Sanksi Keras Youtube Terhadap Logan Paul: Hapus Channel dan Putus Kontrak Film

Kamis, 11 Januari 2018 11:47 Penulis: Tyssa Madelina
Sanksi Keras Youtube Terhadap Logan Paul: Hapus Channel dan Putus Kontrak Film
Logan Paul (Credit: loganpaul.com)

Kapanlagi Plus - Pasca video viral Logan Paul yang memperlihatkan korban bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang, akhirnya platform media Youtube angkat bicara. Mengundang kontroversi, aksinya sempat dikecam oleh beberapa pihak saat itu. Lama berselang, akhirnya Youtube mengumumkan pada tanggal 10 Januari 2018 lalu bahwa channel Youtube Logan Paul akan dihapus dari program iklan pilihan top Google.

Aksi kontroversialnya bermula saat Logan menemukan mayat seorang pria yang diduga bunuh diri dan menjadikannya sebuah konten vlog. Akibat menjadikan korban bunuh diri sebagai bahan guyonan, aksinya pun menuai protes dari banyak pihak. Terlebih, Logan Paul memiliki banyak sekali pengikut. Khawatir dengan dampak negatif sang influencer, Youtube pun memberikan sanksi tegas. Tak hanya menghapus channel miliknya, Youtube juga memutus kontrak film sekuel Logan Paul.

Sebelumnya di tahun 2016, Logan sempat membintangi sebuah film berjudul THE THINNING yang diproduksi langsung oleh Youtube Red. Wajahnya juga kerap wara-wiri dalam sebuah web series berjudul FOURSOME yang kini telah berlangsung selama empat season. Dilansir dari Polygon, perwakilan dari Youtube juga menyebutkan bahwa Logan Paul tidak akan lagi membintangi web series FOURSOME Season 4 sampai seterusnya mulai detik ini.

Youtube menindak tegas Logan Paul dengan menghapus channel dan putus kontrak film. (Credit: loganpaul.com)Youtube menindak tegas Logan Paul dengan menghapus channel dan putus kontrak film. (Credit: loganpaul.com)

Pada tanggal 9 Januari 2018 lalu, sebelum akhirnya menindak tegas aksi Logan Paul, Youtube menulis surat terbuka ke komunitas Youtuber dan juga penikmat platform tersebut melalui jejaring media sosial Twitter. Dalam tweet tersebut disebutkan, bahwa Logan Paul telah melanggar community guidelines dari Youtube dan pihaknya sedang "mencari konsekuensi lebih lanjut" yang ditujukan untuk Logan Paul.

Meski demikian, saat itu Youtube sama sekali tak memberi detil terkait pelanggaran dan konsekuensi yang mungkin akan diterima oleh Logan. Youtube sendiri menutup pernyataannya dengan mengakui bahwa respon mereka terkait isu ini terlambat.

"Kami tahu bahwa tindakan seorang Youtuber dapat mempengaruhi keseluruhan komunitas, jadi kami akan segerea membagikan langkah-langkah yang kami tempuh untuk memastikan video seperti ini tak akan pernah beredar lagi," cuit Youtube.

(pol/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI