Punya Jiwa YOLO, Gimana Caranya Biar Isi Dompet Tetap Aman Terkendali?

Jum'at, 12 Agustus 2022 09:00 Penulis: Wuri Anggarini
Punya Jiwa YOLO, Gimana Caranya Biar Isi Dompet Tetap Aman Terkendali?
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - YOLO atau You Only Live Once memang jadi prinsip hidup yang banyak dipegang oleh para generasi kekinian. Fokus untuk menikmati momen dengan lebih maksimal, prinsip ini memang memberikan kebebasan dalam menjalani hidup yang hanya sekali. Karena itulah setiap momen harus dihargai dan dinikmati dengan maksimal.

Sayangnya, YOLO identik dengan sikap hidup konsumtif yang dipandang sebagai hura-hura. Padahal nggak selamanya begitu kok. Kamu juga bisa tetap berjiwa YOLO dengan isi dompet yang tetap aman terkendali dibarengi strategi finansial berikut ini!

1. Memanfaatkan Hobi atau Talent yang Dimiliki

Demi bisa menjalani hidup dengan maksimal sesuai apa yang kamu inginkan, wajib banget punya lebih dari 1 penghasilan. Selain pekerjaan utama yang ditekuni saat ini, pikirkan juga untuk memiliki side hustle dengan memanfaatkan hobi atau talent yang dimiliki.

Misalnya, jika pekerjaan utama di bidang korporasi, tapi kamu punya talenta jadi content creator, why not? Manfaatkan hal tersebut untuk sharing berbagai hal yang sesuai interest, misalnya di bidang beauty, fashion, life hacks, atau tips-tips seputar keuangan yang sesuai dengan latar belakang yang dimiliki. Nantinya seiring dengan network yang dibangun, kamu bisa terlibat project lain yang tentunya membawa cuan untuk mendukung jiwa YOLO yang dimiliki.

2. Hindari Jebakan Cicilan atau Utang Lifestyle Lainnya

Zaman sekarang mau beli apa saja rasanya gampang banget. Mulai dari gadget keluaran terbaru hingga traveling bisa dinikmati dengan memanfaatkan cicilan atau fitur bayar kemudian yang banyak bermunculan di berbagai aplikasi digital.

Kesannya memudahkan dan ringan, tapi jika terlalu sering memiliki cicilan, lama-lama utang akan menumpuk juga. Demi prinsip YOLO tanpa banyak drama, sebaiknya mulai hindari jebakan utang yang sifatnya lifestyle karena bisa membebani keuangan di masa depan.

3. Atur Strategi Saat Ingin Nonton Konser, Traveling, atau Beli Barang Branded

Lalu, bagaimana kalau ingin bebas menikmati hidup dengan nonton konser, traveling, atau beli barang branded yang diinginkan tanpa terjebak cicilan? Saatnya atur strategi keuangan yang tepat!

Kamu bisa mengawalinya dengan membuat tabungan khusus yang sifatnya entertainment. Sisihkan setiap bulan secara rutin dan konsisten. Jadi, jika tiba-tiba ada keinginan untuk nonton festival musik favorit yang akan digelar, jalan-jalan, atau malah ganti smartphone baru, kamu bisa memanfaatkan tabungan tersebut tanpa mengganggu kondisi keuangan saat ini.

4. Senang-Senang Boleh, Tapi Jangan Lupa Tabungan dan Dana Darurat

Menikmati hidup dengan maksimal di momen ini tanpa harus cemas memikirkan hari esok memang menjadi salah satu hal yang banyak dipegang mereka yang berjiwa YOLO. Tapi, jangan lupa untuk tetap menyimpan tabungan dan dana darurat supaya kebebasan menikmati hidup nggak terganggu dengan kondisi finansial yang bisa terjadi di masa depan.

Jadi, jangan lupa melakukan pengaturan tabungan dan dana darurat setiap kali menerima gaji. Segera sisihkan sesuai dengan perhitungan cashflow ideal yang dimiliki untuk menjaga keuangan tetap dalam kondisi baik.

Punya jiwa YOLO, pengaturan keuangan juga nggak hanya sebatas menabung dan menyisihkan dana darurat saja. Di tengah era transaksi secara cashless, penting juga untuk melindungi isi dompet agar tetap aman terkendali. Biar kamu lebih bebas dari risiko keuangan yang biasa terjadi seperti transaksi gagal yang bikin saldo hilang.

Maka dari itu, penting untuk memilih aplikasi yang punya sistem keamanan digital canggih seperti DANA, yang dilindungi DANA Protection.

Setiap bertransaksi dengan DANA, kamu akan dilindungi sistem keamanan berlapis PIN DANA, Kode OTP & DANA Viz yang akan memastikan transaksimu bisa berjalan dengan aman dan tidak disalahgunakan.

Selain itu, jika terjadi kendala pun, kamu juga bisa langsung melaporkan masalahmu pakai fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Selain memasukan laporan, kamu juga bisa cek progress penyelesaian masalahmu tersebut di fitur ini lho! Jadi makin tenang karena adanya kepastian.

Yang paling penting, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali, sesuai syarat & ketentuan yang berlaku, jika terjadi kendala dalam transaksimu. Dengan begini, kamu bisa lebih Bebas Cemas deh dalam bertransaksi ini itu.
Berbagai sistem keamanan canggih yang disematkan pada aplikasi DANA tentunya bisa membantu para jiwa YOLO agar bisa menikmati hidup dengan keamanan transaksi yang maksimal.

So, tunggu apa lagi? Saatnya download aplikasi DANA sekarang juga untuk pengalaman transaksi yang #BebasDrama!

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI