Sebelum ke TPS, Yuk Simak Panduan Nyoblos Pemilu 2019 Biar Tambah Jago!

Senin, 15 April 2019 18:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Sebelum ke TPS, Yuk Simak Panduan Nyoblos Pemilu 2019 Biar Tambah Jago!
Pemilu 2019 © KPU


Kapanlagi Plus - Sebentar lagi negara kita akan melakukan hajatan penting nih, yaitu pemilihan umum yang diadakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Mungkin ada yang belum tahu jika ternyata akan ada 5 surat suara yang akan kamu coblos.

Nah, 5 surt suara tersebut meliputi surat suara untuk memilih presiden-wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota (kecuali Jakarta yang minus surat suara DPRD Kabupaten/Kota). Biar nggak bingung, yuk simak panduan buat nyoblos berikut ini!

 

1. Terdaftar di DPT

Pastikan kamu memang sudah tercatat dalam DPT atau Daftar Pemilih Tetap. Kalau masih belum yakin, bisa kamu cek melalui kantor desa atau kelurahan setempat dan menanyakan statusmu.

Atau kalau kamu ingin lebih simple, bisa juga kok utuk ngecek online melalui situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Kalau sudah masuk sebagai DPT, nantinya kamu akan diberi formulir C6 yang bisa kamu bawa pada hari-H pencoblosan ke TPS.

2. Surat Suara

Ada 5 surat suara yang akan kamu dapatkan. Ingat, sebelum mencoblos, cek dulu surat suaranya, pastikan surat suara yang kamu dapatkan tidak rusak. Kalaupun rusak bisa minta ganti kok.

Kelima surat suara tersebut memiliki warna berbeda, yaitu abu-abu, kuning, merah, biru dan hijau. Abu-abu adalah untuk presiden dan wapres. Warna kuning adalah untuk calon anggota DPR, yang merah adalah untuk calon anggota DPD, biru digunakan untuk calon anggota DPRD Provinsi, sedangkan hijau adalah untuk calon anggota DPRD kabupaten/Kota.

3. Posisi Coblosan

Agar surat suara sah, ada posisi coblosan yang juga harus kamu perhatikan loh. Untuk surat suara yang berwarna abu-abu, pencoblosan dilakukan sekali di bagian nomor urut, nama atau paslon.

Sedangkan surat suara dengan warna lain, yang dicoblos adalah nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon. Surat suara selain abu-abu tak mencantumkan foto kandidat, sehingga kamu sudah harus mengetahui persis akan mencoblos siapa.

4. Celup Tinta

Waktu yang disediakan untuk pencoblosan ini berkisar 5 hingga 10 menit. Setelah selesai mencoblos, lipat kembali surat suara dan masukkan ke kotak-kotak yang tersedia berdasarkan warna.

Jangan lupa, langkah terakhir sebelum meninggalkan TPS adalah dengan mencelupkan satu jari ke tinta ungu. Ini adalah bukti jika kamu telah menggunakan hak suaramu demi terciptanya Indonesia yang lebih baik kedepannya.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI