Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan RI Virtual Hadir di Rumah Digital Indonesia, Seseru Apa?

Sabtu, 14 Agustus 2021 07:27 Penulis: Wuri Anggarini
Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan RI Virtual Hadir di Rumah Digital Indonesia, Seseru Apa?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Lagi-lagi, nggak ada lomba makan kerupuk atau festival sepeda hias antar RT yang mewarnai perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Sudah mulai kangen? Tentu saja dong! Tapi di rumah saja bukan berarti bikin momen 17an tahun ini lebih muram. Kabar baik, perayaan HUT Kemerdekaan RI virtual terbesar dan pertama di Indonesia bakal hadir di Rumah Digital Indonesia yang didukung penuh oleh Kemenkominfo dan berbagai lembaga lainnya.

Saat gaya hidup sudah mulai bergeser di rumah saja, berbagai virtual activity memang jadi hiburan paling mumpuni. Hanya berbekal smartphone sambil duduk manis di rumah, kamu bisa merasakan gegap gempita puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI di Rumah Digital Indonesia yang akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Kira-kira bakal seseru apa ya?

Panggung Nasional: dari Bincang Bangsa, Komedi Lokal, sampai Konser Selebrasi

Selebrasi virtual yang terasa maksimal bisa kamu rasakan dalam Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia di Rumah Digital Indonesia. Panggung Nasional, panggung virtual yang menjadi salah satu highlight utama dalam event ini siap menanti dengan sederet program menarik.

Menyambut HUT Kemerdekaan RI yang Ke-76, ada program Bincang Bangsa yang merupakan diskusi kebangsaan bersama sosok ternama. Mereka di antaranya adalah Dr. Dedy Permadi, Faye Simanjuntak, Mandy CJ, dan Iyas Lawrence yang mengangkat topik tentang Perspektif Nasionalisme GenZ.

Selanjutnya, ada hiburan mengocok perut yang bisa kamu dapatkan dari para komika ternama. Sebut saja Abdur Arsyad, Arief Brata, Aci Resti, Indra Jegel, dan Ge Pamungkas yang akan bermain kuis Pantang Mundur.

Puncak kemeriahan bisa kamu saksikan langsung dalam Konser Selebrasi Kemerdekaan. Sebuah kejutan spesial hadir di sini karena menghadirkan lagu-lagu perjuangan yang diaransemen ulang bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Angel Pieters, Jemimah Cita, Putri Ariani, Infinito Singers, Papermoon Puppet Theater, dan Najwa Shihab. Wah, mulai penasaran seperti apa aransemen baru dari lagu-lagu perjuangan tersebut? So, pastikan kamu stay tune!

Arena Lomba 17-an: Obati Rindu Semarak Kemerdekaan RI

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Nggak ada momen yang lebih menyenangkan daripada saling berkompetisi saat 17-an, bisa dapat hadiah lagi! Kondisi saat ini memang nggak memungkinkan diselenggarakannya berbagai lomba.

Tapi, jangan kecewa dulu. Masih ada Arena Lomba 17-an yang hadir dalam Rumah Digital Indonesia. Di arena ini, kamu bisa mengikuti berbagai lomba khas 17-an yang pastinya sudah nggak asing lagi. Mulai dari lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, hingga panjat pinang. Semuanya disajikan secara virtual. Wah, penasaran gimana sensasi ikutan lomba 17-an virtual? So, pastikan kamu nggak melewatkannya di Rumah Digital Indonesia!

Ruang Seni dan Budaya: Tempat Mengenal Indonesia Lebih Dalam

Perayaan HUT Kemerdekaan RI yang disajikan oleh Rumah Digital Indonesia ternyata juga mengajak generasi muda untuk lebih mengenal budaya bangsa. Ada Ruang Seni dan Budaya yang menjadi tempat buat menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya lokal masyarakat. Mulai dari tarian nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi dan penyair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik daerah dan nasional. Nggak hanya konten dalam negeri, ada juga konten yang bisa dinikmati dari teman-teman Diaspora Indonesia.

Ruang Komunitas: Konten Perayaan Unik dari Masyarakat 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menjelajahi kemeriahan Rumah Digital Indonesia, kamu juga bisa menemukan Ruang Komunitas di mana masyarakat bisa menikmati konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat dalam segmen Cerita Kemerdekaan. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa eksis di media sosial dengan menjajal filter foto perayaan kemerdekaan RI dan filter Rumah Digital Indonesia yang bisa memenuhi postingan di momen Kemerdekaan.

Pasar Lokal: Bazaar Produk UMKM

Momen perayaan kemerdekaan terasa kurang meriah kalau nggak ada bazaar di dalamnya. Di Rumah Digital Indonesia, kamu juga bisa menemukan Pasar Lokal, yaitu bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi. UMKM ini terhubung dengan marketplace karya anak bangsa, sehingga proses belanja jadi lebih mudah.

Ruang Literasi Digital: Persembahan Kemenkominfo RI

Salah satu ruang inspiratif dan edukatif yang bisa dikunjungi selama Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Rumah Digital Indonesia adalah Ruang Literasi Digital yang dihadirkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Ada berbagai konten yang tujuannya untuk mengajak masyarakat memanfaatkan internet dengan kegiatan yang positif dan produktif. Jadi, seluruh masyarakat bisa merasakan ruang digital yang menyenangkan, inspiratif, dan tetap aman dan beretika. Konten seperti ini sangat penting dihadirkan, mengingat banyaknya konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan tantangan lain.

Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia

Jelajahi juga Indonesia lewat Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia. Ini merupakan peta interaktif dengan berbagai informasi per provinsi, mulai dari destinasi wisata, kuliner khas daerah, dan Wajah Indonesia berupa sosok pahlawan lokal yang telah memberikan dampak luar biasa untuk daerahnya.

Makin percaya kan kalau ada banyak keseruan yang bisa didapatkan dari Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan RI virtual di Rumah Digital Indonesia. So, pastikan kamu stay tune di Panggung Nasional tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 dan eksplor juga ruang digital lainnya yang menarik di www.rumahdigitalindonesia.id.

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI