Sekali Masuk Tol Pandaan-Malang, Beragam Gunung Indah Ini Bisa Kamu Nikmati

Kamis, 11 April 2019 18:40 Penulis: Iwan Tantomi
Sekali Masuk Tol Pandaan-Malang, Beragam Gunung Indah Ini Bisa Kamu Nikmati
© PUPR

Kapanlagi Plus - Sebentar lagi, kamu yang pengen liburan ke Malang mendingan pakai mobil sendiri. Biar bisa menjadi saksi indahnya tol Pandaan-Malang. Soalnya menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, jalan bebas hambatan ini telah rampung sepanjang 30 km dan bakal bisa dilewati kendaraan publik dalam waktu dekat.

Yang jadi alasan kenapa liburan ke Malang harus lewat tol Pandaan-Malang adalah pemandangan alamnya. Pengendara dan penumpang bakal dihibur dengan indahnya panorama perbukitan dan pegunungan, seakan menjadi pertanda bahwa destinasi Malang sudah di depan mata.

"Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 km Jalan Tol Pandaan-Malang, yang sudah siap diresmikan sepanjang 30 km," terang Menteri Basuki di Pandaan, Rabu (10/4/2019).

"Ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian, mudah-mudahan satu hari ini selesai besok ada tim penilai sertifikasi laik fungsi, sebelumnya minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi," lanjutnya.

Menteri Kabinet Kerja yang dikenal supel dan pandai bergaul ini mengatakan bahwa jalan tol siap diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo bila uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi. Kebetulan juga, Pak Jokowi juga bakal ada di Malang untuk menyaksikan final Piala Presiden antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, di hari Jumat, 12 April 2019.

"Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur tadi mengusulkan untuk bisa diresmikan tanggal 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang," tukas pria kelahiran Surakarta tersebut.

Yang menarik, ada beberapa seksi tol yang tertunda gara-gara ditemukan situs purbakala di tengah pembangunan jalannya. Penyelesaian untuk jalan tol Seksi IV dan V sepanjang 8 km ini bakal dikoordinasikan lagi bareng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

"Untuk ruas dari Singosari ke Malang yang ditemukan situs purbakala, saat ini sedang dilakukan pergeseran as/trase jalannya," tutur Menteri Basuki.

Heboh, ya. Bahkan di tengah pembangunan jalan tol Pandaan-Malang pun bisa ditemukan situs yang bakal menjadi warisan pariwisata bagi Malang.

Tol Pandaan-Malang bakal menjadi satu dari sedikit jalur bebas hambatan terindah di Indonesia, atau bahkan dunia. Begitu memasuki gerbang tol-nya, kamu bakal disambut dengan gambaran perbukitan di kanan dan kiri jendela mobil.

Sebelah kanan merupakan kaki dari Gunung Welirang dan Arjuno, sementara di sisi kiri adalah perbukitan yang berpuncak pada gunung legendaris, Gunung Bromo dan Semeru. Sangat disarankan untuk melewati tol ini mulai dari pagi hingga sore hari. Siraman sinar matahari akan mempertegas lekuk-lekuk perbukitan.

Bahkan bila beruntung, kamu pun juga bisa menikmati sunrise dari jendela kiri, atau sunset di pegunungan sebelah barat. Bahkan ketika diguyur hujan pun pemandangannya nggak kalah indah. Kabut dan awan yang menyelimuti dataran tinggi bakal menebarkan nuansa mistis, namun eksotis.

Dengan makin banyaknya minat masyarakat menuju Kota Malang, diharapkan Tol Pandaan-Malang bakal mempercepat perjalanan. Nggak perlu lagi khawatir terjebak kemacetan panjang, seperti yang saat ini selalu dihadapi wisatawan setiap musim liburan. Selain itu, melewati jalan tol yang indah ini juga bisa kamu kategorikan sebagai liburan juga, lho!

(kly/tmi/xpi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI