Rentan Tersandung Kasus, Ternyata Ini Alasan Selebritis Konsumsi Narkoba

Senin, 21 Agustus 2017 15:18 Penulis: Agista Rully
Rentan Tersandung Kasus, Ternyata Ini Alasan Selebritis Konsumsi Narkoba
© Tes.com

Kapanlagi Plus - Dalam beberapa minggu terakhir, jumlah selebritis yang tersandung kasus narkoba kian marak. Sebut saja Axel Matthew, Tora Sudiro, Ello, hingga Rio Reifan. Banyaknya jumlah selebritis yang tersandung kasus obat-obatan terlarang ini seringkali membuat masyarakat berpikir, apa sih yang membuat mereka mudah terpapar Narkoba?

Menurut dr. Aisyah dari RS Harum Kali Malang, penggunaan narkoba oleh seseorang terpicu dari berbagai faktor dan salah satunya adalah lingkungan. "Setiap anak (pasien narkoba) yang menjadi korban narkoba itu berasal dari berbagai faktor. Faktor keluarga dan lingkungan jadi pencetusnya," terang dr. Aisyah saat dihubungi KapanLagi.com® melalui layanan pesan instan.

"Ada yang ditawari, ada yang cari sendiri, ada juga yang dipaksa. Sebenarnya masyarakat biasa yang terkena Narkoba lebih banyak. Hanya saja para artis sering terekspos jadi terdengar lebih banyak," lanjut dokter yang turun tangan di program rehabilitasi Slankers tersebut.

Tora Sudiro, salah seorang selebritis yang sempat tersandung kasus narkoba karena kepemilikan Dumolid © KapanLagi.com/Agus ApriyantoTora Sudiro, salah seorang selebritis yang sempat tersandung kasus narkoba karena kepemilikan Dumolid © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Ketergantungan artis terhadap Narkoba sendiri diduga berasal dari tingkat stress yang mereka alami. Oleh sebab itu, para artis mencari pelarian untuk menenangkan diri dan kebetulan nyasar ke penggunaan obat. Contohnya Bimbim Slank, dirinya mengaku awalnya ditawari dulu oleh seorang teman sebelum akhirnya dia terjerumus dan menjadi pecandu.

Menurut drugrehab.com, setidaknya ada tiga faktor yang membuat selebritis terjebak dalam jeratan narkotika yakni: Lingkungan dengan tingkat stress tinggi, jadwal yang tidak beraturan, dan kemudahan akses obat-obatan. Contohnya Tora Sudiro yang belum lama ini dinyatakan bebas setelah sempat ditahan karena kepemilikan Dumolid. 

Saat ditangkap, Tora Sudiro mengaku mendapatkan dumolid dari rekannya dengan mudah. Padahal dumolid termasuk golongan Benzodiazepam yang penggunaannya sangat diatur oleh dokter. "Ada kelompok yang tidak memerlukan (dumolid), sebenarnya hanya buat hepi-hepi aja. Penggunaan seperti ini tidak terkontrol sehingga dosisnya tidak bisa diturunkan tapi makin lama makin besar. Suatu saat, Napza jenis Benzodiazein ini bisa mengganggu fungsi kehidupannya," jelas dr. Gerald Mario, Direktur Medik dan Keperawatan RSKO.

Ello merupakan selebritis yang baru-baru ini tertangkap karena memiliki ganja © KapanLagi.com/Agus ApriyantoEllo merupakan selebritis yang baru-baru ini tertangkap karena memiliki ganja © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Dokter Gerald Mario juga menjelaskan kemungkinan penggunaan Dumolid dibarengi dengan konsumsi narkoba lainnya, "Misalnya dia (pasien) pakai Shabu terus malamnya nggak bisa tidur, mereka kadang beli (dumolid) sendiri. Tepatnya dimana, kami tidak tahu," imbuh dokter spesialis kejiwaan tersebut.

Seperti yang diketahui, jadwal aktivitas selebritis Indonesia memang cukup padat apalagi bagi selebritis populer. Sejumlah artis bahkan harus siap pagi hari untuk mulai syuting dan baru pulang di malam hari. Tubuh yang diforsir seperti itu akan menimbulkan stress dan membutuhkan doping sehingga hal ini dimanfaatkan oleh bandar untuk menyusup ke lingkaran pertemanan selebritis.

Namun alasan susah tidur atau untuk kebugaran saja merupakan tahap awal selebritis mulai menjajal obat-obatan terlarang. "Itu kan hanya alasan mereka mencari pembenaran. Tahap awal ya berbagai alasan tadi tapi kalau sudah masuk rumah sakit berarti ada di tahap ketergantungan. Dia tak bisa berhenti lagi," jelas dr. Gerald.

Rio Reifan tertangkap narkoba untuk yang kedua kaliRio Reifan tertangkap narkoba untuk yang kedua kali

Berkaitan dengan alasan penggunaan tersebut, Dr. Drew Pinsky, ilmuwan yang bersinggungan dengan selebritis Hollywood yang terkena narkoba, menyatakan bahwa selebritis bisa saja mencari excitement atau euforia yang didapatkan dari performa saat tampil atau manggung. Euforia ini hanya dapat ditemukan usai mengkonsumsi obat-obatan yang mempengaruhi fungsi syaraf.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa selebritis yang terpapar narkoba bisa jadi terpengaruh faktor stress karena pekerjaan, lingkaran pergaulan yang awalnya menawari lalu jadi supplier narkoba, dan yang terakhir alasan untuk mendapatkan euforia kesenangan yang bisa dipenuhi dengan obat-obatan tertentu.

Di samping ketiga faktor tersebut, pasti ada faktor pribadi dan faktor lain yang belum diketahui. Nah, dari sini kalian tentunya tahu dong celah apa yang bisa dimanfaatkan narkoba untuk menyusup ke dalam kehidupan kita. Jadi, stay healthy dan say no to drugs ya KLovers ;)

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI