Sambut Bulan Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Enaknya Ngapain Aja?

Senin, 27 April 2020 12:20 Penulis: Yunita Rachmawati
Sambut Bulan Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Enaknya Ngapain Aja?
(c)shutterstock

Kapanlagi Plus - Bulan Ramadan yang udah ditunggu-tunggu akan terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Corona belum juga menunjukkan tanda-tanda berakhir dan akhirnya maksa umat Islam buat menjalani ibadah puasa dengan cara yang berbeda. Sayang banget karena nggak bakal ada lagi takbir keliling, ngabuburit atau bukber bareng teman-teman. Ini memang penting sih untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Udah deh, jangan dibawa stres, yuk sambut bulan Ramadan dengan beberapa kegiatan ini biar nggak bosan dan tetap menyenangkan.

Atur Keuangan

(c)shutterstock(c)shutterstock

Umumnya, biaya kebutuhan seringkali mengalami kenaikan jelang bulan Ramadan. Namun nggak perlu khawatir karena kecermatan mengatur keuangan dijamin bikin finansial tetap stabil. Jadi, sebaiknya mulai atur strategi keuangan sebaik mungkin. Misalnya, bisa kamu mulai dengan membuat daftar barang-barang yang diperlukan selama bulan Ramadan dan Lebaran, menyisihkan untuk amal dan zakat, serta dana darurat.

Belanja Buat Stok Ramadan

(c)shutterstock(c)shutterstock

Bukan berarti ikut-ikutan panic buying, lho. Cukup beli kebutuhanmu terutama makanan untuk 1-2 minggu ke depan. Opsi ini bisa mengurangi risiko terpapar virus Corona daripada harus bolak-balik mengunjungi pasar atau swalayan. Pilih lauk pauk yang bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, begitu juga buah dan sayur yang bisa disimpan di dalam lemari pendingin agar tetap awet sebagai bahan menu sahur atau buka puasa nantinya.

Maksimalkan belanja secara online sambil memanfaatkan beragam promo Ramadhan yang ditawarkan. Kamu pun juga bisa menghemat tenaga dan waktu, serta merasa lebih aman saat mendapati barang belanjaan diantar langsung ke rumah.

Atur Pola Makan

(c)shutterstock(c)shutterstock

Pernah merasa lesu atau kurang bersemangat saat menjalani ibadah puasa? Bisa jadi pemicu utamanya berasal dari pola makan yang nggak sehat. Mulai atur pola makan dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Bekali diri dengan resep-resep praktis yang dapat dipersiapkan dalam waktu singkat untuk sahur atau berbuka puasa. Jika perlu, lengkapi perlindungan pada imun tubuhmu dengan konsumsi suplemen kesehatan secara teratur.

Jaga Kebersihan

(c)shutterstock(c)shutterstock

Sudah terbayang nih ibadah puasa bakal dijalankan kebanyakan dari rumah saja. Saatnya bikin rumah senyaman mungkin dengan menjaga kebersihannya. Mulai dari menata kamar agar terasa lebih nyaman hingga secara rutin menyemprotkan disinfektan biar terbebas dari virus, bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Manfaatkan Teknologi dengan Maksimal

(c)shutterstock(c)shutterstock

Mungkin ada rasa sedih yang kamu rasakan saat menjalani ibadah puasa kali ini. Tradisi bukber, shalat tarawih, dan mudik pun terpaksa harus ditahan dulu demi menghindari risiko penyebaran Corona.

Untungnya, kini ada teknologi yang bisa menghubungkanmu dengan orang-orang terdekat walau harus menjaga jarak. Coba manfaatkan untuk membuat grup belajar ilmu agama secara online, video call dengan teman-teman saat buka puasa hingga menjalin silaturahmi lewat aplikasi chat atau media sosial.

Walau tak bisa menjalankan berbagai tradisi khas bulan Ramadan, bukan berarti ibadah puasa jadi tak khusyuk lagi, lho. Saat mulai mengalami rasa bosan atau jenuh karena nggak bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat atau tak bisa mudik, nggak ada salahnya menjajal staycation.

Menginap di hotel berbintang bisa jadi opsi jitu untuk mengisi bulan Ramadan biar lebih berkesan. Selain bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan hotel berbintang, kamu pun bisa memanfaatkan promo hotel yang bisa disesuaikan dengan bujetmu.

Nggak perlu bingung mencari dari banyaknya pilihan tempat menginap, ada Traveloka yang bisa diandalkan untuk mendapatkan promo hotel dan kupon setiap harinya.
Walau sedang dilanda pandemi, jangan biarkan kondisi ini menyurutkan niatmu untuk menyambut bulan suci dengan berbahagia. Yuk, siapkan diri sebaik mungkin!

(*/wur)



MORE STORIES




REKOMENDASI