Fakta Penyakit Lupus: Sampai Bikin Selena Gomez Cangkok Ginjal

Jum'at, 15 September 2017 15:12 Penulis: Tyssa Madelina
Fakta Penyakit Lupus: Sampai Bikin Selena Gomez Cangkok Ginjal
Selena Gomez dan Francis Raisa ( © Instagram @selenagomez)

Kapanlagi Plus - Seperti yang telah diketahui sebelumnya, penyanyi Selena Gomez didiagnosa oleh penyakit misterius yang ada di tubuhnya. Hal tersebut membuat Selena harus fokus menjaga badannya. Baru-baru ini fans Selena Gomez semakin dikejutkan dengan berita bahwa Selena baru saja menjalani operasi transplatasi ginjal karena Lupus yang dideritanya.

Lantas, apa itu penyakit Lupus?

Dilansir dari berbagai sumber, lupus merupakan penyakit yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Tak hanya itu, penyakit ini pun tidak bisa disembuhkan. Lupus merupakan sebuah penyakit autoimun. Artinya, sistem imunitas tubuh menyerang dirinya sendiri. Biasanya, sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel, jaringan serta organ yang sehat.

Sementara itu, terdapat 3 tipe lupus. Yakni Lupus Eritematosus Sistemik (SLE), Lupus Eritematosus Diskoid (DLE), dan lupus yang diakibatkan penggunaan obat. SLE merupakan tipe lupus yang menyerang jaringan serta organ tubuh. Perkembangannya perlahan dan bertahan lama. Namun terkadang penyakit tersebut bersifat lebih sementara sebelum kembali kambuh.

Menderita penyakit Lupus tak menghentikan semangat karirnya ( ©Everyday Health)Menderita penyakit Lupus tak menghentikan semangat karirnya ( ©Everyday Health)

Sederhanya, apabila tubuh memiliki sistem kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat namun dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ yang sehat.

Penyakit lupus dapat mengenai semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Timbulnya penyakit ini bisa jadi karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu, adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahri, pemakaian pil KB dan stres.

Berdasarkan apa yang dialami oleh Selena Gomez, tampaknya penyakit Lupus telah menyerang ginjalnya yang sehat sehingga ia terpaksa harus menjalani operasi transplatasi ginjal. Menurut situs Dokter Sehat, kesembuhan penyakit ini tergolong sulit, cara mengantisipasinya hanya dengan fokus pada pengobatan yang sifatnya sementara untuk mencegah penyakit menyerang organ vital lainnya.

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI