Sedang Mencari Laptop untuk Menunjang Profesi Digital Illustrator? Pastikan Punya 5 Fitur Ini Ya!

Jum'at, 22 Juli 2022 19:46 Penulis: Jeffrey Winanda
Sedang Mencari Laptop untuk Menunjang Profesi Digital Illustrator? Pastikan Punya 5 Fitur Ini Ya!
(c) ASUS

Kapanlagi Plus - Di era yang serba cepat dan terdigitalisasi seperti sekarang, kebutuhan untuk mengakses laptop sangatlah tinggi. Mulai dari pekerja kantoran, pengusaha, hingga pelajar sekalipun memerlukan perangkat komputer jinjing ini untuk menunjang aktivitas harian.

Beragam kebutuhan inilah yang membuat banyak sekali jenis dan tipe laptop di pasaran. Namun sayangnya, kebutuhan masing-masing orang beserta pekerjaannya menuntut individu untuk memilih laptop yang tepat dan nggak sembarangan.

Seperti profesi di sektor kreatif yaitu digital illustrator. Profesi ini nggak cuma mengeksplorasi intusisi seni, namun juga memerlukan tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap performa laptop. Hal ini penting mengingat laptop yang digunakan digital illustrator haruslah powerful, punya fitur canggih, kualtias layar memukau, sertai desain futuristik.

Maka nggak heran jika digital illustrator memerlukan device khusus yang dijadikan senjata andalan dalam beraktivitas dan berkarya sehari-hari. Lantas, gimana sih cara memilih laptop yang tepat untuk profesi digital illustrator?

Kualitas Layar Memukau

Berhubungan erat dengan seni visual, digital illustrator nggak bisa dilepaskan aspek dan kualitas layar. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat memilih laptop yang memiliki layar berkualitas.

Pertama adalah memastikan color gamut atau tingkat reproduksi warna layar. Idealnya, laptop untuk para digital illustrator sebaiknya memiliki layar dengan color gamut 100% DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB sehingga dapat menampilkan warna yang lebih kaya.

Selain itu, warna yang ditampilkan juga harus akurat agar hasil karya dari digital illustrator memiliki konsistensi warna yang tinggi saat dicetak atau ditampilkan di perangkat lain. Untuk memastikan hak ini, kamu bisa mengecek apakah laptop tersebut telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display yang sudah menjadi standar di berbagai industri.

Sebagai sektor industri yang berfokus pada visual, aspek kesehatan mata juga perlu diperhatikan. Untuk itulah para digital illustrator sebaiknya memilih laptop yang memiliki fitur yang dapat menjaga kesehatan mata, khususnya untuk pemakaian jangka panjang.

Makin Produktif dengan Laptop 2-in-1

Desain dan fitur pada laptop akan mempengaruhi produktivitas pengguna, terutama digital illustrator. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan laptop 2-in-1 agar pekerjaan semakin paripurna.

Laptop 2-in-1 atau convertible bisa menjadi solusi lantaran hadir dengan fitur layar sentuh serta dukungan penggunaan stylus. Fitur tersebut sangat berguna terutama bagi para digital illustrator dengan mobilitas tinggi. Dengan menggunakan laptop 2-in-1, para digital illustrator dapat mengubah laptopnya menjadi kanvas digital yang sangat portabel. Berkarya pun bisa dilakukan di mana saja.

Selain itu, mayoritas laptop 2-in-1 juga memiliki desain body yang lebih ringkas dibanding laptop clamshell tradisional. Hal ini disebabkan laptop 2-in-1 dirancang secara khusus agar tetap nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan termasuk mode tablet.

Dilengkapi Konektivitas Modern

Sektor industri kreatif memang memerlukan device pendukung yang futuristik agar tetap dinamis dan nggak ketinggalan zaman. Device pendukung ini juga wajib bisa dihubungkan ke laptop yang digunakan sehari-hari agar bisa langsung berkarya saat itu juga tanpa tertunda. Itulah mengapa para digital illustrator wajib memilih laptop yang telah dilengkapi dengan konektivitas modern.

Kehadiran port USB Type-C dengan dukungan display output dan power delivery charging adalah sebuah keharusan. Selain sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan, port tersebut juga dapat memudahkan para digital illustrator seperti saat ingin menghubungkan laptop ke monitor eksternal melalui konektivitas USB Type-C serta mengisi daya menggunakan power bank. Nggak cuma itu, port USB Type-C juga sangat fleksibel dan dapat dihubungkan dengan berbagai aksesoris serta dongle yang telah banyak tersedia.

Selain external port, konektivitas nirkabel juga perlu diperhatikan saat memilih laptop. WiFi 6 (802.11ax) merupakan standar WiFi di laptop modern saat ini. WiFi 6 memastikan para digital illustrator untuk terus terhubung ke internet, sehingga mereka dapat lebih leluasa berkomunikasi, mencari referensi secara online, atau bahkan melakukan update pada aplikasi kreatif yang digunakan.

Performa Tangguh di Segala Medan

Proses rendering menjadi makanan sehari-hari bagi para digital illustrator. Meski digital illustrator nggak selalu memerlukan laptop yang dibekali chip grafis terpisah (discrete GPU), namun menjalankan software digital kreatif memerlukan prosesor yang bertenaga dan tangguh di segala medan.

Oleh sebab itu, aspek memori juga perlu diperhatikan. Para digital illustrator setidaknya membutuhkan RAM berkapasitas 8GB di laptop-nya agar aplikasi kreatif dapat berjalan dengan lancar. Disarankan juga menggunakan laptop dengan RAM 16GB jika sering melakukan multitasking. Sementara penyimpanan wajib menggunakan SSD untuk waktu loading yang cepat. Kapasitas penyimpanan minimal yang disarankan adalah 256GB.

Laptop Paling Tepat untuk Digital Illustrator

Salah satu laptop yang telah memenuhi semua kriteria di atas adalah ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401). Selain mengusung desain 2-in-1 convertible yang fleksibel dan body ringkas, keunggulan utama Zenbook 14 Flip OLED ada di layarnya yang telah menggunakan ASUS OLED sehingga menjadi laptop dengan layar terbaik sejauh ini.

(c) ASUS(c) ASUS

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Selain itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya, serta dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua kualifikasi tersebut hadir dengan satu tujuan, yaitu memanjakan mata penggunanya.

ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia. ASUS juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia.

ASUS OLED merupakan bagian dari ASUS Innovation, yaitu kumpulan inovasi teknologi terkini, terdepan, dan eksklusif untuk produk ASUS. Hadir di seluruh jajaran versi laptop, ASUS Innovation memastikan pengalaman penggunaan terbaik dari berbagai sisi mulai dari kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga menjaga kesehatan mata.

Nggak cuma sekadar menghasilkan visual terbaik, layar ASUS OLED di Zenbook 14 Flip OLED telah dibekali dengan fitur layar sentuh atau touchscreen yang juga mendukung penggunaan stylus. Pastinya fitur ini sangat berguna bagi para digital illustrator sehingga memungkinkan mereka untuk berkarya di segala medan kapanpun mereka mau. Pengguna laptop ini juga tidak perlu membeli stylus tambahan karena sudah tersedia di paket penjualannya dari produk ini.

Zenbook 14 Flip OLED memiliki desain yang sangat ringkas dan ringan dengan ketebalan hanya 1,59 cm serta bobot hanya 1,45 Kg. Meski ringan, laptop ini powerful lantaran dibekali prosesor Intel Core yang didukung memori LPDDR4 hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB. Zenbook 14 Flip OLED adalah laptop terbaik untuk para digital illustrator di era modern.

Sekarang sudah tahu kan laptop paling paripurna untuk para digital illustrator? Dapatkan ASUS Zenbook 14 Flip OLED sekarang juga ya. Temukan informasi lengkapnya dengan cara klik di sini!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI