Pilu! Alan Tito Nikahi Kekasih yang Sakit Parah, 3 Jam Kemudian Sang Istri Meninggal

Kamis, 01 Agustus 2019 12:19 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini
Pilu! Alan Tito Nikahi Kekasih yang Sakit Parah, 3 Jam Kemudian Sang Istri Meninggal
Alan Tito dan Daslina Sombi © instagram/alantito


Kapanlagi Plus - Reporter: Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua

Sebuah bukti cinta sejati baru saja ditunjukkan oleh pria bernama Alan Tito. Tak peduli pada sakit parah yang diderita Daslina Sombi, Alan tetap melanjutkan rencana untuk menikahi kekasihnya.

Senin, (22/7) lalu Alan melangsungkan akad nikah di dalam kamar rumah sakit tempat Daslina dirawat di kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Sekitar pukul 10.00 WITA, Alan mengucapkan akad nikah di hadapan keluarga dan sahabat.

Ketika akad nikah berlangsung, kondisi Daslina sedang drop. Sejak malam sebelumnya, kondisi Daslina memang sudah naik turun.

1. Daslina Terpejam Kala Akad

Ketika prosesi akad nikah berlangsung, Daslina terbaring lemah di ranjangnya. Dalam video pendek yang menjadi dokumentasi momen sakral ini, tampak selang-selang masih tertancap di tubuh mantan pegawai Bank BRI Baubau tersebut. Daslina pun memakai masker oksigen untuk membuatnya tetap bertahan pada kondisinya yang sudah memburuk.

Daslina nyaris tak membuka mata selama prosesi ijab kabul berlangsung. Namun kondisi ini tak membuat Alan mengurungkan niatnya untuk melangsungkan akad.

Total ada 7 orang yang ada di dalam kamar ketika Alan Tito mengucapkan akad di hadapan penghulu. Semuanya adalah kerabat dekat kedua mempelai, termasuk orangtua dan tante Daslina.

2. Daslina Mendadak Drop

Pada situasi yang genting seperti ini, Alan Tito mengucapkan akadnya dengan lancar. "Saya terima nikahnya, Daslina Sombi binti La Ode Sombi dengan seperangkat alat salat dibayar tunai," ucap Alan Tito.

Seluruh saksi pun menyatakan bahwa pernikahan tersebut sah. Penghulu pun mengumumkan bahwa Alan sudah resmi menjadi suami Daslina.

Namun hanya dalam hitungan detik setelah penghulu menyatakan sah, kondisi Daslina semakin memburuk. Di balik masker oksigen, napas Daslina naik turun dengan cepat.

3. Daslina Meninggal Dunia

Kondisi Daslina semakin menurun dan setelah akad selesai, ia sama sekali tak membuka mata. Beberapa kerabat tampak berusaha membangunkan Daslina, memberitahu bahwa ijab kabul sudah selesai, namun ia tak jua sadarkan diri.

Sementara itu detak monitor hemodinamik terus berbunyi dengan cepat. Daslina tak jua membuka mata meski kepalanya diusap-usap oleh kerabatnya.

Alan Tito yang sudah resmi menjadi suaminya pun menuju ranjang tempat Daslina dirawat. Ia mencium kening sang istri dan mengucap 'Bismillah'. Namun ciuman dari Alan tetap tak bisa membangunkan Daslina.

Tiga jam setelah akad berlangsung, Daslina dikabarkan meninggal dunia. Meninggalkan Alan dan seluruh keluarganya tepat di hari yang seharusnya menjadi momen bahagia tersebut.

4. 2 Tahun Pacaran

Dua tahun sudah Alan Tito dan Daslina menjalin cinta, dan pada Februari 2019 lalu mereka harus menghadapi kenyataan pahit. Daslina dinyatakan menderita sakit kanker kelenjar getah bening.

Daslina pun menjalani beberapa kemoterapi, namun menurut sahabat Daslina yang bernama Ajharo, usaha tersebut belum membuahkan hasil. Sebelumnya, Daslina sudah merasakan sakit namun diagnosa kanker baru muncul Februari lalu.

"Setahu saya Daslina pernah resign dari bank tempatnya bekerja sejak 2016. Waktu itu karena sakit. Pada Februari saya sempat bertemu, alhamdulillah masih sehat, tapi habis periksa di rumah sakit," ujar Ajharo Laode.

5. Rencana Menikah Sejak Ramadan 2019

Ajharo pun mengungkap bahwa rencana pernikahan Alan dan Daslina sudah disiapkan sejak Ramadan 2019 lalu. Dari undangan yang diunggah oleh Alan lewat akun Instagramnya, @alantito, sedianya mereka menikah pada 5 Agustus 2019 nanti.

Namun takdir berkata lain, dua hari sebelum akad nikah digelar, kondisi Daslina drop. Keluarga pun langsung membawa Daslina ke rumah sakit, dan mempercepat prosesi akad. Tetapi ternyata Daslina meninggal dunia 3 jam setelah akad nikah.

Orangtua Alan sendiri tak hadir dalam acara akad nikah tersebut karena kendala jarak. Mereka menyaksikan pernikahan Alan dan Daslina lewat sambungan video call dan memberi restu meski calon menantunya dalam kondisi sakit parah.

6. Viral

Hanya dalam waktu singkat, kisah pilu Daslina dan Alan Tito viral di dunia maya. Sebuah akun bernama Ocha Maesara Ariesty mengunggah foto Daslina dan menuliskan sepenggal cerita pasangan ini.

"Telah meninggal seorang wanita di RS Siloam Baubau hanya 3 jam setelah ia melangsungkan pernikahannya. Berikut kisah harunya. Untuk teman-teman yang bertanya," tulis Ocha.

Tak lama setelah status ini, beredar pula sebuah video pendek berdurasi 1.37 menit. Isi video tersebut adalah momen kala Alan dan Daslina akad di dalam kamar rumah sakit.

7. Alan Tito Bahagia Bisa Jadi Suami Daslina

Kini sudah lewat dari sepakan sejak Daslina meninggal dunia. Alan Tito pun masih berduka, dan ia terus mengunggah foto dan momen bersama Daslina di akun Instagramnya.

Alan mengaku bahagia dan bangga karena menikahi Daslina, yang tak hanya cantik tetapi juga berakhlak baik. Dalam postingannya, Alan juga mengunggah pas foto dan undangan serta momen ketika Daslina salat pada momen terakhir hidupnya.

Semoga tabah ya Alan.

(kpl/lip/phi)



MORE STORIES




REKOMENDASI