Sebagai Decacorn, Grab Akan Investasikan Dana Besar di Indonesia?

Minggu, 10 Maret 2019 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Sebagai Decacorn, Grab Akan Investasikan Dana Besar di Indonesia?
┬ęshutterstock

Kapanlagi Plus - Grab Holdings Inc (Grab), Everyday SuperApp terkemuka di Asia Tenggara baru saja mengumumkan telah menerima pendanaan dari Softbank Vision Fund senilai USD 1,46 miliar. Kabar ini tentu saja sangat mengejutkan, apalagi selepas kabar Grab yang menjadi decacorn pertama Asia Tenggara. Kabarnya, perolehan dana investasi ini paling besar aka dikembangkan di Indonesia, lho.

Level Decacorn yang Diraih Grab, Bikin Investor Berdatangan?

Grab kini terhitung menerima total pendanaan senilai lebih dari USD 4,5 m. Selain Softbank Vision Fund , investor lain yang masuk dalam putaran pendanaan series H adalah Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings, Microsoft Corporation, Ping An Capital, dan Yamaha Motor.

Co-Founder dan CEO Grab, Anthony Tan mengucapkan terima kasih atas dukungan berkelanjutan bagi pertumbuhan Grab. Investasi tersebut merupakan salah satu bentuk nyata dalam mengembangkan Grab sebagai Super App nomor satu di Asia Tenggara.

Grab Sebagai Decacorn Akan Kembangkan Layanan di Asia Tenggara

Mejadi decacorn pertama si Asia Tenggara, membuat Grab terpacu untuk terus mengembangkan visi perusahaan di wilayah tersebut. Rencananya, Grab akan menghadirkan lebih banyak layanan harian dengan aksesbilitas yang lebih besar.

Grab akan memperluas layanannya seperti pengiriman makanan, pengirim an barang, layanan keuangan, pembayaran digital serta meluncurkan beberapa layanan baru yang telah diumumkan pada tahun 2018. Mulai dari open platform Grab, GrabPlatform, video on-demand yang bekerja sama dengan HOOQ, layanan kesehatan digital, penyediaan jasa asuransi dan layanan reservasi hotel melalui kerja sama dengan Booking Holdings.

Apasih Perbedaan Unicorn, Decacorn dan Hectocorn?

Unicorn merupakan istilah yang diberikan pada startup yang memiliki nilai valuasi perusahaan 1 miliar dolar AS. Decacorn bahkan 10 kali lipat lebih besar, yakni perusahaan rintisan yang memiliki valuasi 10 miliar dolar AS. Seperti Grab yang sekarang menjadi decacorn pertama Asia Tenggara. Sedangkan hectocorn adalah istilah yang diberikan pada startup dengan valuasi lebih dari 100 miliar dolar AS.

Grab Startup Decacorn yang Akan Berinvestasi Besar di Indonesia

Grab berencana untuk menginvestasikan sebagian dana di Indonesia. Pasalnya, Grab menjadi pemimpin dalam layanan transportasi on-demand yang menguasai 60 persen pangsa pasar roda dua dan 70 persen roda empat. Bisa dibilang bisnis Grab di Indonesia berkembang pesat. Investasi yang akan dikembangkan di Indonesia untuk mempercepat perluasan GrabFood dan GrabExpress serta layanan baru di Indonesia.

 

(kpl/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI