Rayakan 15 Tahun Berdiri, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Perluas Jangkauan Layanan di 3 Kota Besar

Jum'at, 11 Juni 2021 12:10
Rayakan 15 Tahun Berdiri, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Perluas Jangkauan Layanan di 3 Kota Besar
credit: instagram.com/pita_kuning


Kapanlagi Plus - Sejak didirikan pada tahun 2006, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia bergerak aktif sebagai yayasan yang membantu anak-anak penderita kanker. Tahun ini, yayasan yang didirikan oleh Pandji Pragiwaksono itu menginjak usia 15 tahun.

Untuk menandai hal tersebut, Yayasan Pita Kuning memperluas jangkauannya dengan membuka layanan di 3 kota besar yaitu Medan, Yogyakarta dan Denpasar. Pemilihan 3 kota tersebut nyatanya tak serta merta dilakukan. Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

"Pertama, dilihat dari angka kanker anak. 3 kota tersebut ada di list 20 besar. Pertimbangan lainnya, kami memilih kota yang secara infrastruktur di bidang kanker anak itu sudah ada. Jadi masing-masing RS yakni RS Sanglah di Denpasar, RS Dr. Sardjito di Yogya, dan RS Adam Malik di Medan tersebut secara infrastrukturnya sudah siap," terang Raka Pramudito, Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia dalam Press Conference, (10/6).

1. Bantu Ratusan Anak

Belasan tahun berdiri berdiri, ada ratusan anak penderita kanker yang telah mendapat pendampingan dari Yayasan Pita Kuning Indonesia. Dengan total 28 APK (Anak Penderita Kanker) yang masih secara aktif menjadi member di Pita Kuning.

"Selama 15 tahun kami sudah lebih dari 100 APK yang kami bantu. Untuk spesifiknya masih kami kalkulasi lagi dikarenakan kami harus kategorikan mana adik yang sembuh, mana yang wafat, atau sudah selesai secara administrasi," ujar Raka.

"Saat ini secara aktif ada 28 APK. Kami akan menambah targetnya menjadi 45 APK sampai akhir tahun," sambungnya.

2. Program Yayasan Pita Kuning

Berbagai program pun telah diselenggarakan demi membantu anak-anak penderita kanker yang berada di bawah pendampingan Yayasan Pita Kuning. Misalnya saja penggalangan dana yang dibuat guna mendukung kelangsungan bantuan untuk anak-anak tersebut.

"Programnya seputar penggalangan dana yang dilakukan oleh Pita Kuning, salah satunya Sport For Hope. Aktivitas olahraga yang dilakukan untuk mendukung atau mencari bantuan masyarakat demi kelangsungan bantuan yang diberikan untuk adik-adik Pita Kuning. Kemudian ada juga bantuan dari platform-platform funding yaitu Vote For Hope dan lainnya," ujar Hafiz Alfiarga, Kepala Divisi Program dan Partnership Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia.

3. Berikan Bantuan Secara Menyeluruh

Pembukaan layanan di 3 kota tadi diharapkan bisa memperluas jangkauan bantuan yang bisa diberikan Yayasan Pita Kuning kepada anak-anak penderita kanker. Pendampingan yang dilakukan pun dilakukan secara menyeluruh.

"Bentuk bantuannya tidak hanya sekali tembak, tapi secara menyeluruh dari biaya medis baik BPJS ataupun non BPJS, hingga biaya nutrisi dan penunjang-penunjang kehidupan yang lain, sehingga anak dengan kanker tersebut bisa tumbuh dan terawat sebagaimana semestinya mereka sebagai anak," pungkas Raka Pramudito.

Berbagai informasi mengenai Yayasan Pita Kuning bisa KLovers dapatkan melalui instagram @pita_kuning.

(kpl/lou)



MORE STORIES




REKOMENDASI