Piawai Berpolitik, Ternyata Ini Inspirasi Terbesar Puti Soekarno

Jum'at, 09 Februari 2018 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
Piawai Berpolitik, Ternyata Ini Inspirasi Terbesar Puti Soekarno
(c) Instagram/puti_soekarno

Kapanlagi Plus - Buah jatuh nggak jauh dari pohonnya. Pepatah yang satu ini rasanya pas kalau disematkan pada keluarga Soekarno, sosok presiden pertama RI. Gimana nggak, sebagian besar keturunannya kini banyak yang terjun ke dunia politik. Sebut saja, Megawati Sukarnoputri, Puan Maharani, dan yang sedang heboh dibicarakan akhir-akhir ini adalah Puti Guntur Soekarno.

Meski ayahnya, Guntur Soekarno Putra nggak terlibat dalam politik, sang putri justru punya karier yang cemerlang di bidang ini. Setelah sukses jadi anggota DPR RI, kini wanita yang akrab dipanggil Mbak Puti ini disandingkan dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), untuk menjadi Calon Wakil Gubernur dalam Pilkada 2018 nanti.

Reporter Merdeka.com mencoba untuk menjawab rasa penasaran banyak orang. Salah satunya adalah sebuah pertanyaan penting. Pintar politik, penasaran dong siapa yang jadi inspirasi terbesar sosok yang akrab disapa Mbak Puti ini?

Menjawab pertanyaan ini, anggota Komisi X DPR RI ini nggak memungkiri bahwa ‘takdir' tersebut adalah karena ia tumbuh dari keluarga yang punya latar belakang politik. Memiliki sosok kakek yang punya peranan sangat penting dalam politik di Indonesia, ia pun terinspirasi dan ingin ikut terjun ke dunia tersebut.

“Tentunya Bung Karno sangat mempengaruhi sekali pemikiran-pemikiran politik maupun kekaguman saya memang, dari kecil saya mengagumi ide dan gagasan beliau dan menjadi seseorang yang memang sangat mempengaruhi perjalanan politik saya,” terang Mbak Puti.

©Instagram/puti_soekarno

Ia juga mengagumi sosok Guntur Soekarno, yang tak pernah lelah membimbingnya dalam dunia politik. Sang ayah menjadi sumber mata air bagi Puti Soekarno. Begitu banyak pelajaran yang ia serap darinya, terutama tentang cara mencintai tanah air.

“Selain itu saya juga banyak dididik Papa sebenarnya, dan ajaran Bung Karno secara bertahap memberikan masukan dan saya disuruh baca buku-buku tulisan Bung Karno dari mulai yang tingkatnya humanis, penyambung lidah rakyat, sampai ke buku-buku di bawah bendera revolusi dan buku-buku Bung Karno lainnya,” cerita Puti kemudian.

(c) Instagram/puti_soekarno

Sosok sang tante, Megawati Sukarnoputri, juga memberi pengaruh besar bagi pengetahuan politik Mbak Puti. Menurutnya, Ibu Mega adalah seorang perempuan yang konsisten mengarungi semua dinamika politik yang ada di Indonesia ini.

Punya banyak inspirasi di bidang politik, jelas saja Puti Guntur Soekarno menjelma menjadi politisi dengan karier cemerlang saat ini. Semoga bisa menjadi contoh buat para generasi muda, ya!

(kpl/xpi/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI