mudah dipalsukan. Bright Gas sendiri tersedia dalam tabung kemasan 5,5kg yang ringkas sehingga bisa dibeli dengan mudah. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pesan antar via Pertamina Call Center 135 sehingga makin bebas ribet. Yuk, temukan promo menarik dengan follow akun media sosial @brightgas!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI