Rayakan Lebaran di Malang, Rania Mahasiswi Asal Mesir Rasakan Euphoria Idul Fitri yang Berbeda

Kamis, 05 Mei 2022 15:00
Rayakan Lebaran di Malang, Rania Mahasiswi Asal Mesir Rasakan Euphoria Idul Fitri yang Berbeda
Rania mahasiswa asal Mesir © istimewa


Kapanlagi Plus - Hari raya Idul Fitri jadi momen yang pas untuk berkumpul dengan keluarga. Namun, sukacita lebaran terasa berbeda bagi Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba, seorang mahasiswi asal Mesir yang tengah menempuh pendidikan Magister Manajemen di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ini sudah tahun keempat bagi Rania merayakan lebaran di Kota Malang.

Sama seperti keluarga muslim yang lain, suasana kebersamaan menyambut kemenangan selalu dirindukan. Oleh karena itu, Rania yang jauh dari keluarga menyimpan rasa rindu tersendiri ketika takbir berkumandang di malam lebaran.

"Sejujurnya jauh dari keluarga itu tidak mudah dan tidak akan pernah mudah," aku Rania.

1. Berbeda Budaya

Rania merasa beruntung tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Meski dirayakan dengan cara berbeda dengan di negaranya, kehadiran Idul Fitri masih kental dirasakan di sini.

"Beruntung, saya berada di negara mayoritas muslim seperti Indonesia yang masih memberikan euphoria lebaran meskipun sedikit berbeda di negara saya," ungkapnya.

2. Ditinggal Mudik

Tahun ini merupakan tahun keempat Rania merayakan Idul Fitri di Indonesia. Ia bisa memahami saat teman-temannya harus pulang ke kampung halaman, merayakan lebaran bersama keluarga masing-masing.

Lebih lanjut, Rania mengaku asrama tempat tinggalnya terasa agak sepi dalam beberapa hari. "Beberapa teman Indonesia saya banyak yang pulang ke kampung halaman, jadi terasa agak sepi," sambungnya.

3. Lebaran Bersama Mahasiswa Asing

Rania mengisi Lebaran tahun ini bersama teman-teman dekatnya yang juga mahasiswa asing. Kesamaan 'nasib' dan rasa rindu jauh dari keluarga semakin mendekatkan mereka dalam suasana Lebaran.

Beragam aktivitas seru pun mereka lakukan untuk menikmati momen lebaran kali ini. Usai salat Idul Fitri, para mahasiswa ini berkumpul, memasak dan makan sambil menonton film bersama.

4. Dapat Bingkisan

Rania mengaku bahagia merayakan Idul Fitri di Indonesia, terutama dengan masyarakatnya yang begitu ramah dan murah senyum. Bahkan beberapa kali, ia menerima bingkisan untuk dinikmati bersama kawan-kawannya.

"Orang Indonesia itu ramah sekali. Saya tidak bisa memungkiri itu. Saat mereka tersenyum kepada saya, senyuman mereka terasa damai dan menenangkan. Alhamdulillah meski jauh dari keluarga, saya dikelilingi oleh teman-teman dan masyarakat yang ramah," ungkapnya.

5. Makanan Favorit

Menariknya, menu favorit Rania saat lebaran bukan opor ayam atau sejenisnya, tetapi bakso Malang. Tentunya hidangan khas Kota Malang ini tetap bisa didapatkan dengan mudah meski di hari lebaran.

"Saat makan Bakso Malang, suasana hati yang sedih langsung bisa terobati. Apalagi banyak yang berjualan kan di sini," pungkasnya sambil tersenyum.

(kpl/dar/rsp)



MORE STORIES




REKOMENDASI