Setelah Dihantam Gempa 7 SR, Lombok Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 6,2 SR

Kamis, 09 Agustus 2018 16:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Setelah Dihantam Gempa 7 SR, Lombok Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 6,2 SR
Gempa Lombok © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Belum selesai trauma dan ketakutan akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter, Lombok kembali diguncang gempa. Kabupaten Lombok Utara di Nusa Tenggara Barat dilaporkan diguncang gempa lagi sebesar 6.2 skala richter.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG yang diunggah di Twitter, gempa bumi tersebut berpusat di 8.36 lintang selatan, 116.22 bujur timur atau 6 kilometer barat laut Lombok Utara.

Pusat gempa sendiri berada di kedalaman 12 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami seperti gempa sebelumnya.

1. Gempa Tak Berpotensi Tsunami

"#Gempa Magnitude: 6.2, 09-Aug-2018 Pkl. 12:25:32 WIB, Lokasi: 8.36 LS 116.22 BT (6 km BaratLaut LOMBOKUTARA-NTB), Kedalaman: 12 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG dalam akun Twitter mereka.

Gempa sebelumnya yang melanda Lombok memang membuat banyak orang ketakutan. Banyak bangunan hancur karena gempa ini, bahkan puluhan orang dilaporkan meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh.

Hingga kini, proses evakuasi pun masih terus dilakukan. Mari kita duduk sejenak dan berdoa untuk keselamatan warga yang berada di Lombok, dan berharap supaya tak ada lagi gempa susulan yang melanda Lombok.

2. Anak Lahir Saat Gempa Lombok

Selalu ada harapan yang muncul di tengah berita duka. Lombok baru saja diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7 Skala Richter. Gempa tersebut membuat banyak bangunan rusak dan puluhan orang kehilangan nyawa.

Namun di balik duka tersebut, terselip sebuah kabar yang membahagiakan. Seorang bayi laki-laki yang lucu lahir di tengah-tengah riuhnya orang-orang yang mengungsi pasca gempa.

Bayi laki-laki tersebut lahir dari rahim seorang pengungsi yang bernama Sri Handayani. Bayi sehat tersebut dilahirkan saat Sri sedang berada di posko pengungsian di Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

3. Bayi Lucu Ini Diberi Nama...

Kabar gembira tersebut diperoleh dari akun Twitter Palang Merah Indonesia, @palangmerah. Karena lahir di saat bencana, sang ibu pun memutuskan untuk memberikan nama yang unik kepada bayi tersebut.

Ya, bayi laki-laki tersebut diberi nama Muhammad Gempa Rizki. Nama ini sekaligus sebagai pengingat bahwa sang bayi lahir di tengah-tengah bencana dahsyat yang melanda Lombok.

Sempat trauma karena gempa, sang ibu dan anak kini dalam kondisi sehat. Keduanya beserta para pengungsi lain masih ditangani oleh tim relawan bencana yang sigap membantu.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI