Sempurnakan Liburan dengan Aneka Minuman Hangat Khas di Bandung

Penulis: Iwan Tantomi

Diterbitkan:

Sempurnakan Liburan dengan Aneka Minuman Hangat Khas di Bandung
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Bandung terkenal dengan udaranya yang sejuk. Itulah kenapa banyak dijumpai kuliner yang hangat-hangat, termasuk minuman. Apalagi minuman hangat, terutama yang tradisional di Bandung biasanya diracik dengan banyak rempah pilihan.

Walhasil, tak hanya menyegarkan saat diminum, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Menariknya, minuman hangat yang khas di Bandung ini bermacam-macam. Berikut beberapa yang wajib banget dicoba saat liburan ke sana!

1. Bajigur

Namanya mungkin sudah familier. Benar saja, minuman hangat ini banyak dijumpai di Bandung. Dibuat dari bahan dasar gula merah, jahe, sedikit santan dan beberapa rempah lainnya, bandrek memiliki cita rasa yang begitu khas.

Tak heran jika banyak orang yang ketagihan saat menyeruput minuman hangat satu ini. Selain itu, beberapa kreasi bandrek juga kadang ditambahkan kolang-kaling sebagai pelengkap di dalamnya. Bandrek biasanya dijadikan minuman pelengkap saat makan kacang rebus dan ubi talas.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bandrek

Tak asing didengar, bandrek menjadi salah satu minuman hangat khas yang populer di Bandung. Minuman ini seringnya disajikan saat malam hari, cuaca dingin maupun ketika hujan. Wajar jika pada akhirnya bandrek sering disajikan dalam keadaan hangat.

Di dalam minuman ini tersedia beragam rempah, seperti gula merah, cengkih, kayu manis, jahe. Semua bahan tersebut direbus jadi satu ke dalam air. Biar makin nikmat, biasanya bandrek juga ditambahkan susu kental manis. Meski begitu, minuman ini amat terjangkau, sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

3. Sekoteng

Selanjutnya ada sekoteng yang juga tidak kalah populer. Minuman hangat ini berupa air jahe dengan beberapa campuran rempah lain, air gula, kemudian diberi taburan potongan roti tawar berbentuk dadu, pacar cina, kacang tanah dan kue simping manis. Biasanya sekoteng ini dijual di gerobak, tetapi kini bisa dijumpai di tempat-tempat makan dan kafe yang berkonsep tradisional.

4. Ronde

Tak kalah khas dan tentunya populer di Bandung adalah ronde. Minuman hangat ini berisikan bola-bola dari beras ketan yang dinamakan ronde. Biasanya ronde berukuran kecil tak ada isiannya, sementara yang besar ada isian kacang di dalamnya.

Kuahnya sendiri berupa kombinasi air jahe panas, air pandan dan gula aren. Jika tidak gula aren, maka bisa diganti gula pasir. Rasanya segar dan menghangatkan, dengan tekstur ronde yang empuk dan kenyal.

Itulah aneka minuman hangat tradisional khas yang bisa dicoba saat berada di Bandung. Sajikan dengan aneka camilan pendampingnya. Mau diminum sendiri atau ramai-ramai, aneka minuman hangat khas tersebut bisa memaksimalkan momenmu saat di Bandung.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi

Rekomendasi
Trending